x

10 Selebrasi Paling Dikenang Dunia

Kamis, 26 Maret 2015 14:40 WIB
Editor: Anton Wishnu Wijiantoro

Banyak pemain yang melakukan selebrasi unik, seperti melakukan aksi akrobatik dan menari. Tapi, tak jarang pula pemain melakukan selebrasi yang berbau kontroversi. Berikut ini 10 selebrasi gol yang paling dikenang di dunia.


1. Fabian Espindola

Fabian Espindola melakukan selebrasi gol yang merugikan dirinya sendiri, saat timnya Real Salt Lake menghadapi Los Angels Galaxy pada 2008 lalu. Setelah mengoyak jala LA Galaxy, Espindola berlari ke kerumunan pendukung timnya lalu melakukan salto.

Namun, sayangnya, posisi kaki Espindola salah mendarat. Ia kemudian menyadari telah mengalami cedera pergelangan kaki. Cedera itu memaksa Espindola absen selama dua bulan. Tak sampai disitu saja, ternyata wasit menganulir gol Espindola karena dia sebelumnya berada dalam posisi offside.

 


2. Diego Maradona

Diego Maradona dikenal sebagai pemain sepak bola terbaik sepanjang masa. Namun, pemain legendaris Argentina itu juga mimiliki rekam jejak buruk setelah terbukti menggunakan obat-obatan terlarang.

Dalam pertandingan pertama penyisihan Grup D Piala Dunia 1994 melawan Yunani, Maradona mencetak gol pertama Albiceleste. Maradona langsung merayakannya dengan sangat antusias. Ia berlari ke arah kamera, berteriak dengan mata melotot.

Selebrasi itu memunculkan kecurigaan bahwa Maradona berada di bawah pengaruh obat-obatan. Kemudian, Maradona diwajibkan menjalani tes darah. Ternyata Maradona terbukti positif memakai narkoba. Ia dikirim pulang setelah pertandingan kedua melawan Nigeria.

 


3. Carlos Tevez

Carlos Tevez dikenal sebagai salah satu pemain yang kerap melakukan selebrasi unik. Tevez melakukan selebrasi gol yang unik sejak mengawali kariernya di Boca Juniors. Salah satu selebrasi unik Tevez di Boca Juniors adalah tarian ayam.

Tevez melakukan selebrasi ala ayam ketika Boca Juniors melawan rival meraka, River Plate. Usai mencetak gol, Tevez langsung melepas baju kemudian menari sambil mengepak-mengapkkan kedua lengannya yang ditekuk.

Wasit langsung menghadiahi Tevez dengan kartu merah. Pasalnya, River Plate telah diberi julukan “ayam” menyusul kekalahan mereka dari Penarol di ajang Copa Libertadores tahun 1966.

 


4. Temuri Ketsbaia

Pendukung Newcaste United tentu masih mengingat mantan gelandang mereka, Temuri Ketsbaia. Pemain asal Georgia itu diboyong dari AEK Athens pada musim panas 1997. Namun, Ketsbaia jarang mendapat kesempatan jadi starter.

Ketsbaia memperlihatkan kekesalannya karena jarang tampil sejak awal, setelah mencetak gol ke gawang Bolton Wanderers pada 1998. Dia langsung membuka baju dan melemparkannya ke arah penonton, kemudian berkali-kali menendang papan iklan.
 


5. Peter Crouch

Tinggi badan menjulang hingga 203 sentimer dan tubuh kurus membuat Peter Crouch sangat mencolok ketika berada di lapangan. Selebrasi pemain yang selalu mengenakan kostum berlengan panjang itu dikenal dengan menari ala robot.

Crouch memperlihatkan selebrasinya itu setelah mencetak gol ke gawang Jamaika, dalam pertandingan persahabatan di Old Trafford pada 2006 lalu.

 


6. Robie Fowler

Mantan penyerang Liverpool, Robie Fowler, dituduh sebagai penggila kokain. Fowler membantah tuduhan itu dengan melakukan selebrasi kontroversial usai mencetak gol penalti ke gawang Everton.

Fowler langsung belutut dan berpura-pura mengendus garis putih lapangan, tepat di depan kerumunan fans Everton. Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) langsung menghukum Fowler dengan denda sebesar 60 ribu poundsterling.

 


7. Tim Cahill

Selebrasi Cahill identik dengan berpura-pura beradu tinju melawan bendera tendangan sudut. Namun, top skorer sepanjang masa timnas Australia itu melakukan selebrasi kontroversial ke gawang Portsmouth pada 2008.

Cahill menyilangkan pergelangan tangan layaknya tengah diborgol, kemudian ia baru melakukan selebrasi ciri khasnya itu. Cahill mengklaim dirinya mendedikasikan gol tersebut kepada saudaranya yang tengah dipenjara.

 


8. Facundo Sava

Bekas pemain depan Fulham, Facundo Sava, memiliki tradisi aneh dalam merayakan gol. Pemain asal Argentina itu selalu mengenakan topeng Zorro usai membobol gawang lawan. Ia selalu memperlihatkan selebrasinya itu selama dua musim di Fulham dengan torehan tujuh gol.

Sava menyimpan topengnya itu di dalam kaus kakinya. Sava bisa dibilang sebagai pelopor pemain yang melakukan selebrasi dengan mengenakan topeng.


9. Brandi Chastain

Pesepakbola wanita Amerika Serikat, Brandi Chasain, menjadi pahlawan kemenangan timnya di laga Piala Dunia 1999. Chasain sukses mengeksekusi tendangan 12 pas dalam babak adu penalti melawan Cina.

Setelah sukses menjalankan tugasnya, Chasain langsung melepas baju. Sembari berlutut di titik putih, Chasain langsung dikerubungi rekan setimnya.

 


10. Marco Tardelli

Marco Tardelli melakukan selebrasi gol paling ikonik. Tardelli melakukan selebrasi paling dikenang usai mencetak gol kedua Italia, dalam pertandingan final Piala Dunia 1982 melawan Jerman Barat.

Setelah mencetak gol kedua Azzurri, Tardelli langsung berlari kegirangan. Sembari mengepalkan kedua tangannya, Tardelli meneriakkan kata "gol" berulang kali laiknya anak kecil. Selebrasi itu dikenal dengan sebutan Tardelli’s Cry.

 

Tim CahillDiego Maradona

Berita Terkini