x

Profil Tim Copa America 2015: Kolombia

Jumat, 12 Juni 2015 15:46 WIB
Editor: Anton Wishnu Wijiantoro

Kolombia sudah dua kali melaju ke partai puncak Copa America, pada tahun 1975 dan 2001. Pada 2001, Kolombia sukses merengku Copa America ketika mereka bertindak sebagai tuan rumah. Hebatnya lagi, Kolombia keluar sebagai pemenang dengan rekor tak pernah kebobolan.

Setelah 14 tahun lamanya, Kolombia berniat mengakhiri puasa gelar Copa America. Tergabung ke dalam Grup C bersama Brasil, Peru, dan Venezuela, peluang Kolombia untuk lolos ke babak selanjutnya cukup besar.

Selain itu, Kolombia tengah berada dalam momentum bagus. James Rodriguez cs sukses melaju ke babak perempat final di Piala Dunia 2014 usai dikalahkan Brasil. Setelah itu, Kolombia menyapu bersih tujuh pertandingan dengan kemenangan.


1. Profil

Kolombia saat ini mempunyai skuad generasi emas. Pelatih Jose Pekerman bisa leluasa menunjuk pemain bintang untuk masuk ke dalam skuadnya, dari sektor kiper sampai penyerang. Peckerman sendiri sudah ditunjuk sebagai pelatih sejak 2012.

Di bawah mistar, Pekerman bakal mengandalkan David Opsina yang jadi andalan Arsenal pada musim 2014/15. Di lini belakang, Kolombia memiliki bek yang merumput di Serie A Italia, Juan Zuniga dan Cristian Zapata.

Untuk lini depan, Kolombia punya deretan penyerang kelas dunia yang merumput di klub-klub besar Eropa. Siapa yang tak kenal Radamel Falcao, Carlos Bacca, dan Jackson Martinez? Ketiganya memiliki naluri mencetak gol yang tinggi.


2. Skuad

Kiper: David Ospina (Arsenal), Camilo Vargas (Atletico Nacional), Cristian Bonilla (La Equidad).
 

Bek: Pablo Armero (Flamengo), Juan Camilo Zuniga (Napoli), Cristian Zapata (AC Milan), Carlos Valdes (Nacional), Santiago Arias (PSV), Jeison Murillo (Granada), Pedro Franco (Besiktas), Darwin Andrade (Standard Liege).
 

Gelandang: Carlos Sanchez (Aston Villa), Juan Cuadrado (Chelsea), James Rodriguez (Real Madrid), Alexander Mejia (Monterrey), Edwin Valencia (Santos), Edwin Cardona (Monterrey).
 

Penyerang: Radamel Falcao (Manchester United), Teofilo Gutierez (River Plate), Jackson Martinez (Porto), Carlos Bacca (Sevilla), Victor Ibarbo (AS Roma), Luis Muriel (Sampdoria).


3. Pemain Kunci

Radamel Falcao
Falcao tampil mengecewakan bersama Manchester United di musim 2014/15. Penyerang 29 tahun itu hanya mencetak empat gol dalam 26 penampilan di Liga Primer Inggris.

Akan tetapi, performa Falcao bersama timnas justru berbading terbalik dengan aksinya bersama klub. Peckerman tetap memberi kepercayaan penuh kepada Falcao dengan menunjuknya sebagai kapten tim.

Falcao sukses membukukan empat gol dalam tiga penampilan terakhirnya bersama Los Cafeteros. Pemain 29 tahun itu saat ini memegang status sebagai top skor sepanjang masa Kolombia.


4. Pertandingan terakhir

Kolombia selalu menang dalam tujuh pertandingan terakhir mereka. Hasil tersebut jadi modal yang sangat berharga bagi Kolombia untuk berlaga di Copa America.

Berikut hasil lima pertandingan terakhir Kolombia:
07/06/15 Kolombia 1-0 Kosta Rika (Persahabatan)
30/03/15 Kolombia 3-1 Kwuait 
(Persahabatan)
27/03/15 Bahrain 0-6 Kolombia (Persahabatan)
19/11/14 Slovenia 0-1 Kolombia (Persahabatan)
19/11/14 Slovenia 0-1 Kolombia (Persahabatan)

KolombiaJose PekermanRadamel FalcaoCopa America 2015

Berita Terkini