x

8 Pesepakbola yang Mengaku Gay

Sabtu, 19 September 2015 18:36 WIB
Penulis: Ahmad Priobudiyono | Editor: Irfan Fikri

Pesepakbola yang gay kerap mendapat pelecehan bahkan diputus kontraknya oleh klub mereka. Oleh sebab itu banyak pesepakbola gay yang tidak mau mengakui dirinya gay.

Hak lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) bergantung pada hukum di tiap negara. Hukum mengenai LGBT meliputi,  pengakuan pemerintah terhadap hubungan sesama jenis, adopsi anak oleh pasangan LGBT, karier militer, imigrasi, hukum anti diskriminasi, termasuk kalangan pesepakbola.

Ketenaran pesepakbola yang kerap gonta ganti pasangan wanita, berbanding terbalik dengan para pesepakbola ini yang terang-terangan mengaku memilih mencintai sesama jenis, dan ini 8 pesepakbola yang tercatat sebagai gay.


1. Justin Fashanu

Justin Fashanu

Justin Fashanu, menjadi pesepakbola dalam sejarah sepakbola pertama yang berani menyatakan orientasi seksualnya sebagai seorang gay pada tahun 1994.

Namun, setelah karena kerap mengalami pelecehan dan ketidaksiapan mentalnya menerima fakta karirnya harus anjlok pasca pengakuannya akhirnya ia ditemukan tewas bunuh diri 8 tahun kemudian pada usianya ke-37.


2. Thomas Hitzlsperger

Thomas Hitzlsperger

Pesepakbola gay lainnya adalah Thomas Hitzlsperger. Pemain berdarah Jerman yang menghabiskan karirnya sebagai salah satu pemain bola profesional di klub Inggris ini sebenarnya merupakan pemain yang punya bakat luar biasa.

Memang popularitasnya tidak seperti para pemain Jerman lainnya. Namun pengakuan mengejutkannya sebelum memutuskan untuk gantung sepatu sebagai seorang gay membuatnya terkenal.

"Ini merupakan proses yang panjang dan sulit," kata pemain berdarah Jerman yang pernah merumput bersama 3 klub Inggris West Ham, Everton dan Aston Villa.

“Hanya dalam beberapa tahun terakhir telah saya menyadari bahwa saya lebih suka hidup bersama dengan seorang pria. " lanjut pemain yang berposisi sebagai gelandang ini.


3. Marcus Urban

Marcus Urban

Pemain Jerman Timur ini merupakan salah satu talenta sepakbola yang paling bersinar di era 80-90an. Pelatihnya sempat memprediksi dirinya dapat dengan mudah memenangkan Piala Dunia.

Namun keputusannya untuk mempublikasikan dirinya sebagai gay ke hadapan publik menuai kritik tajam dan membuat popularitasnya menurun drastis. Hal ini yang mendorong dirinya untuk segera gantung sepatu.


4. Jonathan De Falco

Jonathan De Falco

Pesepakbola Belgia ini hanya memiliki umur pendek dalam karier sepakbolanya. Pengakuannya sebagai gay memaksanya bermain pada level pertandingan liga kelas rendah yang tidak bisa membuatnya bersinar.

Sebagai alternatif penghasilannya dirinya bekerja sebagai penari go-go sebelum akhirnya menjadi bintang porno gay. Kehidupan gandanya ini yang mengantarkannya keluar dari dunia sepak bola pada tahun 2011. Dirinya menyatakan "keluar dari sepakbola merupakan loncatan besar dalam hidupnya." sebagaimana dikutip dari gaystarnews.


5. Thomas Berling

Thomas Berling

Bek asal Norwegia ini sempat dikabarkan menghilang tanpa alasan yang jelas pada tahun 2000 setelah lama bermain dalam liga tertinggi di negaranya.  Setelah itu muncul kembali dengan pengakuan bahwa dirinya adalah seorang homoseksual dan mengundurkan diri dari sepakbola setelah dibombardir kritikan yang meluas dari para homopobia.


6. Anton Hysen

Anton Hysen

Pemain bola kelahiran Inggris yang kini berkarir di liga Swedia ini adalah putra bungsu pemain Liverpool Glenn Hysen. Sejatinya pesepakbola ini memiliki wajah yang tampan, bahkan ketampanannya bisa disetarakan dengan artis.

Namun siapa disangka pemain yang saat ini bermain untuk Myrtle Beach FC, kompetisi level empat di Amerika Serikat ini memutuskan harapan para wanita cantik dengan pernyataannya sebagai seorang gay.

Meskipun demikian, dirinya tidak mau berhenti dan terus bermain. "Orang-orang selalu mengatakan apapun yang mereka katakan dan orang-orang itu tidak peduli siapa Anda dan apa yang anda lakukan, persetan," ungkapnya.


7. David Testo

David Testo

Berbeda dengan Anton Hysen, hidup tidak begitu manis bagi seorang David Testo. Pengakuan sebagai gay dari pesepakbola Amerika pada tahun 2011 ini telah membunuh kariernya.

Kontrak bermainnya bersama Montreal Impact diputus, dan dirinya tidak berhasil mendapatkan tawaran kontrak lainnya.

"Ketika keluar, saya tidak tahu apakah saya akan terus bermain atau tidak bisa melanjutkannya dengan kondisi ini. Tetapi semua orang perlu tahu tentang hal ini," ujar Testo yang kini melanjutkan hidupnya sebagai instruktur yoga.


8. Robbie Rogers

Robbie Rogers

Pemain dari klub Liga Inggris Leeds United itu menyatakan dirinya sebagai seorang gay. Setelah itu ia hengkang dari Leeds dan bergabung bersama Los Angles Galaxy di Amerika Serikat.

Dirinya menjadi pemain gay pertama di Major League Soccer (MLS) Liga Amerika Serikat. Namun akhirnya kariernya pun menurun dan kini bermain untuk LA Galaxy B.

Sepakbola WariaThomas HitzlspergerMarcus UbanJonathan De FalcoThomas BerlingAnton HysenDavid TestoRobbie RogersBola Internasionalidsbackup

Berita Terkini