x

5 Pesepakbola yang Bela Negara Kecil

Selasa, 22 September 2015 15:50 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Menjadi seorang pesepakbola tujuannya pasti tak hanya sekedar raih prestasi di level klub namun juga wajib berprestasi di level tim nasional. Namun tak jarang sejumlah pemain terlahir di negara yang tak memiliki tradisi sepakbola yang baik. 

Akibatnya sejumlah pemain besar mau tak mau hanya mampu berkarir di level klub. Namun bukan berarti para pesepakbola ini tidak mampu tunjukan skill mumpuninya bermain sepakbola.

Berikut 5 pesepakbola yang membela negara kecil seperti dilansir footyjokes.net: 


1. Keylor Navas (Kosta Rika)

Kiper Real Madrid, Keylor Navas mulai tunjukan kemampuannya menjadi penjaga gawang mumpuni saat ia membela negara kecil, Kosta Rika di Piala Dunia Brasil 2014. Secara kualitas tidak ada yang meragukan kemampuan Navas namun namanya baru mulai dilirik usai Piala Dunia 2014. Ia pun bergabung dengan raksasa La Liga, Real Madrid. 


2. Nemanja Matic (Serbia)

Gelandang Chelsea, Nemanja Matic ialah gelandang jangkar untuk permainan Chelsea. Ia menjadi nyawa untuk skema serangan dan bertahan tim asal London tersebut. Sayangnya miliki skill mumpuni sebagai gelandang jangkar, Matic merupakan warga negara Serbia, sebuah negara kecil di kawasan Balkan yang rawan konflik. Hal ini berpengaruh pada permainan Matic di level timnas. 


3. Arda Turan (Turki)

Pemain anyar Barcelona yang belum bisa dimainkan Luis Enrique, Arda Turan sudah tidak diragukan lagi sebagai sosok gelandang serang di era sepakbola modern saat ini. Namun jika melihat usianya, nama Arda Turan baru mulai dikenal beberapa tahun ke belakang saat ia mampu membawa tim sekelas Atletico Madrid jadi klub besar diantara dua raksasa La Liga. 

Wajar jika Turan memang jarang dikenal, ia merupakan pesepakbola yang terlahir di negara yang bisa disebut sebagai negara menengah dalam hal sepakbola, Turki. 


4. Henriky Mkhitaryan (Armenia)

Gelandang serang bernomor punggung 10 yang saat ini membela Borussia Dortmund, Henrikh Mkhitaryan disebut-sebut sebagai gelandang serang potensial di Bundesliga. Ia menjadi pemain yang memiliki peran penting untuk permainan Dortmund. Namun sayang, Mkhitaryan terlahir di negara pecahan Uni Soviet yang tak miliki tradisi sepakbola, Armenia. 


5. Gareth Bale (Wales)

Gareth Bale mengikuti jejak legenda hidup Manchester United, Ryan Giggs, bertalenta miliki skill mumpuni sebagai pemain besar namun sayang bermain untuk negara kecil yang tak miliki tradisi sepakbola kuat, Wales. Akibatnya sama dengan Giggs kala masih bermain, Bale tak miliki rekam jejak baik bersama tim nasional Wales. 

Kosta RikaChelseaKeylor NavasSerbiaNemanja Matic

Berita Terkini