x

7 Pemain yang Sudah Layak Gantung Sepatu Tahun Ini

Rabu, 7 Oktober 2015 23:08 WIB
Editor: Ramadhan

Dalam sepakbola, karir setiap pemain berbeda-beda. Ada sebagian karir pemain yang dihambat oleh cedera. Ada juga karir seorang pemain tak berkembang karena bergabung dengan klub yang salah.

Namun, ada sebagian besar pemain justru menikmati karirnya hingga usia tua dan seharusnya sudah menepi dari dunia sepakbola karena tak lagi produktif.

Di usia yang sudah mulai menua, pemain yang tak lagi produktif sudah sepantasnya mundur teratur dari dunia sepakbola profesional. Hal itu tentu agar bisa memberikan kesempatan untuk generasi muda berkembang.

Berikut INDOSPORT merangkum 7 pemain yang sudah sangat layak gantung sepatu saat ini juga.


1. Mark Schwarzer (43 Tahun - Leicester City)

Mark Schwarzer kini sudah berusia 43 tahun. Setelah 25 tahun bergelut dengan sepakbola profesional, kiper berdarah Australia ini hingga kini masih bermain di kasta tertinggi sepakbola Inggris (Liga Primer Inggris) bersama Leicester City.

Rasanya karir Schwarzer sudah layak disudahi saat ini mengingat ia sudah sangat kenyang pengalaman bersama sejumlah klub seperti Middlesbrough, Fulham, Chelsea, Bradford dan Dynamo Dresden.


2. Ronaldinho (35 Tahun - Free Agent)

Ronaldinho baru saja melewati hari sulit dalam karir sepakbolanya. Dikenal sebagai pesepakbola bertalenta, mantan pemain Barcelona ini justru dilepaskan klubnya saat ini, Fluminense atas persetujuan bersama bulan lalu.

Pemain berussia 35 tahun ini bergabung ke Fluminense pada bulan Juli dengan kontrak berdurasi 1,5 tahun. Setelah melewati peak performance bersam AC Milan dan Barcelona di Eropa, Ronaldinho kini benar-benar sulit menemukan tempat reguler untuk bermain di klub.

Hal itu terbukti kala bintang asal Brasil ini berpetualang di sejumlah klub seperti Queretaro selama 1 musim dan Atletico Mineiro. Mungkin sudah saatnya Ronaldinho memutuskan untuk pension saat ini.


3. Joe Cole (33 Tahun - Aston Villa)

Joe Cole beberapa kali berpindah klub sepanjang karir sepakbolanya. Pemain berusia 33 tahun ini sudah pernah bermain untuk West Ham United dan bermain lebih dari 120 pertandingan Liga Primer Inggris selama 5 tahun.

Setelah itu Cole juga bermain untuk Chelsea dari 2003 hingga 2010. Petualangannya berlanjut ke Liverpool, Lille, kembali ke West Ham dan kini berlabuh di Aston Villa.

Cole kabarnya cukup putus asa menjalani masa-masa bermain di Aston Villa. Cole mulai frustasi dengan kiprahnya. Cole sepertinya sudah layak gantung sepatu saat ini demi melanjutkan kiprah ke dunia kepelatihan.


4. Claudio Pizarro (37 Tahun - Werder Bremen)

Claudio Pizzaro juga merupakan pemain yang sudah kenyang pengalaman bersama sejumlah klub. Pernah bermain untuk Werder Bremen (1999-2001), Chelsea (2007-2009) dan Bayern Muenchen (2001-2007, 2012-2015), Pizzaro kini justru kembali lagi ke Bremen setelah hengkang dari Muenchen.

Pemain berusia 37 tahun ini sukses mencetak 100 gol dalam 256 pertandingan bersama Muenchen. Masa bakti keduanya bersama Muenchen, Pizzaro berhasil meraih 3 gelar Bundesliga, 2 DFB Pokal, Liga Champions, FIFA Club World Cup dan Piala Super.

Namun, setelah meninggalkan Muenchen pada musim panas lalu untuk bergabung bersama Bremen, Pizzaro belum mencetak gol di pentas liga sejak 2013/14.


5. Xavi Hernandez (35 Tahun - Al Sadd)

Banyak yang memprediksi Xavi Hernandez akan mengakhiri karirnya di Barcelona akhir musim 2013/14 kemarin. Namun, Xavi justru memilih untuk melanjutkan karir sepakbolanya di Qatar dan bergabung dengan Al Sadd.

Banyak pihak juga yang tak menyangka Xavi akan tetap bermain sepakbola di usia yang sudah memasuki 35 tahun. Xavi sudah layak pensiun saat ini, apalagi Xavi diprediksi akan melanjutkan karir di Barcelona sebagai pelatih.


6. Florent Malouda (35 Tahun - Dinamo Delhi)

Mantan pemain Chelsea, Florent Malouda hingga kini masih bermain sepakbola di liga profesional. Di usia yang sudah memasuki 35 tahun, Malouda bermain untuk di Dinamo Delhi Liga Super India, setelah bergabung pada bulan Agustus.

Mantan pemain timnas Prancis ini juga telah mencicipi karir yang gemilang bersama Chelsea dan Lyon. Namun, kilaunya kini perlahan meredup saat bermain untuk Trabzonspor dan Metz dalam waktu satu tahun.


7. Nicolas Anelka (36 Tahun - Mumbai City FC)

Nicolas Anelka salah satu pemain yang sudah malang melintang bersama klub besar Eropa seperti Paris Saint-Germain, Arsenal, Real Madrid, Liverpool, Manchester City, Fenerbahce, Bolton Wanderes, Chelsea, Juventus dan West Bromwich.

Dan kini, entah bagaimana ceritanya, Anelka justru bergabung dengan Mumbai City. Anelka bergabung pada 2014 lalu.

Aston VillaXavi HernandezRonaldinhoWerder BremenLeicester CityNicolas AnelkaMark SchwarzerClaudio PizarroAl SaddJoe ColeFlorent MaloudaDinamo DelhiMumbai City

Berita Terkini