x

10 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak

Senin, 9 November 2015 08:36 WIB
Editor: Randy Prasatya

Kiper merupakan orang terakhir yang berperan penting dalam menjaga kesucian gawang tim. Kiper pun bisa menjadi penentu untuk sebuah tim dapat meraih kemenangan. Bahkan tugas kiper bisa dikatakan menjadi bertambah berat saat barisan pertahanan tim tidak mampu menampilkan permainan yang solid.

Menurut kiper kawakan Juventus dan timnas Italia, menjadi kiper adalah sebuah hal yang menderit. Mengemban tugas sebagai kiper pun pada akhirnya akan menjadi sebuah penderitaan, sebab menurutnya akan ada saat di mana peran itu menjadi kambing hitam saat gawang kebobolan oleh serangan lawan.

Dengan realita itu, seorang kiper pun harus mampu memutar balikan keadaan agar dapat menghindar dari penderitaan. Satu-satunya cara pun hanya dengan membuat save (penyelamatan) sebanyak-banyaknya di tengah kekacauan barisan pertahanan.

Berikut ini INDOSPORT akan memuat 10 kiper dengan penyelamatan terbanyak sepanjang musim ini di liga mereka masing-masing.


1. Stefano Sorrentino (Palermo)

Sorrentino merupakan kiper gaek yang masih memilik respon dan penempatan posisi yang baik di bawah mistar gawang. Selama tampil 11 kali untuk Palermo di musim ini, dia berhasil mengemas 46 saves di Serie A.


2. Marco Sportiello (Atalanta)

Sportiello menjadi kiper termuda muda Italia musim ini yang paling banyak membuat penyelamatan. Dengan usia yang masih 23 tahun, dia pun diperkirakan akan terus berkembang menjadi lebih baik.


3. Emiliano Viviano (Sampdoria)

Viviano sempat digadang-gadang sebagai kiper masa depan Italia, namun tidak stabilnya permainan pria 29 tahun ini membuat namanya tidak kembali mentereng.

Penyelamatan yang telah dia kemas pun hanya mengantarkan Sampdoria di posisi 10 klasemen.


4. Costel Pantilimon (Sunderland)

Kiper asal Rumania ini telah mengemas 48 saves di Liga Primer Inggris sepanjang musim ini. Namun, catatan Pantilimon ini tidak dapat menyelamatkan Sunderland dari posisi 19 di klasemen liga.


5. Antonio Adan (Real Betis)

Kiper 28 tahun ini telah mengemas 49 saves dari 11 penampilannya di La Liga Spanyol bersama Real Betis. Hasil penyelamatan itu hanya mampu membawa Betis bercokol di posisi 11 dengan kemasukan gol 16 kali.


6. Loris Karius (Mainz 05)

Karius menjadi kiper keempat asal Jerman yang memilik penyelamatan terbanyak. Dengan 50 saves, kiper 22 tahun ini mengantarkan Mainz bercokol di posisi 9 pada klasemen Bundesliga.


7. Jack Butland (Stoke City)

Kiper asal Inggris ini telah mengemas 50 penyelamatan sepanjang 12 penampilnnya di Liga Primer Inggris. Butland pun untuk saat ini hanya mampu membawa Stoke City bercokol di posisi 12. Klasemen dengan mengemas 16 poin.


8. Ron-Robert Zieler (Hannover 96)

Zieler cukup tampil baik dengan mengemas51 penyelamatan untuk timnya. Namun, penampilan gemilangnya itu hanya menempatan Hannover di posisi 15 pada klasemen Bundesliga.

Upaya penyelamatan yang telah dilakukan  Zieler pun seperti terlihat sia-sia.


9. Oliver Baumann (Hoffenheim)

Hoffenheim harus menerima kenyataan pahit setelah bertengger di posisi 17 klasemen dengan mengoleksi delapan poin.

Jika melihat jumlah 57 saves yang dicatat Baumann, tentu saja ada yang salah dengan barisan pertahanan tim mereka dalam meredam serangan lawan.


10. Timo Horn (FC Cologne)

Kiper 22 tahun ini memang belum mampu membawa timnya bercokol ke papan atas klasemen Bundesliga. Akan tetapi, grafik Cologne di liga semakin menunjukan peningkatan dengan bertengger di posisi 7.

Hal ini pun tak lepas dari peran Horn dalam meminimalisir kemasukan gol ke gawang Cologne dengan membuat 60 saves.

SunderlandPalermoSampdoriaFC KolnOliver BaumannMarco SportielloJack ButlandAntonio AdanTimo Horn

Berita Terkini