x

10 Pemain Terbaik Nomor Punggung 10

Kamis, 19 November 2015 11:08 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha

Ilmuwan Jerman, Annemarie Schimmel, dalam bukunya The Mystery of Numbers mengungkapkan terdapat beragam simbol dan makna yang tersembunyi dalam setiap angka. Meski tiap agama dan budaya yang berada di wilayah berbeda memiliki simbol angka yang beragam, tapi ada kesamaan penafsiran terhadap angka-angka tersebut.

Angka 10, menurut Schimmel, banyak dianggap sebagai angka yang melambangkan kesempurnaan, pencerahan, keselamatan dan kesucian. Bapak bilangan asal Yunani, Phytagoras, dan para pengikutnya menganggap 10 sebagai angka paling sempurna karena merupakan jumlah dari empat angka bulat pertama (1+2+3+4).

Hindu, Budha, serta agama-agama samawi, Katolik, Protestan, dan Islam juga menempatkan angka 10 sebagai simbol spesial. Dalam Qur'an, kata 'sepuluh' disebut dalam 10 ayat. Nabi Syu'aib menyebut 10 sebagai sebuah kesempurnaan.

Dalam sepakbola, nomor punggung 10 juga telah melahirkan banyak pemain hebat. Berikut INDOSPORT sajikan 10 pemain hebat bernomor punggung 10. 


1. Enzo Francescoli

Meski tidak sepanjang karier, pemain asal Uruguay ini lebih banyak menggunakan nomor punggung 10 di lapangan hijau. Pemain berjuluk El Principe atau Le Prince ini adalah idola pemain legendaris Prancis, Zinedine Zidane. Pada pemain Olympique Marseille dan River Plate inilah Zidane menamai nama anaknya, Enzo.


2. Michael Laudrup

Michael Laudrup merupakan pemain paling bersinar dalam sejarah sepakbola Denmark. Dia juga menjadi salah satu pemain terbaik Eropa di masanya. Mantan pemain Juventus dan Ajax Amsterdam ini merupakan pemain teknis yang kuat dan dapat mengatur serangan rekan-rekan se timnya. 

Meski bermain di dua tim yang memiliki sejarah persaingan yang panas, Laudrup bermain baik di Barcelona dan Real Madrid. 


3. Lionel Messi

Meski sempat mengenakan no punggung 19 di awal kedatangannya di Barcelona, Lionel Messi kini telah dikenal sebagai pengguna no 10 dan menjadi salah satu pemain terbaik dunia. 

Messi tampil percaya diri dengan nomor punggung 10 meski tubuh fisiknya cenderung kecil. Kemampuan dribble bola, kecepatan, dan ketajaman Messi dalam membobol gawang lawan telah membungkam kekurangannya tersebut.


4. Zico

Pemain legendaris Brasil ini telah menjadi bintang terbaik klub Flamengo. Pele, menyebut Zico sebagai satu-satunya pemain yang mampu mendekati kualitas permainannya. Zico juga dijuluki sebagai 'Pele kulit putih' karena aksi ciamiknya di lapangan hijau. 


5. Gheorghe Hagi

Hagi dikenal sebagi gelandang serang terbaik Eropa pada periode 1980-1990-an. Dia juga dianggap sebagai pemain sepakbola terbaik sepanjang sejarah Rumania. Ia juga dianggap sebagai pahlawan bagi Galatasaray. 

Hagi yang pernah membela Real Madrid dan Barcelona ini dikenal sebagai pemain bernomor punggung 10 yang kreatif. Dia sangat terampil dalam melakukan dribble, umpan, dan penyelesaian yang baik. 


6. Michel Platini

Platini yang saat ini dikaitkan dengan skandal FIFA, merupakan pemain nomor punggung 10 yang hebat di masanya. Pemain legendaris Juventus dan timnas Prancis ini dikenal sebagai spesialis tendangan bebas dan penalti terbaik dunia. 


7. Roberto Baggio

Pemain Italia berjuluk The Divine Ponytail ini sangat identik dengan angka 10. Ketika ia menjalin kontrak dengan Inter, Ronaldo rela menyerahkan no punggung 10 yang dia gunakan untuk dipakai di jersey Baggio. 

Roberto Baggio dianggap sebagai pemain terbaik sepanjang masa dan dimasukkan dalam daftar 100 pesepakbola top yang masih hidup versi FIFA.


8. Pele

Pele merupakan pengguna no punggung 10 terkenal dalam sejarah sepakbola. Dia dianggap sebagai pemain terbaik sepanjang massa dan dianugerahi penghargaan Pemain Terbaik Abad ini versi International Federation of Football History & Statistics (IFFHS) dan France Football.

Pada 2013, Pele menerima penghargaan FIFA Ballon d'Or Prix d'Honneur atas karier dan pencapaiannya di dunia sepakbola. Namanya juga tercatat dalam buku rekor Guinness World Records sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepakbola. 


9. Ferenc Puskas

Pemain asal Hungaria ini dianggap sebagai pemain ikonik pertama pengguna no punggung 10. Puskas adalah mesin gol bagi timnya. Ia mencetak 84 gol dalam 85 laga internasionalnya bersama Hungaria. Di level domesti, ia mencetak 514 gol dalam 529 laga.

Bersama Alfredo Di Stefano, Puskas menjadi sepasang striker Real Madrid paling ditakuti di Eropa pada 1950-an. 


10. Diego Maradona

Meski saat ini menderita obesitas dan harus menjalani pemotongan usus, Diego Maradona tetap dikenang sebagai pemain dan pemilik nomor punggung 10 terbaik dunia.

Sikapnya yang posesif dengan no 10 ditunjukkan saat ia tampil dalam pertandingan testimoni untuk pemain legendaris Tottenham Hotspurs dan Argentina, Osvaldo Ardilles. Dalam pertandingan Tottenham kontra Inter Milan itu, gelandang Spurs, Glenn Hoddle merelakan no punggung 10 yang dipakainya dikenakan Maradona agar ia bisa tampil dalam acara itu. 

PeleLionel MessiRoberto BaggioDiego MaradonaMichel PlatiniMichael LaudrupZicoFerenc PuskasGheorghe HagiEnzo Francescoli

Berita Terkini