x

Deretan Pencetak Gol Terbanyak di Laga El Clasico

Sabtu, 21 November 2015 11:58 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha

El Clasico menjadi puncak persaingan Real Madrid dan Barcelona. Dalam persaingan langsung yang mempertemukan kedua tim ini, baik Real Madrid maupun Barcelona sama-sama berhasrat untuk meraih kemenangan dengan menjebol dan menghancurkan gawang lawan. 

Keberhasilan menembus pertahanan lawan dan mencetak gol menjadi tolak ukur spesial kekuatan masing-masing tim. Pemain yang berhasil melakukannya pun mendapat tempat spesial. 

Karenanya menjadi pencetak banyak gol di laga ini menjadi sebuah pencapaian khusus yang membuat nama mereka terukir indah dalam sejarah. Berikut INDOSPORT sajikan sejumlah nama pemain kedua tim yang mencetak banyak gol dalam sejarah El Clasico. 


1. Eulogio Martinez

Nama Eulogio Martínez dikenal luas para pecinta bola periode 1960-an. Ia dikenang sebagai striker produktif yang memiliki kemampuan finishing yang sangat baik. Sepanjang kariernya bersama Barcelona, ia berhasil mencetak 62 gol dari 111 penampilan. Di gawang Madrid, Martinez telah menorehkan 8 gol.

Selain Eulogio Martinez, para pemain berikut juga mencatat jumlah gol yang sama di laga El Clasico. 

Ivan Zamorano

Pemain asal Chili ini bermain dalam 173 pertandingan untuk Real Madrid dengan menyumbang 101 gol. Dalam pertemuan dengan Barcelona, Ivan Zamorano berhasil menorehkan 8 gol selama masa baktinya pada Los Blancos.

Luis Suarez

Luis Suarez ini bukanlah mantan pemain Liverpool yang dikenal sebagai tukang gigit. Luis Suarez Miramontes merupakan gelandang asal Spanyol yang tampil bersama Blaugrana pada periode 1955-1961. Sepanjang 122 penampilan bersama Barca, ia menyumbang 61 gol.

Santiago Bernabeu

Mantan presiden Real Madrid yang namanya diabadikan sebagai stadion El Real ini juga merupakan pendobrak handal saat masih bermain sebagai striker. Sepanjang kariernya yang dihabiskan bersama Los Blancos, ia mencetak 340 gol dalam 689 pertandingan. 8 gol diantaranya diukir Bernabeu di gawang Barca. 

Jaime Lazcano

Jaime Lazcano adalah gelandang Real Madrid yang bermain selama musim 1928 hingga 1935. Dalam 81 penampilannya bersama El Real, ia telah menyumbang 37 gol, yang 8 diantaranya ia masukkan ke gawang Barcelona.


2. Estanislau Basora

Pemain asal Spanyol ini menghabiskan waktu 13 tahun di Barcelona dari 15 tahun keseluruhan karier sepakbolanya. Selama itu, Basora telah tampil dalam 237 pertandingan dengan menorehkan 89 gol dan mempersembahkan 14 gelar.

Sepanjang pertemuan Barcelona dengan Madrid selama ia bermain di Barca, Basora tercatat 9 kali membobol gawang El Real. 


3. Josep Samitier

Pemain yang juga dikenal dengan nama Jose Samitier ini menghabiskan waktu 13 tahun bermain bersama Blaugrana. Selama itu, pemain asal Spanyol ini telah tampil dalam 454 laga dengan mencetak 333 gol. 

Gelandang yang bermain sejak 1919 hingga 1932 ini mencetak 10 gol dalam laga El Clasico. Namun saat perang saudara Spanyol terjadi, ia sempat diasingkan ke Prancis.

Selain Samitier, terdapat 2 pemain lain yang juga mencetak 10 gol: 

Juanito 

Pemain bernama lengkap Juan Gomez Gonzalez ini merupakan salah satu pemain legendaris Real Madrid. Ia tampil dalam 284 pertandingan Los Blancos dan menyumbang 85 gol. Juanito meninggal akibat kecelakaan lalu lintas pada usia 37 tahun. 

Hugo Sanchez

Hugo Sanchez dianggap sebagai pemain terbaik dalam sejarah sepakbola Meksiko. Namanya mulai dikenal sejak membela Atletico Madrid pada 1981 hingga 1985. Bersama Atleti, ia tampil dalam 111 pertandingan dan menorehkan 54 gol. 

Dari 1985 hingga 1993, ia membela Real Madrid dan menjadi salah satu pemain legendaris dengan menyumbang 164 gol dari 207 penampilannya. 


4. Santillana

Pemain bernama lengkap Carlos Alonso Gonzalez ini dikenal karena penampilan impresifnya bersama Real Madrid. Ia tampil dalam 461 pertandingan dan mencetak 186 gol, serta turut serta mempersembahkan 17 gelar La Liga. 

Dalam laga El Clasico, Santilana menorehkan 12 gol di gawang Barcelona. 


5. Ferenc Puskas

Puskas merupakan striker menakutkan pada periode 1960-an. Striker Real Madrid ini menyumbang 156 gol dalam 180 penampilannya bersama Los Blancos. Pemain terbaik Hungaria sepanjang masa ini juga tercatat mencetak 14 gol di laga El Clasico. 

Selain Puskas, Cesar Rodriguez Alvarez dan Franciso Gento juga menorehkan 14 gol. Cesar menyumbang 190 gol dalam 287 penampilan bersama Barcelona. Sementara Gento menyumbang 130 gol dalam 438 penampilannya selama 18 tahun mengabdi di Real Madrid. 


6. Cristiano Ronaldo

Skill Ronaldo di lapangan hijau tak perli diragukan lagi. Ia merupakan salah satu pemain terbaik dunia yang ada saat ini. Ronaldo belum lama ini memecahkan rekor Raul Gonzalez sebagai pencetak gol terbanyak Madrid sepanjang masa. 

Ronaldo mengoleksi 324 gol dalam 310 pertandingan Madrid. 15 gol diantaranya ia masukkan ke gawang Barcelona dalam laga bertajuk El Clasico.

Pemain lain yang juga mencatat 15 gol di laga El Clasico adalah Raul Gonzalez. Keberhasilan Ronaldo membuatnya harus duduk di posisi kedua sebagai pemegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa Real Madrid. Raul mencetak 323 gol dalam 741 pertandingan Los Blancos. 


7. Alfredo Di Stefano

 Pemain asal Argentina ini menjadi sempat menjadi mimpi buruk lini pertahanan Barcelona pada masanya. Ia telah mencetak 18 gol ke gawang Barcelona kala masih membela Los Blancos. 

Selama berseragam Los Blancos pada 1953-1964, Di Stefano telah menorehkan 216 gol dalam 282 penampilan.


8. Lionel Messi

Sebagai salah satu pemain terbaik dunia saat ini, Messi telah menjadi jaminan kemenangan Barca. Messi saat ini telah mencetak 418 gol untuk Barca dan 49 gol untuk Argentina atau total 467 gol. 

Di Barcelona, Messi telah menjadi pemain paling subur mencetak gol. Messi juga menjadi pencetak gol terbanyak di laga El Clasico dengan 21 gol. Kehadirannya akan merepotkan lini pertahanan El Real. Hanya saja, Messi saat ini masih diragukan tampil saat Barca berhadapan dengan Madrid akibat cedera yang didapat saat Barca mengalahkan Las Palmas akhir September lalu. 

Real MadridBarcelonaLionel MessiAlfredo Di StefanoEl ClasicoFerenc PuskasSantillanaJosep SamitierEstanislau BasoraEulogio Martinez

Berita Terkini