x

12 Julukan Unik Bintang Sepakbola Dunia

Minggu, 29 November 2015 12:40 WIB
Editor: Ramadhan

Di Brasil, orang-orang terbiasa memberi nama anaknya dengan nama yang panjang dan sulit untuk dijadikan nama panggilan. Maka dari itu, sebagian besar pesepakbola Brasil dikenal memiliki nama dengan julukan khusus yang singkat.

Julukan memiliki tempat yang unik di sepakbola. Nama legenda Brasil, Edson Arantes do Nascimento dikenal dengan sebutan Pele. Ada juga Kaka yang memiliki nama panjang Ricardo Izecson dos Santos Leite.

Namun, ada pemain yang memiliki julukan dari rekan satu tim mereka, atau tradisi keluarga atau berdasarkan gaya mereka bermain yang populer di masyarakat sepakbola. Berikut INDOSPORT merangkum julukan-julukan unik bintang sepakbola dunia.


1. Sergio Aguero - Kun

Sergio ‘Kun’ Aguero merupakan salah satu striker paling ampuh di Liga Primer Inggris. Aguero memiliki latar belakang yang sederhana untuk julukannya. Julukan ‘Kun’ merupakan produk ciptaan sendiri.

Setelah menjadi penggemar dari kartun jepang, Kum Kum, Sergio Aguero memutuskan untuk meletakkan julukan untuk dirinya yang juga mendapatkan dukungan dari kakek-neneknya.

Kakek-neneknya bahkan berpikir Aguero menyerupai karakter dari Kum Kum. Aguero akhirnya menyadari bahwa ‘Kun’ itu benar-benar terdengar keren. Bintang timnas Argentina ini juga membuat tato namanya Kun Aguero dengan gaya tulisan Elfic.


2. Fernando Torres - El Nino

Torres masuk ke tim utama Atletico Madrid pada usia 16 tahun. Dan tanpa banyak kejutan, Torres dipanggil El Nino, yang pada dasarnya berarti ‘bocah laki-laki’. El Nino juga berarti nama sebuah badai yang sering terjadi di lautan pasifik.

Jika Aguero menyukai julukannya, hal itu tak terjadi pada Torres. Pemain asal Spanyol ini pernah menyatakan bahwa ia membenci julukan namanya itu. Torres berpikir bahwa pemain harus berusaha untuk mengingat namanya sendiri dari pada harus beralih ke julukan El Nino.


3. Javier 'Chicharito' Hernandez

Javier ‘Chicarito’ Hernandez memiliki tinggi tubuh yang relatif pendek bagi seorang pesepakbola yakni hanya 175 cm. Hal itulah yang membuat Hernandez mendapat julukan ‘Chicharito’, yang berarti ‘kacang kecil’. Namun, ada cerita yang lebih dalam di balik julukan tersebut.

Ayah Hernandez, Javier Guttierez, yang juga merupakan pemain sepakbola, akrab dipanggil ‘Chicharo’, yang berarti ‘kacang’. Dan sebagai anak Gutierrez, julukan tersebut akhirnya disematkan ke dalam nama Javier Hernandez.


4. Cristian 'El Cebolla' Rodriguez

Meskipun tak memiliki karir mengkilap seperti rekan senegaranya Luis Suarez, Cristian Rodriguez cukup populer di tanah airnya, Uruguay, juga Portugal dan Madrid, di mana ia bermain untuk Porto dan Atletico Madrid. Dan nama panggilan lucu nya diterjemahkan menjadi ‘The Onion’.

Kisah berlanjut saat Rodriguez masih muda di Uruguay. Lewat kakinya, Rodriguez selalu membuat bek lawan menangis dan hal itulah yang membuat dirinya dijuluki ‘The Onion’ atau Si Bawang Merah.

Alasan lainnya adalah bahwa ayahnya berpikir bahwa Rodriguez berbau bagus setelah berkeringat dan mulai memanggilnya sebagai Cebolla, yang tampaknya benar-benar aneh.


5. David Villa - El Guaje

Sama seperti Javier Hernandez, David Villa juga memiliki tubuh yang relatif pendek. Namun, Villa jauh lebih produktif dan sukses dari striker asal Meksiko tersebut.

Villa akhirnya mendapat julukan ‘El Guaje’ untuk alasan yang berbeda dan salah satu alasannya karena Villa sering di bandingkan dengan rekan Spanyolnya, Fernando Torres. El Guaje berarti bocah. Dalam masa-masa kecilnya, Villa merupakan anak yang berbakat. Mantan pemain Barcelona ini sering bermain dengan pemain yang jauh di atas usianya. 


6. Jay Jay Okocha

Jay-Jay Okocha yang memiliki nama lengkap Augustine Azuka Okocha adalah salah satu pemain Nigeria terbesar sepanjang masa dan memiliki kemampuan olah bola yang luar biasa.

Sewaktu masih membela Bolton, Okocha benar-benar diingat oleh fans Inggris. Namun, Okocha tak memiliki sejarah panjang di balik julukan dan itu julukan tersebut bukan pemberian para fans.

Okocha disebut memiliki gaya bermain yang menarik yang membuat banyak kalangan kagum. Sementara nama awalnya diberikan kepada kakaknya, Okocha akan dikenal sebagai Jay-Jay selamanya.


7. Christian 'Bobo' Vieri

Christian Vieri menjadi salah satu striker terhebat yang dihasilkan oleh Italia. Kembali ke era 1990-an, meskipun dikenal sebagai pemain yang sering berpindah-pindah klub, Vieri selalu membahayakan lini pertahanan lawan. Terlepas dari semua ini, Vieri dipanggil ‘Bobo’.

Nama ayahnya adalah Bob dan di masa mudanya, saat Vieri tinggal di Australia, hal itulah yang menyebabkan ia dipanggil 'Bobo'. 


8. Christian Bermudez - The Hobbit

Gelandang Club America ini dipanggil The Hobbit. Bermudez hanya memiliki tinggi badan sekitar 162,5 cm. Bermudez dianggap bertinggi badan sama seperti Valbuena dan Cazorla. Bermudez merupakan salah satu pemain terpendek di dunia. 


9. Cesar Azpilicueta - Dave

Jika Jurgen Klopp harus berjuang susah payah selama bertahun-tahun untuk memanggil nama-nama anak asuhnya yang sulit dieja, maka hal itu juga dialami bek kanan Chelsea, Cesar Azpilicueta. Nama Azpilicueta memang sulit diucapkan bagi sebagian fans Chelsea.

Hal itulah yang akhirnya membuat Azpilicueta dipanggil Dave. Bahkan rekan-rekannya di Chelsea juga ikut memanggilnya dengan nama itu.

Namun, ada yang unik dari julukan tersebut. Suatu hari, ada beberapa pemain Chelsea berteriak memanggil “Dave!”. Lalu, saat Azpilicueta mendengar panggilan tersebut dan menegok, ternyata para pemain Chelsea memanggil supir bus Chelsea, yang kebetulan juga bernama Dave.


10. Franz Beckenbauer - Der Kaiser

Franz Beckenbauer

Franz Beckenbauer merupakan satu-satunya pemain dalam sejarah yang memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Beckenbauer adalah salah satu pemain terbesar dalam sejarah dan dijuluki ‘Der Kaiser’ yang berarti ‘The Emperor’.

Meskipun Beckenbauer disebut memiliki gaya beramain yang elegan serta gaya kepemimpinan sebagai layaknya ‘Kaiser'. Hal itu karena sebenarnya a mirip mantan Kaisar Austria. 


11. Steven Gerrard

Legenda Liverpool, Steven Gerrard sampai saat ini dianggap sebagai sosok pemain yang pernah menjadi kapten The Reds.

Pada 2006 lalu, Gerrard dinobatkan sebagai pemain terbaik Inggris oleh Asosiasi Pesepak Bola Profesional Inggris (PFA). Sejak saat itulah, julukan Captain Fantastic melekat pada Gerrard.


12. Lionel Messi

Lionel Messi mendapatkan julukan La Pulga atau Si Kutu karena badannya yang tak terlalu tinggi bahkan cenderung kecil.

Tubuh Messi yang kecil dibandingkan dengan teman-temannya berhasil menaikkan prestasinya. Messi bukanlah pemain biasa. Kelincahan dan kehebatnnya lah yang membuat julukan La Pulga melekat pada Messi.

David VillaFernando TorresLionel MessiSteven GerrardJavier HernandezFranz BeckenbauerCristian RodriguezSergio AgueroCesar AzpilicuetaChristian VieriJay Jay OkochaChristian Bermudez

Berita Terkini