x

Starting XI 'Gratisan' di Bursa Transfer Januari 2016

Sabtu, 26 Desember 2015 12:04 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono

Bursa transfer musim dingin yang jatuh di awal tahun biasanya kurang mendapat antusias dari sejumlah klub Eropa karena biasanya stok pemain berkelas pada periode itu sangat minim.

Namun, musim ini sepertinya fakta itu akan bergeser mengingat ketatnya persaingan yang dihadapi sejumlah klub besar, sementara skuat yang mereka miliki tidak cukup mumpuni.

Ditambah sejumlah nama pemain besar yang berpotensi untuk di rayu lantaran habis kontraknya dan sebagian lainnya berstatus free transfer.

Bahkan sejumlah pemain yang kontraknya bakal habis pada Juni 2016 sudah bisa mulai bernegosiasi pada Januari 2016.

Fakta inilah yang membuat sejumlah klub bakal berlomba-lomba untuk mendapatkan para pemain bintang secara gratis.

Berikut 11 pemain yang berstatus free transfer pada musim transfer Januari 2016 yang INDOSPORT rangkum dalam Starting XI dengan skema 4-4-2.


1. Zlatan Ibrahimovic

Meskipun telah menginjak usia 34 tahun namun performa Zlatan Ibrahimovic tidak menunjukkan penurunan.

Salah satu talenta sepakbola terbaik di planet ini malah terlihat makin ganas menyumbangkan gol untuk Paris Saint-Germain.

Ibra berambisi untuk membawa PSG meraih trofi Liga Champions namun, pemain haus gol ini bakal kehabisan masa kontraknya pada akhir musim 2015/16 dan mulai bisa dinegosiasi pada bursa Januari ini.


2. Charlie Austin

Bomber Inggris 26 tahun tahun ini merupakan salah satu striker paling tajam di Inggris, namun sangat yang mengherankan talenta terbaik ini masih berada di Queen Park Rangers yang musim ini bermain di divisi dua Liga Primer.

Kontrak Austin juga akan segera habis pada akhir musim ini sehingga memungkinkan sejumlah klub untuk membuka negosiasi dengannya di bursa transfer Januari mendatang.


3. Hatem Ben Arfa

Gelandang serba bisa tim nasional Tunisia ini performanya semakin meningkat bersama klub Prancis OGC Nice musim ini.

Tujuh gol dari 18 laga pertandingan merupakan catatan apik yang bisa menggaransi klub yang ingin membuat kesepakatan di bursa transfer Januari mendatang.


4. Ever Banega

Ever Benega merupakan satu playmaker Eropa yang dianggap memiliki kualitas paling berkelas. Visi bermainnya digadang-gadang mirip dengan legenda Italia Andrea Pirlo.

Playmaker yang telah mengemas dua gol dan dua assist bersama Sevilla musim ini juga akan habis kontraknya pada Juni 2016 mendatang.


5. Michael Carrick

Playmaker senior yang hampir menghabiskan satu dekade usianya bersama Manchester United ini tidak ada yang meragukan kemampuan dan pengalamannya.

Namun seiring gonjang-ganjing dan pergolakan yang terjadi di kubu Setan Merah belakangan Carrick sangat dimungkinkan untuk di lepas pada bulan Januari 2016 ini.


6. Tomas Rosicky

Pemain berjuluk Little Mozart ini dipastikan akan meninggalkan Emirates pada musim panas nanti mengingat posisinya yang sering diambil alih oleh gelandan Prancis Mathieu Flamini.

Musim terakhirnya bersama Arsenal gelandang berpaspor Republik Ceko ini memang kerap dibekap cedera namun kemampuannya tetap tidak bisa dipandang sebelah mata.


7. John Terry

Pemain yang bertahun-tahun menjadi ikon Chelsea dengan ban kapten di lengannya hingga saat ini nasibnya masih terkatung-katung karena manajeman The Blues belum menyodorkan kontrak baru untuknya.

Kontrak John Terry bersama Chelsea akan habis pada akhir musim ini. Meskipun usianya sudah tidak muda lagi namun kemampuan Terry di lini pertahanan masih cukup bisa diandalkan.


8. Branislav Ivanovic

Ivanovic sempat menjadi bek andalan Chelsea pada awal kedatangannya pada musim 2008 silam.

Namun belakangan pemain Serbia itu tampak kehilangan kepercayaan, khususnya ketika Mourinho menukangi The Blues.

Guus Hiddink mungkin berminat untuk memperpanjang kontraknya namun Ivanovic bisa bebas menentukan akan kemana langkahnya karena kontraknya bersama Chelsea bakal berakhir pada akhir musim ini. 


9. Patrice Evra

Salah satu defender handal yang pernah lama merumput bersama Man United kini bermain untuk Juventus.

Evra cukup bisa diandalkan di lini pertahanan si Nyonya Tua. Namun kontraknya akan berakhir pada Juni 2016 dan memungkinkan dirinya membuka negosiasi dengan klub lain jika menginginkannya.


10. Gregory van der Wiel

Bek berdarah Belanda yang kini bermain untuk Paris Saint Germain ini akan habis kontraknya pada akhir musim 2015/16.

Bek tim nasional Belanda yang memiliki spesialisasi bermain di sayap kiri ini bisa mulai membuka negosiasi dengan sejumlah klub di bursa transfer Januari 2016 mendatang.


11. Victor Valdes

Valdes tidak tergantikan di bawah mistar gawang Barcelona dalam kurun waktu lebih dari satu dekade sebelum cedera panjang membekapnya.

Posisinya akhirnya tersingkirkan dan ia pun memilih untuk melanjutkan kariernya bersama Manchester United.

Namun sayangnya dirinya tidak mendapat tempat yang cukup layak di mata Louis van Gaal meskipun secara kualitas dirinya tidak perlu dipertanyakan.

Bursa TransferIbrahimovicPatrice EvraVictor ValdesJohn TerryBranislav IvanovicTomas RosickyCharlie AustinHatem Ben ArfaGregory van der WielEver Banega

Berita Terkini