x

5 Legenda Arsenal Layak Gantikan Posisi Wenger

Selasa, 15 Maret 2016 18:45 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja

Ya, The Gunners terancam tidak mendapatkan trofi lagi pada musim ini. Terakhir, Alexis Sanchez dan kawan-kawan tersingkir dari ajang Piala FA setelah ditumbangkan Watford.

Selain di Piala FA, penampilan tidak konsisten juga diperlihatkan Arsenal di kompetisi Liga Primer Inggris. Setelah sempat memuncaki klasemen, prestasi The Gunners justru menurun menjelang akhir musim.

Saat ini, tim asal London Utara tersebut menempati peringkat ketiga dengan hanya mengumpulkan 52 poin dari 29 pertandingan. Jika tersingkir di ajang Liga Champions, bukan tidak mungkin Wenger dipecat akhir musim ini.

Seandainya pelatih asal Prancis itu dipecat, siapakah sosok yang pantas menggantikan posisinya? Berikut ini, INDOSPORT coba ulas 5 legenda Arsenal yang layak menggantikan posisi pelatih yang akrab disapa The Professor tersebut.


1. Martin Keown

Martin Keown marah terhadap wasit.

Martin Keown merupakan salah satu pemain belakang tangguh yang pernah dimiliki Arsenal. Saat masih menjadi pemain, Keown dikenal sangat disiplin dan pintar membaca permainan lawan.

Pria asal Inggris tersebut cukup berjasa membawa Arsenal meraih tiga gelar juara Liga Primer Inggris dan tiga Piala FA.

Namun, pengalaman Keown untuk menjadi pelatih memang tidak terlalu banyak. Dia pernah melatih sebuah  tim sepakbola kampus yakni Oxford University Blues.

Saat ini, Keown lebih sibuk sebagai pundit. Dia beberapa kali terlihat menjadi komentator di beberapa televisi di Inggris.

Jika melihat profilnya ini, mungkin para pendukung Arsenal ragu apakah Keown bisa lebih sukses ketimbang Wenger.


2. Thierry Henry

Thierry Henry mengontrol bola.

Seperti halnya Keown, Thierry Henry juga merupakan salah satu pemain kesukaan para pendukung Arsenal. Sebagai pemain, Henry dikenal sebagai sosok yang memiliki mental juara.

Meski hanya mempersembahkan dua trofi Liga Primer Inggris, pria asal Prancis itu berhasil meninggalkan kesan yang mendalam untuk fans Merian London.

Rasa kepedulian Henry terhadap Arsenal masih sangat besar. Terbukti, pria yang pernah merumput di Juventus dan Barcelona itu bersedia membantu melatih para pemain muda Arsenal.

Henry memang sangat ingin meneruskan kariernya di dunia sepakbola sebagai pelatih. Dia juga mengaku banyak berbicara dengan Wenger mengenai kepelatihan sepakbola.

"Saya sedang berusaha mendapatkan lisensi kepelatihan dari Federasi Sepakbola Wales dan memperoleh lisensi A," kata Henry ketika itu.

"Saya bertanya kepada bos (Wenger) jika saya bisa membantu dan terlibat dengan tim ini. Dia menyuruh saya darting dan berlatih bersama U-18 dan U-19," sambungnya.

"Saat itu saya hanya menjadi asisten, saya bukan seorang pelatih. Tapi, itu sangat menyenangkan sekali, Anda bisa membayangkannya," lanjutnya.


3. Tony Adams

Tony Adams saat masih menjadi pemain Arsenal.

Tony Adams adalah legenda sejati Arsenal. Pria asal Inggris tersebut menghabiskan karier sepakbolanya selama 22 tahun bersama The Gunners.

Adams turut berjasa membawa tim asal London Utara tersebut meraih empat gelar juara Liga Primer Inggris. Tapi, karier kepelatihannya memang tidak secemerlang ketika masih menjadi pemain.

Setelah meraih gelar sarjana ilmu olahraga di Brunel University, Adams melanjutkan kariernya dengan menjadi pelatih di Wycombe Wanderers.

Sayang, prestasinya ketika itu sangat buruk. Adams gagal meloloskan Wycombe dari jurang degradasi. Pada November 2004. Dia memutuskan untuk mengundurkan diri dari pelatih Wycombe.

Pada Oktober 2008, Adams melanjutkan karier kepelatihan dengan membesut Portsmouth sebagai arsitek sementara menggantikan Harry Redknapp yang hengkang ke Tottenham Hotspur.

Pada Februari 2009, Adams kembali terima surat pemutusan hubungan kerja (PHK) dari manajemen Portsmouth karena dianggap gagal berprestasi.

Pada Mei 2010, Adams kemudian ditunjuk untuk melatih Gabala FC selama tiga tahun. Sebuah klub yang bermain di Liga Primer Azerbaijan.

Sebelum kontraknya berakhir, Adams memutuskan untuk meninggalkan klub itu pada November 2011.


4. Dennis Bergkamp

Dennis Bergkamp saat masih menjadi pemain Arsenal.

Dennis Bergkamp juga merupakan pemain kesukaan para pendukung Arsenal. Aksinya di lapangan hijau saat berkostum The Gunners tidak akan pernah dilupakan.

Bergkamp turut berjasa untuk membantu Arsenal meraih beberapa gelar juara di Liga Primer Inggris dan Piala FA.

Setelah pensiun dari pemain tim asal London tersebut, Bergkamp menolak tawaran untuk menjadi pencari bakat Arsenal.

Pada April 2008, mantan pemain tim nasional Belanda tersebut mulai mendapatkan ijazah kepelatihan dan memulai kerirnya menjadi asisten pelatih di Ajax Amsterdam.

Mungkin, prestasinya sebagai pelatih belum terjawab. Namun, para fans Arsenal tentu bisa berharap Bergkamp bersedia menjadi pelatih tim mereka pada musim depan.


5. Patrick Vieira

Patrick Vieira melakukan selebrasi.

Saat masih menjadi seorang pemain, Patrick Vieira terkenal memiliki karakter yang sangat lengkap. Dia sangat kuat, ulet, dan agresif. Vieira juga memiliki kondisi fisik dan teknik sangat luar biasa.

Vieira juga pernah sembilan tahun memperkuat Arsenal dan pernah menjabat sebagai kapten klub asal London tersebut.

Pria asal Prancis itu berhasil membantu Arsenal meraih tiga gelar juara Liga Primer Inggris dan empat Piala FA.

Vieira memulai karier kepelatihan dengan membesut New York City FC, sebuah klub yang bekerja sama dengan Manchester City.

Jika melihat trek rekornya bersama The Gunners, bukan tidak mungkin Vieira menjadi arsitek tim asal London tersebut di masa mendatang.

Bursa TransferArsenalThierry HenryTony AdamsDennis BergkampPatrick VieiraMartin KeownIn Depth Sports

Berita Terkini