x

4 Pemain Asing yang Menjadi Mualaf di Indonesia

Sabtu, 9 Juli 2016 07:12 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto

Sepakbola Indonesia memiliki beraneka ragam daya tarik. Daya tarik tersebut lahir dari berbagai macam aspek mulai dari segi permainan, fanatisme suporter, hingga berbagai macam faktor non teknis.

Tak mengherankan semua daya tarik tersebut bak magnet bagi para pemain sepakbola asing untuk melanjutkan kariernya di Indonesia. Mereka menyatu dengan adat istiadat, kebudayaan, hingga rasa jatuh cinta kepada wanita asal Indonesia.

Maka dari itu, banyak pesepakbola asing yang memutuskan menetap cukup lama di Indonesia. Bahkan, rela berpindah agama Islam untuk dapat meminang wanita asal Indonesia.

Hal tersebut sudah terbukti dan dilihat dari beberapa pesepakbola asing dunia yang akhirnya memilih untuk menjadi mualaf.

Untuk itu, INDOSPORT telah menyusun empat pesepakbola asing yang akhirnya memutuskan untuk menjadi mualaf di Indonesia. Berikut ulasannya:


1. Cristian Gonzales

Penyerang Arema Cronus, Cristian Gonzales.

Siapa yang tak mengenal nama Cristian Gonzales. Pria kelahiran 30 Agustus 1976 tersebut dikenal sebagai salah satu pesepakbola asing asal Uruguay yang cukup sukses di Indonesia.

Ia pernah membela beberapa klub papan atas Indonesia. Sebut saja Persik Kediri, PSM Makassar, persib Bandung, Persisam Putra Samarinda, dan Arema Cronus.

Berbagai macam prestasi pernah ditorehkannya sepanjang kariernya bermain di Indonesia dari 2003. Baik prestasi bersama tim dan Individu.

Striker yang saat ini membela Arema Cronus tersebut pernah membawa Persik Kediri menjadi juara Liga Indonesia pada 2006. Tak hanya itu, Gonzales tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa kompetisi di Indonesia dari era Liga Indonesia hingga saat ini, dengan torehan 224 gol.

Gonzales begitu cinta dengan Indonesia. Ia kemudian memutuskan untuk menikahi wanita Indonesia, Eva Nurida Siregar pada 2003.

Pernikahan tersebut membuatnya memeluk agama Islam di tahun yang sama. Ia pun resmi memiliki nama Islam, Mustafa Habibi.

Setelah itu, Gonzales resmi berpindah kewarganegaraan dari Uruguay ke Indonesia. Hal tersebut membuatnya berhak membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 lalu.


2. Carlos Raul Sciucatti

Pesepakbola asing lainnya yang menjadi mualaf adalah Carlos Raul Sciucatti. Pria asal Argentina tersebut rela menjadi mualaf saat menikahi General Manajer (GM) Persijap Jepara, Esti Puji Lestari. 

Selama berkarier di Indonesia ia kerap berganti-ganti klub seperti pemain asing lainnya. Ia pernah memperkuat Persela Lamongan, Persidafon Sorong, Pro Duta, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, persijap Jepara, dan Mitra Kukar.

Kini, ia terlihat lebih untuk memperdalam ilmu agama Islam usai membela Mitra Kukar di Piala Presiden 2015


3. Abanda Herman

Abanda Herman merupakan pemain asing selanjutnya yang memutuskan menjadi muallaf. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut memutuskan menjadi muallaf pada 18 April 2013 lalu.

Kini, ia sudah mengubah nama lengkapnya menjadi Ahmad Abanda Herman. Ia pun sudah menjalani aktifitas layaksa seorang Muslim pada umumnya.

Sebagai informasi, Abanda Herman dikenal sebagai pemain asing asal Kamerun yang sukses melanjutkan karier sepakbolanya di Indonesia.

Ia pernah membela sejumlah klub papan atas seperti Persib Bandung, Persija Jakarta, PSM Makassar, Persema Malang, dan Barito Putera. Terakhir kali, ia bermain untuk Perserang Serang yang berlaga Divisi Utama Liga Indonesia.


4. Christian Lenglolo

Christian Lenglolo merupakan pemain asing selanjutnya yang menjadi mualaf di Indonesia. Ia menjadi mulaf usai ingin mempersunting wanita asal Indonesia, Febi Agnes Miranda pada 2013.

Sebagai infomasi, Lenglolo merupakan pesepakbola asal Kamerun yang pernah memperkuat sejumlah klub di Indonesia. Salah satunya membela dua klub papan atas Tanah Air, Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC.

Pria yang kini berumur 33 tahun tersebut terakhir kalai membela Persijap Jepara yang bermain di Divisi Utama Liga Indonesia.

Arema CronusPersib BandungPersija JakartaMitra KukarCristian GonzalesCarlos Raul SciucattiAbanda Herman

Berita Terkini