x

5 Pesepakbola Top Dunia Jebolan Gothia Cup

Senin, 18 Juli 2016 12:24 WIB
Editor: Ramadhan

Perhelatan Gothia Cup atau turnamen sepakbola usia muda terbesar dunia, menjadi ajang bagi para bakat muda untuk unjuk gigi di panggung dunia.

Turnamen yang akan berlangsung pada 18-21 Juli 2016 itu, pertama kali diadakan pada tahun 1975 dan diadakan rutin setiap tahun, dimana ratusan peserta dari seluruh dunia bersaing di turnamen tersebut.


Perwakilan Indonesia yang tergabung dalam skuat ASIFA di Gothia Cup

Tahun ini, turnamen Gothia Cup yang juga diikuti Indonesia akan menampilkan total 1659 tim dari 81 negara. Negeri Zlatan Ibrahimovic, Swedia akan menjadi tuan rumah.

Menariknya, turnamen yang diikuti banyak anak muda dari berbagai negara di belahan dunia ini juga berhasil melahirkan sederet pemain top. Nama-nama seperti Andrea Pirlo dan Ibrahimovic merupakan jebolan Gothia Cup.


Andrea Pirlo saat membawa tim nasional Italia meraih gelar Piala Dunia 2006

Sejumlah nama besar lain juga menjadi pemain hebat yang pernah mengikuti turnamen tersebut. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT merangkum sederet pesepakbola top dunia jebolan Gothia Cup.


1. Alan Shearer

Alan Shearer merupakan legenda Newcastle United yang pernah merasakan turnamen Gothia Cup. Pria berusia 45 tahun ini tergabung bersama tim Wellington Juniors saat menjajal turnamen sepakbola usia muda terbesar tersebut.

Sejak mengikuti Gothia Cup, Shearer tumbuh sebagai pesepakbola top dunia. Bersama Newcastle di Liga Primer Inggris, Shearer sukses tampil dalam 303 laga dan mencetak 148 gol.

Tak hanya bersama klub, Shearer juga menjadi bagian dari timnas Inggris era 1992-2000 dan tampil dalam 63 pertandingan serta mencetak total 30 gol.


2. Xabi Alonso

Gelandang Bayern Munchen, Xabi Alonso

Salah satu gelandang terbaik Spanyol, Xabi Alonso juga terdaftar sebagai salah satu pemain alumnus Gothia Cup. Pemain Bayern Munchen ini tergabung bersama tim Antiguoko saat itu.

Antiguoko sendiri merupakan klub sepakbola muda amatir Spanyol yang menjadi klub penyuplai pemain ke klub La Liga, Real Sociedad. Pemain lain selain Alonso yang pernah membela Antiguoko adalah mantan gelandang Arsenal dan Barcelona, Mikel Arteta.

Setelah tampil di Gothia Cup, Alonso sendiri sukses menjadi pemain besar bersama Liverpool (143 caps, 15 gol), Real Madrid (158 caps, 4 gol) dan Bayern Munchen (52 caps, 2 gol).

Bersama timnas Spanyol, Alonso mencatatkan 114 caps dan mencetak 16 gol. Pemain berusia 34 tahun itu bahkan sukses meraih dua gelar Euro (2008 dan 2012) serta satu gelar Piala Dunia 2010.


3. Andrea Pirlo

Gelandang legendaris Italia, Andrea Pirlo juga merupakan jebolan turnamen Gothia Cup bersama tim US Voluntas. Pemain berusia 37 tahun itu bahkan masih aktif bermain hingga saat ini.

Pirlo kemudian tumbuh sebagai gelandang terbaik di dunia saat memperkuat tim-tim besar Serie A Italia, seperti Inter Milan (22 laga), AC Milan (284 laga, 32 gol) dan Juventus (119 laga, 16 gol).

Tak hanya itu, gelandang yang kini memperkuat salah satu klub MLS (Major League Soccer), New York City FC, juga berhasil mengantarkan timnas Italia meraih gelar Piala Dunia 2006.


4. Emmanuel Adebayor

Sukses Emmanuel Adebayor tampil di Gothia Cup bersama tim Les Eperviers, berimbas terhadap karier profesionalnya. Pemain berusia 32 tahun ini bahkan sudah memperkuat setidaknya 5 klub besar Eropa.

Adebayor berhasil tampil bersama klub-klub seperti AS Monaco (78 laga, 18 gol), Arsenal (104 laga, 46 gol), Manchester City (34 laga, 15 gol), Real Madrid (14 laga, 5 gol), Tottenham Hotspur (59 laga, 18 gol).

Pemain yang bermain di posisi penyerang itu juga kerap tampil membela negaranya, Togo dan sudah berhasil tampil sebanyak 66 kali serta mencetak total 30 gol.


5. Zlatan Ibrahimovic

Kapten timnas Swedia, Zlatan Ibrahimovic

Bintang anyar Manchester United ini juga pernah merasakan sengitnya turnamen Gothia Cup. Setelah mengikuti turnamen itu, Ibra sukses tampil bersama banyak klub besar.

Klub-klub yang pernah diperkuat Ibra adalah Ajax Amsterdam (74 laga, 35 gol), Juventus (70 laga, 23 gol), Inter Milan (88 laga, 57 gol), Barcelona (29 laga, 16 gol), AC Milan (32 laga, 28 gol), Paris Saint-Germain (122 laga, 113 gol).

Lalu, bersama timnas Swedia, Ibra sukses tampil sebanyak 116 kali dan mencetak total 62 gol.

Andrea PirloZlatan IbrahimovicXabi AlonsoEmmanuel AdebayorAlan ShearerBola InternasionalGothia Cup 2016Gothia Cup

Berita Terkini