x

(FOTO) Real Madrid dan 3 Klub Top Eropa yang Segera Miliki Stadion Mewah

Jumat, 14 Oktober 2016 06:24 WIB
Penulis: Ivan Reinhard Manurung | Editor: Ramadhan

Bagi sebuah klub sepakbola, stadion memiliki peranan yang cukup penting. Selain menjadi tempat berlangsungnya pertandingan dan latihan, sebuah stadion pun bisa disebut sebagai jati diri sebuah klub.

Hal itu lantaran karena tidak jarang sebuah stadion turut menjadi bagian dari sejarah panjang klub dalam mencapai kesuksesan. Contohnya Old Trafford yang merupakan stadion kebanggaan Manchester United.

Sudah terhitung berapa kali stadion yang berdiri sejak 1910 tersebut menjadi saksi bisu kemenangan Setan Merah hingga kini berstatus sebagai klub terbanyak yang menjuarai Liga Inggris.

Melihat pentingnya stadion tersebut, pihak klub pun tidak tanggung-tanggung dalam urusan merawat dan menjaganya. Berbagai cara pun mereka lakukan guna memperbagus dan mempercantik bangunan stadion, salah satunya dengan proses renovasi.

Dalam kesempatan ini, INDOSPORT pun coba hadirkan beberapa klub elit Eropa yang berencana untuk merenovasi stadion milik mereka.


1. Atletico Madrid

Stadion Baru Atletico Madrid

Dalam beberapa tahun terakhir, Atletico Madrid menjadi salah satu klub terkuat, tidak hanya di Spanyol, tapi juga di dataran Eropa. Hal itu tidak lepas dari keberhasilan mereka melangkah ke partai final Liga Champions dalam 3 tahun terakhir.

Menyadari hal tersebut, layaklah jika klub berjuluk Los Rojiblancos itu mulai memikirkan untuk bisa memiliki sebuah stadion yang megah, layaknya Manchester United yang memiliki Old Trafford.

Pasalnya, Stadion Vicente Calderon yang saat ini ditempati oleh klub asuhan Diego Simeone mulai dinilai kecil untuk menampung jumlah pendukung Atletico yang semakin bertambah.

Rencana Atletico untuk membangun stadion baru tersebut pun sudah dimulai sejak 2009 lalu dan saat ini proses pembangunannya sudah memasuki tahap-tahap akhir. Bila berjalan sesuai rencana, stadion baru ini nantinya akan resmi menjadi kandang Atletico pada musim 2017/18.

Sejumlah penambahan kualitas pun akan terlihat di stadion baru milik Atletico tersebut. Selain penambahan kapasitas penonton yang nantinya bisa mencapai 70 ribu orang, sejumlah teknologi canggih pun nantinya akan menghiasi stadion tersebut.

Salah satunya adalah pemasangan lampu LED yang diletakkan di luar stadion. Selain untuk menjadi penerangan, lampu-lampu berwarna tersebut nantinya akan membuat penampilan stadion menjadi indah di malam hari.

Dilansir dari Stadium Guide, demi merampungkan proyek pembangunan stadion baru tersebut, Atletico telah mengelurkan dana yang cukup besar, yakni 200 juta Euro (sekitar Rp2,8 triliun).


2. Real Madrid

Stadion Bernabeu Real Madrid

Tidak mau tertinggal dengan rival satu kotanya, Real Madrid juga mencanangkan untuk memiliki stadion mewah. Bedanya dengan Atletico, Madrid hanya akan merenovasi besar-besaran Stadion Bernabeu yang mereka gunakan saat ini.

Pengumuman rencana renovasi stadion yang dibuka sejak 14 Desember 1947 tersebut diumumkan secara resmi oleh Madrid melalui situs resmi klub. Rencana itu juga mereka beritahukan setelah mendapat restu dari Walikota Madrid, Manuela Carmena pada 11 Oktober 2016 lalu.

Rencananya, renovasi Bernabeu dicanangkan akan berlangsung mulai tahun 2017 dan bila tidak ada halangan akan selesai pada 2020 mendatang. Dana sekitar 400 juta Euro (sekitar Rp5,7 triliun) pun sudah dipersiapkan untuk proses renovasi tersebut.

"Ini akan menjadi sebuah perubahan yang dramatis. Kita akan memiliki stadion terbaik dan itu semua untuk Real Madrid, para fans dan kota kita tercinta," ujar Presiden Real Madrid, Florentino Perez seperti dilansir CNN.

Bila melihat gambar desain rencana renovasi, Stadion Santiago Bernabeu yang saat ini memiliki konsep atap terbuka, akan berubah menjadi atap tertutup. Bangunan stadion sendiri nantinya akan memiliki nuasa futuristik dengan penggunaan warna silver di hampir seluruh bangunan.


3. Barcelona

Rancangan Stadion Camp Nou

Sebelum Real Madrid mengumumkan rencana mereka yang akan segera merenovasi Santiago Bernabeu, rival abadi mereka, Barcelona ternyata lebih dulu mencanangkan renovasi stadion mereka.

Pengumuman rencana renovasi stadion itu sendiri mereka sebarkan kepada publik pada Maret 2016 lalu. Sama seperti Madrid, proses renovasi Camp Nou juga baru akan dilaksanakan pada 2017 mendatang dan direncanakan selesai pada 2021, setahun lebih lama dari renovasi Bernabeu.

Proses renovasi stadion yang dibuka pada 24 September 1957 tersebut nantinya akan dikerjakan oleh sebuah perusahaan kontraktor asal Jepang, Nikken Sekkei yang memenangkan bidding dengan tawaran sebesar 420 juta Euro (sekitar Rp6,04 triliun).

Setelah selesai direnovasi, nantinya Camp Nou akan mengalami penambahan di sektor bangku penonton. Sebelumnya, Camp Nou hanya menampung sebanyak 99 ribu penonton, namun setelah direnovasi bangku penonton akan meningkat hingga 105 ribu bangku.

Struktur bangunan Camp Nou pun juga akan mengalami berbagai perubahan. Bila sebelumnya hanya bagian kursi VIP yang mendapat atap, nantinya setelah direnovasi, seluruh sektor stadion akan tertutup atap, yang secara tidak langsung membuat stadion menjadi semi tertutup.


4. Chelsea

Calon Stadion Baru Chelsea.

Tidak hanya klub-klub top Liga Spanyol yang berencana untuk merenovasi stadion mereka menjadi lebih megah dari sebelumnya. Pasalnya, ada satu klub Liga Primer Inggris yang tengah mencanangkan merubah stadion mereka menjadi lebih mewah.

Klub itu adalah Chelsea. Ya klub milik Roman Abramovic tersebut pada akhir 2015 lalu telah mengumumkan rencana dan rancangan renovasi yang mereka lakukan terhadap stadion mereka, Stamford Bridge.

Proses renovasi itu sendiri nantinya akan mengubah secara total bentuk bangunan yang dimiliki stadion Stamford Bridge, yang sebelumnya terbuka menjadi semi tertutup dan sekilas mirip dengan salah satu stadion terbaik di China, Beijing National Stadium.

Hal itu pun tidak mengherankan, mengingat Chelsea juga menggunakan perusahaan kontraktor yang sama, yakni Herzog & de Meuron.


Rancangan Stamford Bridge setelah direnovasi.

Dilansir dari Daily Mail, untuk proses renovasi tersebut The Blues harus mengeluarkan kocek yang cukup besar, yakni sebesar 600 juta Poundsterling atau lebih dari Rp12,5 triliun.

Proses renovasi Stamford Bridge ini sendiri dicanangkan baru akan selesai dan siap digunakan pada musim 2020/21 mendatang.

Real MadridAtletico MadridChelseaBarcelonaSantiago BernabeuCamp NouVicente CalderonStamford Bridge

Berita Terkini