x

Barcelona dan Madrid Dominasi Best XI European Team of the Year 2016

Selasa, 3 Januari 2017 00:03 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning

Penghargaan yang digagas oleh media kenamaan Prancis, L'Equipe, melakukan penilaian secara mendalam selama kurang lebih empat pekan di bulan Desember tahun 2016 silam, dan akhirnya terpilih 11 pemain terbaik Eropa, yang didominasi oleh pemain-pemain di La Liga Spanyol.

Real Madrid turut menyumbang Marcelo, Sergio Ramos, Cristiano Ronaldo, dan Luka Modric, sedangkan Barcelona mengutus Lionel Messi, Daniel Alves, dan Luis Suarez.

Antoine Griezmann yang bermain apik di putaran final Piala Eropa 2016 ikut ambil bagian di starting line up sebagai wakil La Liga berikutnya.


Kante menjadi satu-satunya wakil dari Liga Primer Inggris di European Team of the Year.

Serie A Italia diwakili oleh dua pemain Juventus, yakni Gianluigi Buffon dan Leonardo Bonucci. Alves juga masuk sebagai pemain Juve meski awal tahun ini masih membela Barca. 

Satu hal yang menarik disimak dalam susunan pemain terbaik Eropa versi L'Equipe adalah hanya satu pemain Liga Primer Inggris yang terdaftar. Tentunya ini semakin membuat tanda tanya besar mengingat Inggris dianggap memiliki liga terbaik di dunia.

Adalah N'Golo Kante yang menutup koreng di wajah persepakbolaan Inggris berkat namanya yang masuk dalam Best XI European Team of the Year. Gelandang Chelsea itu dinilai berhasil menampilkan performa ciamik sepanjang tahun 2016.

Salah satu faktor yang membuat Kante mendapatkan poin khusus tentunya adalah berkat kecemerlangannya membawa Leicester City menjuarai Liga Primer Inggris musim 2015/16.

Hijrah ke Chelsea tak membuatnya kesulitan bersaing. Kehadiran Antonio Conte sebagai nahkoda baru justru membuat Kante memiliki peran vital di lini tengah. Bersama Nemanja Matic, gelandang asal Prancis itu menjadi kunci dibalik kesuksesan Conte meramu formasi 3-4-3.

Tapi tetap saja, 'kegagalan' Liga Primer Inggris yang hanya mengirimkan satu pemainnya wajib menjadi evaluasi FA selaku pemangku tertinggi di persepakbolaan Inggris.

Real MadridAtletico MadridCristiano RonaldoDani AlvesMarceloLuka ModricChelseaAntoine GriezmannBarcelonaLionel MessiLuis SuarezSergio RamosJuventusGianluigi BuffonLeonardo BonucciN'Golo KanteBola Internasional

Berita Terkini