x

On This Day: Lahirnya Kiper Haus Gol Asal Brasil

Minggu, 22 Januari 2017 18:13 WIB
Penulis: Cosmas Bayu Agung Sadhewo | Editor: Yohanes Ishak

44 tahun silam di tanggal yang sama seperti hari ini, Minggu (22/01/17), lahir seorang anak laki-laki keturunan Jerman dan Italia di sebuah wilayah bernama Pato Branco, daerah Selatan Brasil. Pria tersebut bernama Rogerio Ceni, kiper legenda dari klub asal Brasil, Sao Paulo.

Saat ini Ceni sudah tidak aktif lagi menjaga gawangnya. Ceni sekarang berperan di pinggir lapangan, menjadi juru taktik untuk klub yang telah lama ia bela, Sao Paulo.

Selama aktif sebagai pesepakbola, dirinya telah memenangkan banyak gelar bersama Sao Paulo. Baik gelar pribadi maupun bersama klub, pernah dicicipinya selama 25 tahun berkarier di dunia sepakbola.

Orang-orang tentu ingat prestasi gemilangnya bersama Sao Paulo saat berhasil mengalahkan Liverpool di ajang Piala Dunia Antarklub, 2005 lalu. Saat itu, Rogerio Ceni dkk berhasil mengalahkan pasukan Rafael Benitez dengan skor tipis 1-0.


Rogerio Ceni (kiri) menyalami Gerrard yang terlihat cemberut setelah kalah di final Piala Dunia Antarklub 2015.

Memperingati hari jadinya, INDOSPORT akan sajikan beberapa fakta kehidupan pribadinya serta perjalanan karier sang legenda dalam menjaga gawangnya serta rekor-rekor yang pernah dibuatnya.


1. Debut Pertama Berkat Kematian Seorang Teman

Rogerio Ceni.

Sejak kecil, Ceni sudah bermain sebagai seorang kiper. Berawal dari dirinya bermain untuk klub lokal, Sinop, bakat mudanya langsung terlihat ketika sang pelatih saat itu mengangkatnya untuk bermain di tim inti.

Kebolehannya dalam menjaga gawang langsung dilirik oleh pencari bakat Sao Paulo. Tak butuh waktu lama, hanya berlangsung 5 bulan sejak dirinya diangkat menjadi pemain inti klub Sinop, Ceni langsung dihubungi oleh pihak Tricolor yang terkesan dengan gaya permainannya.

Ceni mendapatkan kontrak profesional pertama pada umur 17 tahun. Namun ia tidak langsung dimainkan sebagai pemain inti, melainkan sebagai pemain Sao Paulo Junior.

Dirinya baru masuk ke dalam tim senior akibat dari kematian salah seorang kiper Sao Paulo, Alexander. Kiper ketiga Sao Paulo itu mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil.

Pada tanggal 25 Juni 1993, Ceni dipilih menjadi kiper inti dari Sao Paulo setelah Zetti secara mengejutkan pindah ke klub rival Tricolor, Santos FC. Semenjak debut pertamanya tersebut, Ceni selalu menjadi pilihan utama sebagai palang pintu terakhir Sao Paulo.


2. Rekor Pencetak Gol Terbanyak sebagai Kiper

Rogerio Ceni.

Rogerio Ceni terkenal berkat kemampuannya dalam mencetak gol dari bola-bola mati. Terbukti, selama 25 tahun berkarier sebagai seorang kiper, total dirinya telah mencetak 131 gol dalam 1.256 pertandingan.

Jumlah gol yang sangat banyak untuk seorang kiper itu membuat dirinya menjadi pencetak rekor sebagai kiper pertama di dunia yang mampu mencetak lebih dari 100 gol. Dirinya mengalahkan Jose Luis Chilavert, pesepakbola asal Paraguay yang juga piawai dalam urusan mencetak gol.

Chilavert mencetak 67 gol dalam 35 tahun kariernya sebagai pesepakbola. Sedangkan Ceni mampu mencetak 131 gol hanya dengan 25 tahun saja.

Momen indahnya terjadi ketika Sao Paulo melawan salah satu rival terberatnya, Corinthians, pada 27 Maret 2011 silam. Dirinya mencetak gol ke-100 sepanjang kariernya melalui bola mati, sekaligus membawa Tricolor menang 2-1.

Ceni awalnya ingin pensiun dari dunia sepakbola pada akhir musim 2014. Namun sayang, pihak manajemen Sao Paulo menginginkan sang kapten untuk terus melanjutkan kariernya, hingga pada 6 Desember 2015 dirinya resmi mengumumkan masa pensiunnya.


3. Raihan Prestasi Piala hingga Skandal Anak di Luar Nikah

Rogerio Ceni.

Selama 25 tahun dirinya menjadi pesepakbola, banyak raihan gelar telah diraihnya. Baik gelar internasional ataupun gelar lokal, pernah diraih pria yang mempunyai 3 anak ini.

Gelar prestisiusnya adalah saat memenangkan Piala Dunia 2002. Walau hanya menjadi opsi kedua setelah Dida, dirinya patut berbangga karena telah mengharumkan negara di Jepang dan Korsel.


Rogerio Ceni berpose sambil memegang Piala Dunia 2002

Selain itu, Ceni juga pernah mempermalukan Gerrard dkk dengan skor 1-0 di Jepang, dalam kejuaraan Piala Dunia Antarklub 2005 lalu. Salah satu andil dirinya berhasil menjuarai kejuaraan tersebut adalah berhasil menahan tendangan bebas Gerrard yang melengkung tajam.

Namun, prestasinya di atas lapangan sedikit tercoreng akibat ulahnya di luar lapangan. Diketahui, Ceni yang telah memiliki istri dan sepasang anak kembar ini memiliki anak lain di luar pernikahannya.

Penyuka lagu Rock n Roll AC/DC ini memiliki seorang anak laki-laki bernama Henry, hasil hubungan dirinya dengan Ana Paula Vieira, seorang aktris ternama di Brasil.


Ceni  (kanan) dan Ana, saat menggendong Henry.

Henry yang lahir pada tahun 2012, baru dikenalkan kepada publik Brasil di tahun 2014, setelah dirinya mengakui akan hubungan gelap tersebut.

BrasilRogerio CeniSao PauloOn This Day

Berita Terkini