x

Empat Pemain Ini Berpotensi Hijrah ke Manchester United

Sabtu, 22 April 2017 13:27 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Logo Manchester United.

Manchester United dalam bahaya. Klub tersukses dari tanah Inggris tersebut kini berada di posisi 5 klasemen sementara Liga Primer Inggris, terpaut 4 poin dari tetangga berisik mereka, Manchester City, yang akan menjalani laga semifinal mereka di Piala FA pada Minggu besok.

Keluarnya Setan Merah dari zona 4 besar tak lepas dari peran serta para penggawanya, terutama dari sektor lini depan pasukan Jose Mourinho. Pada musim ini, sebelum laga melawan Burnley pada Minggu besok, Paul Pogba dkk hanya mampu mencetak 48 gol dari 31 laga yang telah mereka lakoni.

Jumlah pundi-pundi gol tersebut tak lebih baik dari dua pesaing mereka di bawahnya, Everton dan Arsenal. The Gunners yang bercokol di posisi 6 klasemen mampu mencetak 63 gol, sedangkan Everton (sebelum melawan West Ham) yang berada di posisi 7 setidaknya mampu mencetak 60 gol.

Lukaku (tengah) saat melawan Manchester United.

Keefektifan dua klub tersebut dari Manchester United, tak lepas dari peran serta para penggawa mereka pada sektor lini depan dan gelandang serangnya. Arsenal, walau masih dirundung masalah pada sektor kepelatihannya dengan tagar #WengerOut, setidaknya mampu memaksimalkan Mesut Ozil dan Alexis Sanchez dalam menggetarkan jala lawannya.

Terbukti, keduanya saat ini menjadi yang paling produktif di skuat Arsene Wenger. Ozil kini mencetak 11 gol dan 11 assists, sedangkan Sanchez mampu mencetak 23 gol dan 18 assists untuk The Gunners. Bahkan, si ‘kaki kaca’ Theo Walcott pun mulai menunjukkan keproduktifannya dengan mencetak 19 gol serta 2 assists, hingga artikel ini diturunkan.

Sanchez (kiri) bersama Mesut Ozil.

Berbeda dengan Arsenal, Everton hanya mampu mengandalkan Romelu Lukaku seorang, yang mana pada musim ini telah mencetak 25 gol dan 7 assists. Ross Barkley, Kevin Mirallas, hingga Seamus Coleman hanya mampu memberikan kontribusi masing-masing 4 gol.

Skuat Jose Mourinho pada dasarnya mirip dengan Everton, yang mana hanya mengandalkan satu orang dalam menggetarkan jala di jantung pertahanan lawan. Pembedanya, adalah tingkat kreatifitas dari para gelandang yang menyokong di belakangnya.

Lukaku beruntung, selain dirinya mampu memberikan kreatifitas dengan jumlah 6 assists, ia juga disokong oleh talenta muda Inggris, Barkley, dalam memberikan ruang dan pergerakan untuk dirinya di depan gawang lawan. Gelandang Timnas Inggris itu menjadi pemain The Toffees yang memiliki jumlah assists terbanyak, yaitu 9 kali. Belum lagi kontribusi Mirallas yang kini juga telah mencetak 6 assists.

Sedangkan kubu Man United selama ini hanya mengandalkan Zlatan Ibrahimovic di lini depan. Dengan kontribusi 28 gol dan 10 assists di segala kompetisi pada musim ini, terlihat jelas dirinya menjadi tulang punggung kubu Setan Merah.

Parahnya lagi, pemain asal Swedia itu kini tengah mengalami cedera di pahanya, saat melawan Anderlecht di leg kedua perempatfinal, Jumat (21/04/17) kemarin. Dirinya akan absen bermain sepakbola selama 9 bulan lamanya, yang artinya ia telah menutup musim ini lebih cepat.

Ibrahimovic yang merintis kesakitan saat melawan Anderlecht.

Hanya Ander Herrera dari sektor gelandang yang mampu menunjukkan kualitasnya sejauh ini. Mantan pemain Athletic Bilbao itu telah mencetak 10 assists dan 2 gol, termasuk saat menjadi bintang kala mengalahkan Chelsea di Old Trafford pada Minggu (16/04/17) lalu.

Tentu, Mourinho pastinya berkaca dengan komposisi skuatnya musim ini. Dirinya diyakini akan membeli beberapa pemain baru, terutama untuk sektor lini depan dan gelandang serang, guna produktif dalam mencetak gol di kompetisi musim depan.

Melihat hal ini pula, INDOSPORT merangkum beberapa pemain yang memiliki potensi untuk hijrah ke Old Trafford, dinilai dari beberapa faktor yang ada:


1. Romelu Lukaku

Romelu Lukaku (kiri) dan Paul Pogba.

Ya, Romelu Lukaku santer diberitakan akan keluar dari Goodison Park pada musim depan. Beberapa klub mengincar pemain Timnas Belgia ini, karena trek rekornya yang wahid bersama Everton.

Menjadi yang teratas dalam top skor di Liga Primer Inggris, tentunya akan menarik perhatian Mourinho untuk menggaetnya ke Old Trafford. Ditambah lagi kedekatan sang pemain dengan salah satu penggawa Setan Merah, Paul Pogba.

Hubungan yang dekat antara Pogba dan Lukaku pastinya akan dimanfaatkan dengan baik oleh Mourinho, bila dirinya menginginkan penyerang berusia 23 tahun tersebut mengenakan jersey Man United.

Lukaku menjadi opsi yang tepat untuk menggantikan peran Ibrahimovic yang telah menua. Selain umurnya yang masih muda dan tajam di kotak penalti lawan, Lukaku juga paham betul atmosfer Liga Primer Inggris.


2. Antoine Griezmann

Paul Pogba (kiri) dan Antoine Griezmann.

Bintang Atletico Madrid, Antoine Griezmann, kerap kali dihubung-hubungkan dengan Manchester United. Bahkan, sang pelatih Diego Simeone pun tak mampu menjamin apakah dirinya bisa menjaga Griezmann tetap di Atletico Madrid atau tidak.

“Apakah Griezmann akan pergi musim ini? Bisa saja, karena dia memiliki nilai kontrak dalam perjanjiannya, sehingga tidak ada garansia dia akan selamanya di sini,” ucap Simeone kala itu dikutip AS.

Selain itu, faktor kemungkinan dirinya akan bergabung bersama dengan Manchester United adalah Paul Pogba. Lagi-lagi, gelandang asal Prancis itu memiliki peran penting bila Mourinho ingin mendatangkannya ke Theater of Dreams.

Pasalnya, Pogba dan Griezmann sudah saling kenal satu sama lain di Timnas Prancis. Bahkan, The Sun melansir Griezmann dan Pogba pernah berinteraksi satu sama lain perihal cuaca di kota Manchester.

Griezmann dapat menjadi opsi yang sempurna untuk Mourinho, mengingat pemain Timnas Prancis ini memiliki ketajaman di lini area pertahanan lawan. Kecepatan, penempatan, serta nalurinya dalam mencetak gol sangat dibutuhkan oleh skuat Setan Merah yang selama ini minim kreatifitas di lini depan.


3. James Rodriguez

Gelandang Real Madrid tengah diincar oleh Manchester United.

Dikatakan sebelumnya, Manchester United membutuhkan seorang gelandang serang yang tidak hanya kaya akan kreatifitas, namun juga mampu dalam menciptakan peluang serta mencetak gol.

James Rodriguez mungkin dapat menjadi opsi Mourinho untuk didatangkan ke Old Trafford. Ditambah, Don Balon melansir Rodriguez akan bergabung bersama dengan Manchester United karena adanya faktor pelatih asal Portugal tersebut.

Seringnya menjadi penghangat di bangku cadangan membuat pemain bernomor punggung 10 itu diyakini tidak betah bertahan lama di Bernabeu. Dirinya kalah saing dengan Kroos, Modric, hinga Isco.

Hal itulah yang membuatnya menjadi gusar dan menunjukkan indikasi tidak senang. Bukan tidak mungkin pastinya jika dirinya akan segera hengkang dari Real Madrid pada musim panas mendatang.


4. Mesut Ozil

Selebrasi Mesut Ozil usai membobol gawang West Ham United.

Membutuhkan gelandang kreatif, pastinya membuat Mourinho terpikir untuk mendatangkan gelandang serang sarat pengalaman. Dalam hal ini, Ozil bisa menjadi opsi sebagai tandem Mkhitaryan dan Herrera di lini tengah, bersama Pogba pastinya.

Ditambah lagi, Mourinho dan Ozil memiliki kedekatan satu sama lain saat masih bermain di Santiago Bernabeu. Bahkan, pelatih asal Portugal itu dikenal sudah menyukai gaya permainan Ozil sejak masih bermain di Werder Bremen.

Kedekatan Ozil dan Mourinho pernah ditulis dalam autobiografinya. Pemain Timnas Jerman itu menjelaskan bagaimana dirinya dapat menyukai Mourinho, sebagai seorang pelatih.

“Dia tidak memperlihatkan emosi apapun, ketika mempertanyakan kontribusi umpan saya di atas lapangan. Dia adalah orang yang membuat saya kuat, dan begitulah saya menyukai dirinya,” tulis Ozil dalam autobiografinya, dikutip Mirror.

Sejatinya, pria berusia 28 tahun ini masih memiliki kontrak di Emirates Stadium hingga akhir Juni 2018. Walau begitu, melihat kondisi Arsenal yang tak stabil, ditambah lagi dengan kurang konsistennya anak asuh Wenger pada musim ini, bukan hal yang tidak mungkin bila dirinya ‘membelot’ ke kubu Setan Merah.

Bursa TransferManchester UnitedAntoine GriezmannMesut OzilJose MourinhoZlatan IbrahimovicPaul PogbaJames RodriguezRomelu Lukaku

Berita Terkini