x

Starting Eleven Terbaik Pekan Perdana dan Kedua Liga 1

Rabu, 26 April 2017 06:08 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
Logo Liga 1.

Kompetisi sepakbola kasta tertinggi di Indonesia, Gojek Traveloka Liga 1 akan memasuki pekan ketiga. Seluruh pertandingan pekan kedua telah usai.

PSM Makassar memimpin klasemen sementara Liga 1 dengan raihan empat poin. Tim Juku Eja unggul agresivitas gol dari Persija Jakarta, Semen Padang, Persipura Jayapura, Barito Putera, dan Sriwijaya FC.

Pertandingan pekan perdana yang sudah diselesaikan adalah Persib bermain imbang 0-0 menghadapi Arema FC, Barito Putera 2-1 kontra Mitra Kukar, Madura United FC menang 2-0 atas Bali United FC, PSM Makassar menang 3-1 atas Persela Lamongan.

Lalu ada Persija Jakarta yang meraih kemenangan 2-0 atas Persiba Balikpapan, Borneo FC bermain imbang 2-2 kontra PS TNI, Semen Padang imbang 1-1 menghadapi Sriwijaya FC, Persipura Jayapura imbang 1-1 kontra Persegres Gresik United, dan Bhayangkara FC menang 2-1 atas Perseru Serui.

Pembukaan Liga 1 ikut dimeriahkan dengan tarian adat sunda.

Di pekan kedua, ada delapan pertandingan yang sudah diselesaikan. Di mana Persela menang 2-0 atas Madura United, Gresik United kalah 1-3 dari Semen Padang, Sriwijaya FC menang 1-0 atas Borneo FC, PS TNI imbang 2-2 oleh Persib Bandung, Persija imbang 1-1 kontra Barito Putera.

Lalu Bali United kalah 1-2 Persipura Jayapura, Arema menang 2-0 atas Bhayangkara FC, Mitra Kukar bermain imbang 1-1 kontra PSM Makassar, dan Perseru menang 2-1 atas Persiba.

Ada beberapa pemain yang menonjol dalam seluruh laga pekan perdana dan kedua Liga 1 yang sudah berlangsung. Para pemain terbaik itu masuk ke dalam starting eleven versi INDOSPORT.

Siapa saja mereka? Berikut rangkuman starting eleven terbaik pekan perdana dan kedua Liga 1 versi INDOSPORT.


1. Kiper: Kurnia Meiga Hermansyah

Kurnia Meiga Hermansyah.

Kurnia Meiga Hermansyah menjadi kiper terbaik di pekan perdana dan kedua Liga 1. Pasalnya, kiper Arema FC itu berhasil menjaga keperawanan gawangnya.

Skuat Arema FC.

Belum ada satu pun pemain yang mampu membobol gawang kiper berusia 26 tahun itu di pekan perdana dan kedua Liga 1. Seperti diketahui, tim Singo Edan meraih hasil imbang 0-0 kontra Persib Bandung di pekan perdana. Lalu Arema berhasil memetik kemenangan 2-0 atas Bhayangkara FC di pekan kedua.


2. Pemain Belakang: Syaiful Indra Cahya, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, dan Tony Sucipto

Tony Sucipto.

Para pemain belakang terbaik di pekan perdana dan kedua Liga 1 dihuni oleh Syaiful Indra Cahya (Arema FC), Arthur Cunha (Arema FC), Hamka Hamzah (PSM Makassar), dan Tony Sucipto (Persib Bandung). Keempatnya memiliki nilai rapor yang berbeda-beda.

Posisi bek kanan dihuni oleh Syaiful Indra Cahya, yang sangat konsisten di laga perdana dan kedua Arema FC di Liga 1. Ia mampu mematikan pergerakan Atep saat Arema bermain imbang 0-0 kontra Persib Bandung. Penampilan impresifnya diteruskan kala menggantikan Johan Alfarizi pada menit ke-53, saat Arema menang 2-0 atas Bhayangkara FC.

Arthur Cunha (kiri) dan Esteban Vizcarra.

Posisi bek tengah dihuni duet Arthur Cunha serta Hamka Hamzah. Arthur Cunha menjadi sosok sentral keberhasilan Arema belum pernah kebobolan dalam dua laga awal Liga 1. Sementara itu, Hamka Hamzah juga menunjukkan penampilan terbaiknya usai menciptakan satu assist kala PSM Makassar mengalahkan Persela Lamongan 3-1.

Posisi bek kiri dihuni Tony Sucipto. Memang pada dasarnya Toncip belum membawa Persib meraih kemenangan. Akan tetapi, mantan pemain Sriwijaya FC menjadi salah satu penggawa Maung Bandung yang paling menonjol di dua pertandingan awal Liga 1. Ia sangat konsisten dengan bermain selama 90 menit di pertandingan pertama dan kedua.


3. Pemain Tengah: Michael Essien, Adam Alis Setyano, Vendry Mofu, Erwin Ramdan, dan Marinus Mariyanto

Michael Essien (kiri).

Lini tengah terbaik pekan perdana dan kedua Liga 1 dihuni oleh Michael Essien (Persib Bandung), Adam Alis Setyano (Arema FC), vendry Mofu (Semen Padang), Erwin Ramdani (PS TNI), dan Marinus Mariyanto (Persipura Jayapura). Pemainan kelimanya sangat menawan di pekan perdana dan kedua Liga 1.

Duet gelandang bertahan dihuni oleh Michael Essien dan Adam Alis Setyano. Essien tampil memukau kala Persib bermain imbang 2-2 kontra PS TNI. Ia mencetak satu gol melalui tandukannya dan memegang kendali permainan Persib. Sementara itu, Adam Alis mencetak satu assist untuk gol Dendik Setiawan, kala Arema menang 2-0 atas Bhayangkara FC.

Gelandang serang Semen Padang, Vendry Mofu.

Posisi gelandang serang dihuni Vendry Mofu. Ia mampu bermain apik dengan mencetak dua gol kemenangan Semen Padang 3-1 atas Persegres Gresik United.

Posisi gelandang sayap kanan dihuni oleh Marinus Mariyanto. Pemain berumur 20 tahun tersebut mencetak satu gol kala tim Mutiara Hitam mengalahkan Bali United FC 2-1.

Sementara itu, posisi gelandang sayap kiri ditempati Erwin Ramdani. Ia bermain impresif dan mencetak satu gol kala PS TNI menahan imbang Persib Bandung 2-2.


4. Pemain Depan: Luis Carlos Junior

Luis Carlos Junior saat diperkenalkan oleh Persija Jakarta.

Penyerang terbaik di pekan perdana dan kedau Liga 1 jatuh kepada Luis Carlos Junior. Pemain asal Brasil itu membuktikan kapasitasnya usai dipinjamkan Madura United FC ke Persija Jakarta.

Ia mencetak dua gol dari dua laga bersama Persija. Satu gol dicetaknya melalui tandukan kala Persija kalahkan Persiba Balikpapan 2-0.

Skuat Persija Jakarta saat menghadapi Barito Putera.

Kemudian, Luis Carlos Junior mencetak satu gol indah melalui sepakan tendangan bebas kaki kirinya, saat Persija ditahan imbang Barito Putera 1-1.


5. Pelatih: Aji Santoso

Pelatih Arema FC, AJi Santoso.

Formasi yang digunakan dalam starting eleven terbaik pekan perdana dan kedua Liga 1 versi INDOSPORT adalah 4-2-3-1. Tim tersebut dilatih oleh Aji Santoso.

Aji Santoso menjadi pelatih terbaik pekan perdana dan kedua Liga 1. Pasalnya, pelatih berumur 47 tahun itu menunjukkan kualitasnya.

Ia mengkombinasikan pemain muda dengan senior. Bahkan, Arema dalam dua laga awal rata-rata dihuni pemain muda. Hanya pemain berpengalaman seperti Esteban Vizcarra, Johan Alfarizi, Kurnia Meiga Hermansyah, Arthur Cunha, Jad Noureddine, Syaiful Indra Cahya, dan Cristian Gonzales menjadi andalannya.

Starting Terbaik Liga 1 Pekan 1 dan 2.

Uniknya, meski Arema ditinggalkan beberapa pemain muda seperti Hanif Sjahbandi, Nasir, dan Bagas Adi Nugroho, Aji mampu meramu pemain muda lainnya bermain layak mirip dengan ketiganya.

Contohnya, ada Dendik Setiawan yang mencetak satu gol kemenangan Arema 2-0 atas Bhayangkara FC. Lalu ada Mochammad Junda Irawan, Andrianto, dan Muhammad Rafli  yang juga bermain apik.

Persib BandungPersija JakartaAji SantosoSemen PadangHamka HamzahPSM MakassarMichael EssienVendry MofuTony SuciptoAdam Alis SetyanoSyaiful Indra CahyaArthur Cunha Da RochaLiga IndonesiaLuis Carlos JuniorKurnia Meiga HermansyahArema FCLiga 1

Berita Terkini