x

Valverde Bocorkan Taktiknya di Musim 2017/18

Senin, 12 Juni 2017 21:16 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Ernesto Valverde, Neymar, Lionel Messi dan Luis Suarez.

Sejatinya, bagi setiap pelatih yang baru menangani sebuah klub pastinya engga untuk membeberkan formasi atau taktik apa ia gunakan nanti.

Hal tersebut ditujukan agar para pesaingnya menjadi penasaran dan tidak mempelajari cara bermain sang lawan ketika sedang bertanding.

Namun, berbeda dengan Ernesto Valverde yang secara terang-terangan membeberkan taktik apa yang ia gunakan pada musim depan nanti.

Ernesto Valverde, pelatih anyar Barcelona.

“4-3-3 adalah formasi yang digunakan oleh Barcelona dalam beberapa tahun terakhir. Tapi itu tidak penting, mau pakai formasi 3-4-3 atau 4-2-3-1 sekalipun, itu tidak masalah. Yang terpenting adalah tim ini harus menang dengan gaya khas mereka sendiri,” jelas Valverde kepada Barca TV.

“Dalam beberapa tahun terakhir, Barca meraih kesuksesan karena gaya bermain mereka yang didasari oleh para gelandang mereka yang kreatif. Gaya itulah yang harus saya pelajari, meski saya sudah mengetahuinya.”

Baca Juga:

“Nantinya saya akan mencoba untuk beradaptasi dengan gaya bermain mereka, setelah itu akan digabungan dengan beberapa sentuhan dari tangan saya sendiri,” tambahnya.

Ernesto Valverde mementingkan gaya bermain dari para pemain Barcelona daripada formasi yang akan digunakannya.

Sekadar informasi, Blaugrana memang kerap menggunakan formasi 4-3-3 dalam beberapa tahun terakhir. Namun, menjelang berakhirnya musim 2016/17 kemarin, mantan pelatih mereka, Luis Enrique mengubahnya menjadi 3-4-3.

Sementara Ernesto Valverde saat masih melatih Athletic Bilbao terkenal suka menggunakan formasi era modern masa kini, yakni 4-2-3-1.

BarcelonaLaLiga SpanyolErnesto ValverdeLiga Spanyol

Berita Terkini