x

7 Klub Liga Primer Inggris dengan Sponsor Jersey Termahal

Jumat, 28 Juli 2017 16:56 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Sponsor Liga Champions.

Sebuah olahraga terkenal pada dasarnya akan menggunakan sponsor sebagai salah satu bantuan dana mereka. Begitu pula dengan sepakbola, olahraga kulit bundar yang telah dikenal hampir seluruh masyarakat di dunia.

Baca Juga

Sebuah klub sepakbola pastinya memiliki sponsor untuk menjaga neraca ekonomi klub mereka. Begitu juga sebaliknya, sponsor juga membutuhkan sebuah klub guna memasarkan produk mereka kepada para pendukung klub tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh Deloitte melaporkan, terdapat 20 klub teratas di dunia yang menunjukkan bahwa 43 persen pendapatan yang mereka raih setiap tahunnya berasal dari nilai kontrak mereka bersama sponsor-sponsor yang bersangkutan. Hal ini jelas membuat sponsor menjadi bagian utama dalam keseimbangan dana dalam sebuah klub.

Sponsor sudah menjadi bagian penting dalam sepakbola di seluruh dunia.

Besarnya nama sponsor serta klub yang bersangkutan biasanya berpengaruh akan nilai nominal keuangan yang disepakati. Contohnya seperti perusahaan besar sekaliber Adidas dan Nike, yang berhasil menggandeng Real Madrid dan Barcelona sebagai sponsor utama dalam pembuatan jersey mereka.

Dalam sepakbola, sponsor tidak hanya digunakan untuk proses pembuatan jersey saja. Beberapa nama sponsor yang telah bekerja sama dengan sebuah klub, akan dipampang di beberapa tempat untuk memperkenalkan perusahaan tersebut, seperti di bagian depan jersey tersebut.

Tentunya penempatan nama sponsor akan memiliki harga tersendiri, tergantung kontrak kerja sama antara klub dan perusahaan tersebut. Melihat hal ini, INDOSPORT mencoba merangkum 7 sponsor jersey termahal Liga Primer Inggris untuk musim 2017/18 mendatang.


1. West Ham United (10 Juta Poundsterling)

Chicharito mengenakan jersey West Ham dengan sponsor utama terpampang di depannya, betWay.

Salah satu klub asal London, West Ham United, memiliki kontrak sponsor senilai 10 juta poundsterling (Rp174,2 miliar) per musim dengan sponsor utama jersey-nya, betWay.

Sponsor utama yang berada bagian depan dada The Hammers ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang permainan online, yang juga merupakan usaha perjudian online.


2. Liverpool dan Arsenal (30 Juta Poundsterling)

Liverpool dan Arsenal menjadi mendapat pemasukan 30 juta poundsterling dari sponsor masing-masing.

Dua tim raksasa Liga Primer Inggris, Liverpool dan Arsenal, memiliki kontrak sponsor utama untuk jersey mereka yakni 30 juta poundsterling (Rp522,7 miliar) per musim.

Sekadar informasi, The Reds memiliki sponsor utama di bagian depan jersey mereka dengan sebuah perusahaan bank ternama bernama Standard Chartered. Mereka berdua telah menjalin kerja sama sejak tahun 2010.

Sementara The Gunners memiliki sponsor utama di bagian depan jersey mereka dengan sebuah perusahaan penerbangan ternama dunia, bernama Fly Emirates. Kontrak Arsenal dengan maskapai penerbangan itu akan berjalan hingga 2019 mendatang.


3. Tottenham Hotspur dan Manchester City (35 Juta Poundsterling)

Tottenham dan Man City menjadi mendapat pemasukan 35 juta poundsterling dari sponsor masing-masing.

Dua tim besar Liga Primer Inggris lainnya, Tottenham Hotspur dan Manchester City, menjadi dua klub dengan sponsor jersey tertinggi ketiga di Tanah Inggris, yakni 35 juta poundsterling (Rp609,7 miliar).

Performa impresif Spurs pada musim lalu yang berhasil duduk di posisi dua klasemen akhir Liga Primer Inggris membuat AIA, perusahaan asuransi yang berbasis di Asia ini menaikkan nilai kontrak kerja sama mereka.

Sementara The Citizens menjalin kerja sama dengan salah satu maskapai penerbangan ternama di dunia, Etihad Airways, untuk dipampang pada bagian depan jersey mereka. Etihad juga menjadi bagian dari penyokong dana utama Man City dan digunakan sebagai nama stadion mereka, Etihad Stadium. 


4. Chelsea (40 Juta Poundsterling)

Chelsea menjadi klub kedua di Inggris dengan pendapatan sponsor jersey yang mencapai 40 Juta Poundsterling.

The Blues menjadi klub Liga Primer Inggris kedua yang memiliki nilai kontrak tinggi dengan sponsor utama di jersey mereka, Yokohama Tires, dengan nilai 40 juta poundsterling (Rp696,9 miliar).

Yokohama Tires merupakan perusahaan ban asal Jepang, yang baru saja menjalin kerja sama dengan Chelsea di musim 2015/16. Kerja sama kedua belah pihak diketahui akan berlangsung hingga musim 2020/21 mendatang.


5. Manchester United (47 Juta Poundsterling)

Manchester United menjadi klub teratas di Inggris dengan pendapatan jumlah sponsor terbesar, mencapai 47 juta poundsterling.

Setan Merah menjadi klub teratas di Liga Primer Inggris dalam jumlah harga sponsor utama di jersey mereka, yakni 47 juta poundsterling (Rp818,8 miliar). Klub tersukses di Inggris itu bekerja sama dengan perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Chevrolet.

Besarnya nilai sponsor yang didapat oleh manajemen Setan Merah tak lepas dari besarnya para penggemar Manchester United di seluruh dunia. Keduanya telah menjalin kerja sama sejak musim 2014/15.

Manchester UnitedLiverpoolChelseaArsenalManchester CityWest Ham UnitedLiga Primer InggrisJerseyBola Internasional

Berita Terkini