x

Barcelona 1-3 Madrid: 10 Pemain Los Blancos Berpesta

Senin, 14 Agustus 2017 05:24 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Selebrasi para pemain Real Madrid usai menundukkan Barcelona dengan skor 3-1.

Babak Pertama

Meski tidak ada nama Cristiano Ronaldo dalam susunan starting XI, Real Madrid berhasil mencuri kesempatan untuk menciptakan peluang pertama. Memanfaatkan kesalahan lini belakang Barcelona, Isco berhasil merebut bola dan mengopernya ke arah Mateo Kovacic. Sayang, tendangan Kovacic masih mengarah tepat ke pelukan Ter Stegen.

Di menit ke-10, giliran La Blaugrana yang memberi ancaman nyata ke jantung pertahanan Madrid. Berawal dari situasi serangan balik, Suarez mampu menerima umpan di dalam kotak penalti. Tanpa pikir panjang, eks Liverpool itu melakukan tendangan kiri. Beruntung bagi Madrid, Navas masih bisa mengamankannya.

Memasuki pertengahan babak pertama, tepatnya di menit ke-25, Lionel Messi nyaris saja membuat publik Camp Nou bersorak kegirangan, seandainya saja bola tendangan bebasnya tidak melayang tipis di atas mistar gawang Madrid.

Baca Juga

Hingga memasuki menit ke-30, kedua kesebelasan belum menemukan celah untuk membuka keunggulan. Barcelona sendiri mendominasi penguasaan bola hingga mencapai 60 persen.

Gareth Bale sempat membuat jantung para penggemar Barcelona berdegup kencang di menit ke-37. Menerima umpan tarik ke arah kotak penalti dari Isco, dengan cepat pemain Timnas Wales itu melepaskan sebuah sepakan kaki kiri. Untung saja Ter Stegen masih bisa membaca arah bola dan menepisnya.

Selanjutnnya kedua tim sama-sama melakukan aksi jual beli serangan. Namun, hingga akhir babak pertama tidak ada gol yang tercipta dan kedua tim harus puas bermain imbang 0-0.

Babak Kedua

Lima menit pasca istirahat babak pertama menjadi awal yang buruk bagi Barcelona. Pasalnya, bek andalan mereka Gerard Pique membuat gol bunuh diri yang jelas menguntungkan Madrid.

Marcelo yang bergerak dari sisi kiri mencoba melepaskan umpan mendatar, namun usahanya dimentahkan oleh Pique. Sial bagi Pique, arah bola ternyata melaju kencang ke dalam gawang dan tidak bisa dihentikan Ter Stegen. Madrid sementara unggul 1-0 atas Barcelona.

Delapan menit setelah gol bunuh diri Pique, Zinedine Zidane langsung memberi instruksi untuk melakukan pergantian pemain. Mesin pencetak gol Madrid, Cristiano Ronaldo yang sebelumnya duduk di bangku cadangan masuk menggantikan Karim Benzema.

Masuknya Ronaldo pun menambah daya gedor Los Blancos. Di menit ke-72, mantan penyerang Man United itu sukses membobol gawang Ter Stegen. Namun, sayangnya wasit harus menganulirnya lantaran menilai Ronaldo sudah dalam posisi offside.

Peluang Barcelona untuk menyamakan kedudukan akhirnya datang di menit ke-77 setelah wasit memberi mereka hadiah penalti, setelah menilai Keylor Navas melakukan pelanggaran dengan menjatuhkan Suarez di area terlarang.

Messi pun ditunjuk sebagai eksekutor penalti. Dengan penuh hati-hati, pemain asal Argentina itu mengirimkan bola yang berlawanan dengan arah gerakan Navas. Kedudukan pun menjadi imbang 1-1.

Sayangnya, kedudukan imbang yang susah payah diraih Barcelona tersebut tidak bertahan lama. Pasalnya, tiga menit berselang, Ronaldo sukses membuat Madrid kembali unggul atas La Blaugrana.

Menerima umpan cepat dari Isco, Ronaldo dengan gesit berlari hingga ke dalam kotak penalti Barcelona. Sejurus kemudian, pemain asal Portugal itu melepaskan sepakan kaki kanan yang tidak mampu dijangkau oleh Ter Stegen dan menembus gawangnya. Skor menjadi 2-1, Madrid kembali unggul atas Barcelona.

Namun, dua menit berselang Madrid harus merasakan kemalangan setelah wasit memberi kartu kuning kedua bagi Ronaldo, yang dianggap melakukan diving oleh wasit. Kartu kuning pertama Ronaldo sendiri diterimanya saat melakukan selebrasi dengan membuka baju.

Bermain dengan 10 pemain nyatanya tidak membuat serangan Madrid menjadi melemah. Malahan mereka berhasil menambah keunggulan pada menit ke-90. Pemain Barcelona melakukan kesalahan dan bola berhasil direbut oleh Lucas Vazquez.

Setelah melewati titik tengah lapangan, bola ia oper ke Asensio yang kemudian berlari kencang hingga ke dalam kotak penalti. Dengan terlebih dahulu mengambil ancang-ancang, Asensio melepaskan tendangan keras kaki kiri yang memaksa Ter Stegen kembali memungit bola dari gawangnya.

Skor 3-1 untuk keunggulan Madrid itu pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Atas kemenangan tersebut, Madrid menjadi memiliki modal besar untuk keluar sebagai pemenang Piala Super Spanyol 2017.

Pasalnya, dalam leg kedua yang berlangsung di Santiago Bernabeu pada 17 Agustus 2017 mendatang, mereka hanya butuh hasil imbang atau kalah tipis 0-1 saja untuk bisa merengkuh gelar juara.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen, Jordi Alba,Samuel Umtiti, Gerard Pique, Aleix Vidal, Andres Iniesta, Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Gerard Deulofeu, Luis Suarez, Lionel Messi.
Cadangan: Nelson Semedo, Denis Suarez, Jasper Cillessen, Javier Mascherano, Francisco Alcacer, Lucas Digne, Sergi Roberto.
Pelatih: Ernesto Valverde.

Real Madrid (4-3-3): Keylor Navas, Marcelo, Sergio Ramos, Raphael Varane, Daniel Carvajal, Mateo Kovacic, Casemiro, Toni Kroos, Karim Benzema, Isco, Gareth Bale.
Cadangan: Nacho Fernandez, Cristiano Ronaldo, Francisco Casilla, Theo Hernandez, Lucas Vazquez, Marco Asensio, Daniel Ceballos.
Pelatih: Zinedine Zidane.

Real MadridBarcelonaPiala Super SpanyolReviewLiga Spanyol

Berita Terkini