x

Deretan Fakta Menarik Almere City, Klub Baru Ezra Walian

Rabu, 30 Agustus 2017 12:20 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Irfan Fikri

Penyerang Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22, Ezra Walian akhirnya direkrut klub asal Belanda, Almere City menjelang penutupan bursa transfer musim panas 2017.  Pengumuman tersebut dibeberkan klub Eerste Divisie (Jupiler League), kompetisi kasta kedua Liga Belanda itu melalui akun Twitter dan laman resminya. Penandatanganan kontraknya pun dilakukan di sela-sela kegiatan Ezra bersama timnas Indonesia di SEA Games 2017.

Baca Juga

Pihak Almere melalui sang General Manager, John Bes, menyatakan bahwa Ezra merupakan sosok yang cukup penting. Kehadiran Ezra di skuat diharapkan bisa membantu kariernya semakin meningkat.

"Ezra merupakan striker yang cukup menjanjikan. Menyandang status sebagai seorang 'idola' di Asia, tentu dia memiliki sejumlah pilihan. Namun pilihannya untuk bergabung dengan Almere City sebagai salah satu jalan untuk membantu mengembangkan dirinya lebih jauh," ujar Bes dilansir dari laman resmi klub.

Ezra dikontrak selama dua musim di Almere dan akan kembali ke Belanda pada 31 Agustus 2017 untuk bergabung dengan para pemain Almere. Sebelumnya, Ezra sempat mencoba peruntungan di Inggris. Mantan pemain Jong Ajax itu ikut trial bersama Bolton Wanderers dan West Ham United. Bahkan striker berusia 19 tahuni itu ikut dilibatkan dalam laga uji coba pramusim West Ham.

Almere City pada musim lalu finish di posisi kedelapan klasemen akhir Eerste Divise. Pada musim 2017/18, Almere City sudah menggelar dua pertandingan dan baru mencatat satu poin berkat hasil imbang melawan FC Den Bosch.

Sebelum melihat aksi Ezra bersama Almere City, ada baiknya kita mengetahui beberapa fakta tentang klub yang bermarkas di Yanmar Stadion itu.

Berikut ini INDOSPORT merangkum sejumlah fakta menarik tentang Almere City, klub baru Ezra Walian.


1. Sering Berganti Nama

Logo Almere City.

Almere City terbilang masih cukup muda. Klub yang berbasis di kota Almere ini didirikan pada tahun 2001. Kota Almere memiliki ambisi untuk aktif di kancah sepakbola Belanda.Tak hanya sepakbola, Almere City juga melebarkan sayap pada cabang olahraga lainnya, seperti voli dan basket.

Pada awal berdirinya, klub ini dinamakan FC Omniworld. Pada Maret 2010, FC Omniworld berganti nama menjadi AFC Almere City, namun selang beberapa minggu kemudia AFC Almere City diganti menjadi Almere City karena awalan AFC dianggap terlalu mengingatkan kepada AFC Ajax.


2. Dari Penyerang Tottenham Hotspur Hingga Stefano Lilipaly

Penyerang Tottenham Hotspur, Vincent Janssen.

Meski masih terbilang muda, beberapa pesepakbola top Eropa ternyata sudah pernah memperkuat Almere City. Contohnya, Vincent Janssen yang saat ini memperkuat klub Liga Primer Inggris, Tottenham Hotspur.

Almere City merupakan klub profesional Vincent Janssen. Tercatat selama membela Almere dari tahun 2013 sampai 2015, penyerang Timnas Belanda itu mencetak 32 gol dari 74 penampilan. Peforma impresifnya membuat AZ Alkmaar merekrutnya pada tahun 2015 sebelum akhirnya diboyong Tottenham Hotspur pada tahun 2016.

Ezra pun tak menampik jika ada peran dari Janssen dibalik keputusannya memperkuat Almere. Ezra menilai Almere City sebagai klub yang cocok sebagai batu loncatan untuk berkarir di klub yang lebih besar.

"Melihat sejarahnya, ada striker seperti Vincent Janssen yang pernah membela Almere. Saya ingin mengikuti langkah Janssen. Jika berlatih keras setiap hari, saya bisa mewujudkan impian dalam beberapa tahun ke depan," ujar pemain bernomor punggung 10 di Timnas Indonesia U-22 itu seperti dilansir dari Kompas.

Stefano Lilipaly.

Selain Janssen, Stefano Lilipaly juga pernah berseragam Almere City dalam kurun waktu 2012 sampai 2014. Pemain yang kini berseragam Bali United itu membuat 40 penampilan dan mencetak 4 gol serta 4 assists bersama Black Sheep.


3. Bareng dengan Pemain Keturunan Maluku

Gelandang kiri Almere City, Gaston Salasiwa.

Di Almere, Ezra Walian nantinya memiliki rekan satu tim yang juga keturunan Indonesia, Gaston Salasiwa. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini memiliki darah Maluku, Ambon.

Gaston sempat berkarir di Indonesia bersama Bintang Medan FC di Liga Primer Indonesia (LPI) pada tahun 2011 lalu. Pemain berusia 29 tahun itu sudah memperkuat Almere City dari tahun 2014.

Gaston pernah memperkuat Telstar, klub kasta kedua Liga Belanda. Selain itu, ia juga pernah menimba ilmu di Ajax Amsterdam bersama Irfan Bachdim dan AZ Alkmaar selama tujuh tahun.

Vincent JanssenEzra WalianAlmere City

Berita Terkini