x

Prancis 4-0 Belanda: Lemar Bawa Ayam Jantan Menggila

Jumat, 1 September 2017 03:43 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
Selebrasi Thomas Lemar saat membobol gawang Belanda.

Babak Pertama

Prancis dan Belanda bermain hati-hati di awal babak pertama. Kedua tim mencoba menguasai bola pada laga yang digelar di Stade de France ini.

Namun peluang pertama datang untuk tuan rumah saat babak pertama berusia 10 menit. Namun, upaya Olivier Giroud dari sepakan penjuru masih bisa diantisipasi oleh Jasper Cillessen.

Gawang Belanda akhirnya benar-benar koyak pada menit ke-14 oleh ulah Antoine Griezmann. Bermain umpan pendek dengan Giroud, pemain Atletico Madrid ini meledak untuk membuat Prancis unggul terlebih dulu.

Unggul untuk sementara, tak membuat Prancis mengurangi tensi serangan. Anak asuhan Didier Deschamps ini mencoba menguasai pertandingan dengan sentuhan bola-bola pendek.

Sementara Belanda seperti kehilangan kreativitas serangan dan membuat mereka kepayahan menembus pertahanan tuan rumah. Wesley Sneijder dan Arjen Robben beberapa kali gagal menembus jantung pertahanan Prancis.

Prancis hampir saja menambah keunggulan di menit ke-28. Namun umpan matang dari Coman tak mampu dimanfaatkan oleh Pogba dan Kurzawa.

Dominasi Coman di sisi kanan serangan Prancis kembali menebar teror. Sebuah upaya individunya di meniy ke-31 hampis saja menambah keunggulan tuan rumah, jika tak mampu diantisipasi dengan apik oleh Cillessen.

Aksi Coman kembali berlanjut di menit ke-39, saat dirinya menunjukkan kemampuan teknik yang apik. Sayang tendangan tipuannya masih bisa diantisipasi oleh Cillessen.

Hingga akhir babak pertama tak ada lagi gol yang tercipta. Tuan rumah masih unggul di akhir babak pertama.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Belanda mencoba bermain lebih menyerang. Tertinggal dari tuan rumah, membuat pasukan asuhan Dick Advocaat ini mencoba keluar dari tekanan.

Namun tuan rumah yang bermain lebih dominan justru mendapat peluang lebih dulu di menit ke-54 melalui Paul Pogba. Akan tetapi sepakan Pogba masih bisa dimentahkan oleh Cillessen.

Perjuangan Belanda untuk menyamakan kedudukan semakin berat setelah harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-61. Pelanggaran Kevin Strootman terhadap Griezmann membuatnya diganjar kartu kuning kedua dan harus meninggalkan lapangan.

Baca Juga

Unggul jumlah pemain, Prancis semakin mengusai keadaan dan hampir membuat kedudukan bertambah. Namun tendangan bebas Griezmann mampu diantisipasi dengan baik oleh Cillessen.

Belanda belum mau menyerah dan hampir saja menyamakan kedudukan di menit ke-68. Sayang sundulan Robben yang tak terkawal masih belum menemui sasaran.

Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang Belanda justru kembali kebobolan. Kali ini Thomas Lemar yang berhasil membuat gol di menit ke-73.

Berawal dari sebuah umpan silang dari Sidibe, pemain De Vrij gagal membuang bola dengan sempurna.Pemain AS Monaco ini kemudian mampu membuat sebuah sepakan first time yang tak terjangkau oleh Cillessen. 

Mbappe yang baru masuk di babak kedua pun tak mau ketinggalan beraksi. Namun upaya individunya di menit ke-80 masih bisa dimanfaatkan oleh kiper Belanda.

Jelang pertandingan berakhir, Lemar kembali membuat gol keduanya dalam laga ini. Berawal dari penetrasi Antoine Griezmann yang lolos dari jebakan offside, Lemar mampu memaksimalkan umpannya untuk menjadi gol.

Sesaat kemudian, Belanda mencoba menghentak melalui Arjen Robben. Namun, usaha pemain Bayern Munchen ini masih dimentahkan oleh mistar gawang.

Saat laga sepertinya hanya akan berakhir dengan 3 gol, Mbappe justru menambah gol untuk tuan rumah. Pemain anyar PSG ini sukses menyambar umpan Sidibe dan mengoyak gawang Belanda untuk kali keempat.

Gol ini kemudian menjadi penanda berakhirnya pertandingan. Prancis sukses menghajar Belanda di kandangnya sendiri.

BelandaAntoine GriezmannKualifikasi Piala Dunia 2018Bola InternasionalKylian Mbappe

Berita Terkini