x

4 Fakta Menarik yang Terjadi di Liga Champions Pekan Ini

Senin, 25 September 2017 19:02 WIB
Editor: Yohanes Ishak

Sebanyak 32 tim dari Eropa akan saling hantam pada tengah pekan ini di ajang Liga Champions musim 2017/18.

Mereka telah terbagi menjadi 8 grup yang isinya masing-masing ditempati oleh 4 tim. Jika pada pertengahan bulan September pertandingan pertama dimulai dari Grup A-D terlebih dulu, maka pada akhir bulan September ini giliran Grup E-H akan bermain lebih dulu satu hari lebih cepat.

Tentunya kompetisi ini selalu menarik jutaan mata pencinta sepakbola sejati, karena mereka akan melihat kekuatan tim kesayangan mereka, bermain di ajang paling bergengsi antarklub di benua biru tersebut.

Tiga klub unggulan di kompetisi ini, yakni Real Madrid, Barcelona, dan Bayern Munchen mungkin paling dinanti atau kini bertambah melalui Paris Saint-Germain (PSG), karena adanya sang pemain termahal di dunia, Neymar Jr di dalamnya.

Baca Juga

Namun, bukan berarti klub-klub elite Eropa lainnya tidak dapat diunggulkan. Sebut saja, klub-klub tenar di Inggris, seperti Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, dan Tottenham Hotspur yang pastinya akan meramaikan kompetisi tersebut.

Di tambah kekuatan dari tanah Italia, Juventus, AS Roma, dan Napoli yang pastinya juga siap menjadi momok bagi tim manapun, termasuk Borussia Dortmund dari Bundesliga Jerman yang pastinya tidak dapat dipandang sebelah mata juga.

Nah, sama seperti musim-musim sebelumnya, yaitu pastinya ada beberapa fakta dan hal-hal yang menarik dalam setiap pertandingannya, termasuk pada tengah pekan ini.

Apa sajakah itu? Berikut ini INDOSPORT akan merangkumnya:


1. Big Match

Logo Liga Champions.

Tercatat, pada tengah pekan ini ada tiga pertandingan bertajuk big match atau pertandingan yang mempertemukan dua klub raksasa di kompetisi domestik mereka masing-masing.

Mereka adalah Paris Saint-Germain (PSG) yang akan menyambut Bayern Munchen di Grup B, lalu ada perang Ibu Kota Spanyol dan Inggris, antara tuan rumah Atletico Madrid melawan Chelsea di Grup C, lalu Borussia Dortmund yang siap menjamu Real Madrid di Grup H.

Keenam klub ini memang memiliki banyak pemain bintang, namun pertandingan yang layak paling disebut sebagai perang bintang adalah antara PSG melawan Bayern Munchen.

Hal itu dikarenakan kedua tim ini memiliki skuat pemain berlabel bintang paling banyak, jika dibandingkan dengan dua laga lainnya.

Tentunya, tiga pertandingan besar ini tidak dapat dilewatkan begitu saja. Berikut ini adalah jadwal pertandingan ketiganya:

Borussia Dortmund vs Real Madrid, beIN Sport 2, Rabu (27/09/17), Pukul 01:45 WIB

Atletico Madrid vs Chelsea, beIN Sport 1, Kamis (28/09/17), pukul 01:45 WIB

PSG vs Bayern Munchen, beIN Sport 2, Kamis (28/09/17), pukul 01:45 WIB


2. Pertemuan Para Mantan

Grup Liga Champions 2017/18.

Tidak ada pernyataan selamat tinggal, yang ada adalah pernyataan kita akan bertemu lagi.

Mungkin, kalimat di atas cukup pantas disematkan untuk pertandingan pada tengah pekan ini. Bayangkan, INDOSPORT menemukan 4 nama pemain dan 1 pelatih yang namanya cukup mentereng atau dikenal di dunia sepakbola.

Kelimanya juga akan bertemu dengan mantan klub yang pernah dibelanya. Menariknya lagi, kebanyakan para pemain ini juga hanya bermain dalam waktu yang singkat dengan mantan klubnya tersebut.

Dan mereka juga didatangkan oleh mantan klubnya tersebut, dari klub yang saat ini mereka bela. Artinya, si pemain seakan hanya bolak-balik klub saja dalam waktu beberapa tahun.

Siapa sajakah mereka? Simak rinciannya berikut di artikel berikutnya:


3. Pertemuan Mantan: Thibaut Courtois – Atletico Madrid (1)

Kiper Chelsea, Thibaut Courtois.

Thibaut Courtois didatangkan Chelsea dari Genk pada tahun 2011. Namun, karena saat itu mereka masih memercayakan kiper utama kepada Petr Cech, maka Courtois dipinjamkan ke Atletico Madrid selama tiga tahun.

Tiga tahun di Atletico Madrid benar-benar membuat Courtois mampu berkembang dengan baik, bahkan ia juga turut menyumbangkan gelar La Liga Spanyol di musim 2013/14 lalu. Tidak heran, jika dirinya kini dapat menjadi kiper utama di Chelsea.

Kini, Courtois akan kembali bertemu dengan klub yang mengembangkan bakatnya di dunia sepakbola. Tentu akan menjadi satu hal yang menarik untuk disaksikan melihat dirinya kembali ke klub tersebut.


4. Pertemuan Mantan: Filipe Luis, Fernando Torres – Chelsea (2)

Fernando Torres.

Filipe Luis didatangkan Chelsea pada musim 2014/15 lalu dari Atletico Madrid. Sayangnya, bek kiri asal Brasil ini kalah saing dengan Cesar Azpilicueta, sehingga dirinya pun kembali ke Atletico Madrid di musim berikutnya.

Meski demikian, Luis juga turut berperan dalam memberikan gelar Liga Primer Inggris dan Piala Liga Inggris untuk Chelsea di musim tersebut. Tentunya, Filipe Luis juga masih memiliki kenangan yang tidak dapat dilupakan di klub Ibu Kota Inggris tersebut.

Sama halnya dengan rekan setim Filipe Luis, Fernando Torres. Striker asal Spanyol ini pernah perkuat Chelsea di tahun 2011 hingga pertengahan tahun 2014.

Bersama Chelsea, Torres turut berperan dalam menyumbangkan gelar Liga Champions dan Piala FA di musim 2011/12, serta Liga Europa 2012/13.

Dengan tiga gelar bergengsi tersebut dan pernah menjadi striker utama The Blues, tentunya baik Torres maupun Chelsea memiliki kenangan yang tak dapat dilupakan.

Setelah performanya kian menurun, Torres pun mulai dipinjamkan ke AC Milan di musim 2014/15 hingga akhirnya, ia kembali ke klub masa kecilnya yang ia bela sekarang, Atletico Madrid.


5. Pertemuan Mantan: Carlo Ancelotti – PSG (3)

Carlo Ancelotti, pelatih Bayern Munchen.

Mungkin, ini adalah satu-satunya sosok pelatih yang bertemu dengan mantan tim besutannya. Ya, Ancelotti mungkin hanya sebentar melatih PSG, yakni selama tiga tahun.

Meski demikian, pelatih asal Italia ini juga berandil besar dalam memberikan Ligue 1 Prancis di musim perdananya, yaitu di musim 2012/13.

Setelah itu, ia pindah ke Real Madrid selama tiga tahun dan pada tahun kemarin, dirinya melatih Bayern Munchen.

Artinya, sudah hampir empat tahun, pelatih yang juga pernah melatih Chelsea dan AC Milan ini berpisah dengan PSG. Namun, bukan berarti Ancelotti tentunya akan dilupakan begitu saja oleh para penggemar PSG.


6. Pertemuan Mantan: Radamel Falcao – FC Porto (4)

Radamel Falcao, striker AS Monaco.

Striker dan kapten AS Monaco, Radamel Falcao akan bertemu dengan mantan klub yang melambungkan namanya, FC Porto.

Ya, Falcao pernah membela FC Porto di tahun 2009 hingga 2011 lalu. Bersama Porto, Falcao berandil besar dalam menyumbangkan gelar Primera Liga (2010/11), 2 Piala Portugal (2009/10, 2010/11) dan Piala Super Portugal (2010, 2011), serta 1 gelar Liga Europa (2010/11).

Kala itu, penyerang asal Kolombia ini benar-benar diincar seluruh klub elite Eropa, mulai dari Arsenal, Chelsea, Liverpool, Man United, Barcelona, Real Madrid, AC Milan, Juventus, Inter Milan, dan Bayern Munchen.

Namun siapa yang sangka, jika pada akhirnya di musim 2011/12, Falcao lebih memilih bergabung dengan Atletico Madrid, sebelum akhirnya ia pindah ke AS Monaco di tahun 2013.

Bertemu dengan klub yang pernah membuat namanya diincar oleh klub raksasa Eropa, tentunya memiliki kenangan tersendiri bagi penyerang berusia 31 tahun tersebut.


7. Pertemuan Mantan: Nuri Sahin – Real Madrid (5)

Gelandang Borussia Dortmund, Nuri Sahin.

Nuri Sahin pernah didatangkan Real Madrid pada tahun 2011 lalu dari klub yang ia bela sekarang, Borussia Dortmund.

Sahin sejatinya hanya memperkuat Madrid selama satu musim saja, yakni di musim 2011/12. Sayangnya, ia jarang mendapat kepercayaan tampil di musim tersebut, sehingga akhirnya di musim berikutnya Sahin dipinjamkan ke Liverpool dan dipinjamkan lagi ke Dortmund di musim 2013/14, sebelum akhirnya dipermanenkan di musim 2014/15.

Saat membela Madrid, Sahin memang tidak memiliki peranan apapun, dikarenakan menumpuknya lini tengah Los Blancos kala itu.

Meski demikian, jika dimainkan melawan Madrid, Sahin pastinya akan membuktikan ke mereka, jika klub Ibu Kota Spanyol tersebut telah salah menyia-nyiakan bakatnya.


8. Melawan Pemain Incaran

Pierre-Emerick Aubameyang.

Jika ada melawan mantan, tentu melawan pemain yang diincar juga tak kalah menarik. Ya, memang pastinya sangat banyak jika menyebut klub mana yang melawan pemain incaran mereka.

Namun harus diakui, jika pada jendela transfer musim panas kemarin, ada beberapa klub yang sering dikaitkan dengan satu nama selama jendela transfer tersebut masih dibuka.

Sayangnya, karena mandeknya proses transfer atau tidak adanya kesepakatan antarklub membuat pemain yang diincar tersebut berlabuh ke klub lain atau malah tetap bertahan.

Siapa sajakah mereka? Berikut ini adalah daftar namanya:

Julian Draxler (PSG) yang diminati oleh Bayern Munchen.

Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund) yang diminati oleh Real Madrid.

James Rodriguez (Bayern Munchen, pemain pinjaman dari Real Madrid) yang diminati oleh PSG

Arturo Vidal (Bayern Munchen) yang diminati oleh PSG.


9. Aksi Diego Costa Dukung Atletico Madrid

Diego Costa, striker Chelsea akan kembali ke Atletico Madrid pada bulan Januari 2018.

Sosok yang mungkin paling dinanti pada tengah pekan ini adalah nama Diego Costa. Saat ini, striker asal Brasil berkewarganegaraan Spanyol ini memang masih terdaftar sebagai pemain Chelsea.

Namun, dikarenakan dirinya yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh pelatihnya, Antonio Conte membuat Costa memilih untuk bergabung dengan klub yang melambungkan namanya, Atletico Madrid.

Costa memang tidak akan bermain bagi Atletico Madrid, namun pastinya dia kini akan lebih mendukung Atletico daripada Chelsea.

Tentu akan sangat menarik, jika melihat aksi dari striker berusia 28 tahun tersebut dalam pertandingan nanti. Terlebih, jika pemain Atletico ada yang mencetak gol atau bahkan bisa meraih kemenangan.

Real MadridAtletico MadridChelseaBarcelonaLiga ChampionsBayern MunchenBorussia DortmundFC PortoBola Internasional

Berita Terkini