x

5 Gol Fantastis Peraih Puskas Award

Kamis, 28 September 2017 16:29 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Joko Sedayu
Cristiano Ronaldo, James Rodrguez, dan Faiz Subri

Puskas Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh induk sepakbola dunia atau FIFA untuk pesepakbola seluruh dunia apresiasi di dalam menciptakan gol-gol berkelas. Nama Puskas Award diambil dari nama Ferenc Puskas, legenda pencetak gol terbesar sepanjang masa yang berasal dari Hungaria. 

Ferenc Puskás

Penghargaan Puskas Award sendiri pertama kali diadakan pada tahun 2009 silam atas prakarsa mantan presiden FIFA, Sepp Blatter. Beberapa pesepakbola kenamaan pernah mendapatkan penghargaan tersebut, diantaranya adalah Cristiano Ronaldo, James Rodrigues, dan Neymar Jr. Bahkan pada tahun 2016 lalu, pemain Malaysia, Faiz Subri berhasil mendapatkan penghargaan tahunan tersebut.

Baca Juga

Setidaknya ada tiga kriteria yang masuk nominasi Puskas Award, diantaranya adalah (1) gol tersebut harus indah (gol jarak jauh, hasil dari kerjasama tim, permainan individu, dll), (2) Bisa diberikan tanpa batasan yang artinya pada turnamen apa gol ini tercipta, jenis kelamin, dan kebangsaan sang pencetak gol, (3) gol tersebut tidak tercipa karena faktor keberuntungan, kesalahan atau bola pantulan rekan setim maupun lawan.

Dalam setaip periode, akan ada 10 gol yang masuk nominasi peraih Puskas Award. Masyarakat seluruh dunia pun bisa berpatisipasi dengan memilih gol-gol terbaik itu melalui website FIFA. Menariknya, hingga saat ini belum ada pesepakbola yang berhasil memenangkan dua penghargaan FIFA Puskas Award.

Dimulai dari tahun 2009, sudah ada delapan pemain yang berhasil meraih penghargaan `Goal of the Year` tersebut. Berikut INDOSPORT merangkum 5 gol spektakuler peraih FIFA Puskas Award.


1. James Rodriguez

Gelandang Timnas Kolombia, James Rodriguez.

Gelandang serang asal Kolombia, James Rodriguez berhasil meraih Puskas Award di tahun 2014. Kala itu, James mencetak gol lewat tendangan voli saat membela Kolombia pada babak 16 besar Piala Dunia 2014 menghadapi Uruguay.

Dengan sekali mengontrol, James melepaskan tendangan keras kaki yang tidak bisa dijangkau kiper Uruguay, Fernando Muslera.

Gol dari pemain milik Real Madrid yang tengah dipinjamkan ke Bayern Munchen itu berhasil meraih 42 persen suara mengalahkan Stephanie Roche dan Robin van Persie.


2. Neymar Jr

Neymar.

Bintang Paris Saint-Germain, Neymar da Silva Santos Júnior, mendapatkan Puskas Award pada tahun 2011 mengalahkan Wayne Rooney dan Lionel Messi. Pada saat itu, Neymar masih memperkuat klub Brasil, Santos.

Neymar dinilai mencetak gol dan membawa Santos juara Liga Brasil saat itu. Gol indah itu ia buat saat membela Santos lawan Flamengo pada Juli 2011. 

Pemain termahal di dunia ini melakukan solo run, melewati beberapa pemain dan mencetak gol dengan indah. Gol itu memastikan kemenangan Santos 5-4 dan berkontribusi besar atas sukses Santos menjuarai Liga Brasil.


3. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo Manchester United

FIFA Puskas Award tahun 2009 jatuh kepada Cristiano Ronaldo. Gol Ronaldo saat masih berseragam Manchester United ke gawang FC Porto di leg kedua babak perempatfinal Liga Champions musim 2008/09 terpilih sebagai gol terbaik dan mengantarkannya meraih penghargaan tersebut.

Gol Ronaldo terjadi di markas Porto, Stadio do Dragao. Pemain yang kini membela Real Madrid itu mencetak gol lewat tendangan jarak jauh dan melesak ke pojok gawang. Gol tersebut menjadi penentu kemenangan 1-0 MU atas Porto dan sekaligus mengantar Setan Merah ke babak selanjutnya.

Kapten Timnas Portugal itu menjadi pemain yang pertama menerima FIFA Puskas Award setelah unggul atas gelandang Barcelona, Andreas Iniesta.


4. Faiz Subri

Faiz Subri.

Penyerang asal Malaysia, Faiz Subri,  membuat sebuah sejarah baru. Dia menjadi pemain asal Asia pertama yang berhasil meraih penghargaan Puskas Award dari Badan Sepakbola Dunia (FIFA).

Pemain 29 tahun itu meraih penghargaan FIFA Puskas Award 2016 berkat gol indahnya ke gawang Pahang FA. Faiz Subri mengalahkan nama-nama macam pemain asal Brasil dari klub Corinthians, Marlone, dan pesepakbola wanita asal Venezuela, Daniuska Rodriguez.

Gol yang dicetak Faiz Subri memang sangat luar biasa pada pertandingan Liga Super Malaysia 2016, yang mempertemukan Penang FA kontra tuan rumah Pulau Pinang City Stadium, 16 Februari 2016.

Faiz menciptakan gol melalui sepakan tendangan bebas jarak jauh. Bola hasil sepakan kaki kanannya terlihat berbelok arah dengan tajam ke tiang jauh gawang lawan.


5. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic.

Penyerang haus go Manchester United, Zlatan Ibrahimovic, berhasil meraih penghargaan FIFA Puskas Award 2013. Gol Ibra terpilih sebagai yang terbaik lantaran spektakuler.

Ibrahimovic mengukir gol salto yang fantastis saat Swedia menaklukkan Inggris dengan skor 4-2 pada pertandingan persahabatan, 15 November 2012. Gol itu berawal dari umpan panjang bek Swedia, bola disambut kiper Inggris, Joe Hart yang berinisiatif meninggalkan posnya. Ternyata, bola mengarah tepat ke Ibra dan dia langsung menyambarnya dengan tendangan salto kaki kanannya.

Gol Ibra ini mengalahkan para pesaingnya, yakni Neymar di tempat kedua dan Nemanja Matic di tempat ketiga. 

Cristiano RonaldoNeymarZlatan IbrahimovicJames RodriguezPuskas AwardFaiz Subri

Berita Terkini