x

Deretan Bintang yang Terancam Absen di Piala Dunia 2018

Rabu, 4 Oktober 2017 17:29 WIB
Editor: Nindhitya Nurmalitasari
Pemain bintang yang terancam absen Piala Dunia 2018.

Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Rusia yang berlangsung di seluruh penjuru dunia hampir memasuki tahap akhir. Beberapa negara sudah memastikan tempat mereka tahun depan, di antaranya tuan ruma Rusia, Brasil (CONMEBOL), Meksiko (CONCACAF), Belgia (Zona Eropa), dan beberapa perwakilan Asia seperti Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi.

Namun, ada beberapa negara lainnya yang sedang kesulitan memastikan diri untuk lolos. Padahal mereka dapat dikatakan sebagai penantang kuat. Sebut saja Argentina, Italia, Belanda, dan Chile. Ada yang memiliki peluang cukup besar, namun ada juga yang sangat terancam.

Baca Juga

Bila negara-negara ini gagal berangkat ke negeri Beruang Merah pimpinan Vladimir Putin, maka pencinta sepakbola juga akan batal menyaksikan penampilan deretan bintang ini di Piala Dunia tahun 2018 mendatang. Berikut ini deretan bintang yang terancam absen di Piala Dunia 2018:


1. Pemain Argentina

Skuat Timnas Argentina.

Argentina dalam posisi yang mengkhawatirkan saat ini. Pasalnya, negara ini masih berada di posisi kelima klasemen sementara Zona CONMEBOL dengan 24 poin dari 16 laga. Di bawahnya, masih mengungtit Chile, Paraguay, dan Ekuador.

Untuk lolos ke babak selanjutnya, skuat Jorge Sampaoli harus mampu menggoyahkan posisi Brasil, Uruguay, Kolombia, dan Peru di posisi empat besar. Bila tetap di posisi lima, mereka harus rela berjuang lagi di babak play-off dengan melawan wakil Zona Oseania (OFC).

Tak pelak mereka harus mengoptimalkan peluang di dua laga tersisa, yakni saat melawan Peru pada Jumat (06/10/17) pagi WIB dan Ekuador pada Rabu (11/10/17) pagi WIB. Bila tidak, maka mereka harus merelakan tiket ke Rusia.

Bila hal ini terjadi, maka pencinta sepakbola tak akan bisa menikmati aksi dari para pesebakbola kenamaan asal negeri Maradona ini. Sebut saja megabintang Barcelona Lionel Messi, striker muda Juventus Paulo Dybala, penyerang Chelsea Sergio Aguero, bintang Paris Sain-Germain Angel Di Maria, kapten Atalanta Papu Gomez, atau bomber Inter Milan Mauro Icardi.

Bayangkan saja bila sederet talenta luar biasa ini harus menyaksikan perhelatan empat tahun sekali ini dari kursi penonton ataupun layar kaca. Betapa ruginya!


2. Pemain Chile

Bintang Timnas Chile, Alexis Sanchez.

Posisi Chile saat ini lebih buruk daripada Argentina. Mereka masih bertengger di peringkat keenam klasemen sementara Zona CONMEBOL dengan 23 poin dari 16 laga, tepat di bawah Lionel Messi dkk yang lebih punya harapan untuk masuk play-off.

Hal ini tak lepas dari penampilan buruk mereka di dua laga terakhir kualifikasi Piala Dunia. Pada 1 September 2017 lalu, mereka dibabat Paraguay dengan 3 gol tanpa balas. Sebelum kembali tertunduk malu di kandang Bolivia (05/09/17) satu gol tanpa mampu membalas.

Kini mereka masih memiliki potensi untuk menyerobot posisi empat besar dari Peru atau paling tidak mencuri tiket ke babak play-off dari Argentina yang unggul 1 poin. Namun, di dua laga terakhir mereka harus menghadapi tantangan lumayan besar karena akan menghadapi pemuncak klasemen Brasil (11/10/19) setelah menjamu Ekuador (06/10/17).

Tipisnya peluang Chile ke Piala Dunia 2018 berarti juga mengurangi potensi kita menyaksikan aksi ciamik striker Arsenal Alexis Sanchez, gelandang Bayern Munchen Arturo Vidal, atau penyelamatan kiper Man City Claudio Bravo.


3. Pemain Italia

Kiper Italia, Gianluigi Buffon, meluapkan rasa kesedihannya dengan melambaikan tangan.

Italia sebenarnya masih berpotensi lolos ke fase selanjutnya. Namun, mereka juga dalam posisi yang belum tentu aman lantaran terpaut tiga poin dari pemuncak klasemen Grup G Zona Eropa Spanyol yang besar peluang akan langsung ke Rusia.

Selain itu, Tim Nasional Negeri Matador juga cukup tangguh dan konsisten karena belum pernah kalah sekali pun di laga kualifikasi Piala Dunia 2018. Sementara dua lawan terakhir mereka adalah Albania dan Israel yang notabene berada di bawahnya secara statistik.

Oleh karena itu, Gli Azzurri harus menyapu bersih dua laga terakhir mereka melawan Makedonia (07/10/17) dan Albania (10/10/17) agar bisa masuk ke babak play-off. Namun, perjuangan mereka juga belum berakhir karena masih ada potensi melawan tim tangguh seperti Swedia atau Portugal yang kini runner up di grup masing-masing.

Para pemain Italia melakukan selebrasi ketika mencetak gol ke gawang Liechtenstein.

Bila tak mampu bersaing, maka juara Piala Dunia 2006 ini harus rela absen ke Rusia. Hal ini pun akan menjadi pukulan berat bagi pemain-pemain bintang mereka. Sebut saja Andrea Belloti, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne, Leonardo Bonucci, atau kiper muda masa depan Gianluigi Donnarumma.

Dan jangan lupakan kiper legendaris Gianluigi Buffon yang sudah berencana akan pensiun pasca Piala Dunia tahun depan. Selain itu, penjaga gawang 39 tahun ini juga berpotensi tak bisa mencetak rekor sebagai pemain pertama yang terdaftar di 6 edisi Piala Dunia bila Italia gagal berangkat ke Rusia.


4. Pemain Belanda

Skuat Timnas Belanda.

Peluang Belanda untuk masuk ke Piala Dunia 2018 saat ini dalam kondisi yang amat terancam. Pasalnya mereka kin berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Zona Eropa dengan 13 poin. 

Sementara Prancis dan Swedia unggul di atasnya dengan 17 dan 16 poin. Selain itu, anak asuh Dick Advocaat juga terancam dengan keberadaan Bulgaria yang sewaktu-waktu bisa menyalip posisi Belanda yang hanya unggul satu poin.

Pada dua laga terakhirnya mereka memang akan melawan tim juru kunci Belarusia, Minggu (08/10/17). Namun setelah itu De Oranje harus berjibaku mengatasi runner up grup yang kini sudah unggul 3 poin di atas mereka, Swedia (11/10/17).

Kenny Tete, pemain Olympique Lyonnais berdarah Indonesia, berpotensi kehilangan kesempatan bermain di Piala Dunia Rusia 2018.

Bila kembali menuai hasil negatif, Belanda akan kehilangan kesempatan mempersembahkan panggung terakhir di Piala Dunia bagi pemain kawakan seperti Wesley Sneijder, Robin van Persie, dan Arjen Robben. 

Selain itu, pemain-pemain muda seperti Davy Klassen (Everton), Memphis Depay (Lyon), Georginio Wijnaldum (Liverpool), Nathan Ake (Bournemouth), dan juga pemain berdarah Indonesia Kenny Tete (Lyon) akan kehilangan kesempatan merengkuh pengalaman di kompetisi empat tahunan ini.

BelandaChileItaliaArgentinaPiala DuniaKualifikasi Piala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini