x

Indra Sjafri Beberkan Alasan di Balik Apiknya Performa Timnas U-19

Rabu, 4 Oktober 2017 17:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung

Penampilan Timnas Indonesia U-19 belakangan kerap ditunggu oleh pencinta sepakbola nasional lantaran performa apik yang disuguhkan Egy Maulana Vikri dan rekannya baik saat kejuaraan maupun laga uji coba. Rupanya ada satu alasan mendasar yang membuat penampilan Skuat Garuda Nusantara terlihat trengginas dan mungkin saja jarang diketahui khalayak umum.

Rupanya hal itu ada pada sosok pelatih Indra Sjafri. Pria asal Padang, Sumatera Barat itu mengungkapkan selama dipercaya menangani Timnas U-19, ia tidak pernah diberi tekanan berlebih oleh federasi sehingga dirinya bisa bebas berkreasi untuk menentukan pilihan pemain dan formasi terbaik.

Skuat Timnas Indonesia U-19.

Atas dasar itu pula, Indra Sjafri mengaku mau menerima tantangan untuk kembali menjadi pelatih Skuat Garuda Nusantara setelah sebelumnya mengantarkan Timnas U-19 juara Piala AFF U-19 pada tahun 2013 lalu.

"Saya gak pernah di-preasure untuk menang karena itu saya ambil kontrak jadi pelatih Timnas U-19. Saya punya visi untuk regenerasi sepakbola dan dari scouting yang kita cari, gak pernah federasi nuntut kita untuk selalu menang dan selalu juara," beber Indra Sjafri.

Indra Sjafri juga menyatakan untuk bisa membangun skuat solid maka ia membutuhkan berbagai macam motede agar bisa menyesuaikan formasi yang diinginkan sehingga cocok dengan potensi anak asuhnya. Karenanya laga uji coba memang sangat dibutuhkan untuk membangun karakter tim.

Indra Sjafri tidak mendapat tekanan dari federasi.

"Sebagai pelatih tim usia muda, pemain perlu banyak belajar dengan sistem dan macam-macam taktikal yang mereka perlu terima. Formasi bukan mengikuti keinginan pelatih tapi harus lihat pemain dan untuk Indonesia cocok formasi yang mana itu yang harus kita cari," tutur mantan pelatih Bali United itu.

"Karenanya kita kasih uji coba terus suatu saat nanti kita ketemu dengan cara bermain yang sesungguhnya," sambung Indra Sjafri.

Baca Juga

Sebagai pembentukan karakter bermain dan pematangan tim, Timnas U-19 pada minggu ini akan melakkukan dua laga uji coba yakni lawan Kamboja U-19, Rabu (04/10/17) di Stadion Patriot, Bekasi dan bersua Thailand U-19 pada Minggu (08/10/17) mendatang di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Indra SjafriTimnas u-19Timnas IndonesiaLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini