x

Merasa Dikerjai Wasit Lokal, Persija Dukung Penggunaan Wasit Asing

Sabtu, 7 Oktober 2017 21:32 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Asisten Manajer Persija Jakarta, Ardhi Tjahjoko.

Manajer Persija Jakarta, Ardhi Tjahjoko merasa kecewa akan kepemimpinan wasit Rully Ruslin Tambuntina saat Macan Kemayoran takluk 1-0 dari Sriwijaya FC. Baginya, wasit asal Malang ini banyak mengambil keputusan yang merugikan klubnya tersebut.

Klub kebanggaan ibu kota itu memang harus mengakui keunggulan tuan rumah Sriwijaya dalam pekan ke-28 Gojek Traveloka Liga 1. Anak asuh Teco harus takluk berkat gol semata wayang Alberto Goncalves di menit 77.

Baca Juga

Kekalahan satu gol tanpa balas ini tampaknya membuat Ardhi kesal. Dirinya pun mempertanyakan kualitas yang ditunjukkan oleh wasit Rully di atas lapangan, yang menurutnya tidak layak memimpin laga di Liga 1.

"Kami benar-benar kecewa dengan kepemimpinan wasit. Saya tidak mengerti wasit seperti itu kok disuruh memimpin liga di Indonesia," ucap Ardhi, Sabtu (07/10/17).

Dengan kejadian ini, Ardhi pun lebih senang bila laga dipimpin oleh wasit asing. Baginya wasit lokal dapat menimbulkan provokasi bila mengambil keputusan yang merugikan.

Sriwijaya FC berhasil menekuk Persija Jakarta 1-0 di Stadion Bumi Sriwijaya, Sabtu (07/10/17).

"Saya lebih prefer dengan wasit asing. Satu sisi wasit seperti itu membikin provokator pendukung. Seperti pendukungnya Sriwijaya, pendukungnya Persija juga mereka kan kecewa juga, itulah penyebab provokator dari wasit juga salah satunya," beber Ardhi.

Kini dengan kejadian ini Ardhi mengaku akan melakukan langkah resmi. Dia bersama Persija akan melaporkan kejadian ini kepada pihak yang berwajib.

"Dengan kepemimpinan wasit seperti itu jelas merugikan buat kami. Dan kami sudah langsung buat surat protes resmi karena peraturannya seperti itu," tutup dia.

Kekalahan ini membuat Muhammad Hargianto dkk harus tertahan di posisi keenam klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 46 poin. Sementara Sriwijaya berhasil naik keperingkat 12, dengan raihan 34 poin.

Persija JakartaSriwijaya FCWasitLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini