x

6 Stadion Sepakbola Angker yang Berhantu

Sabtu, 21 Oktober 2017 20:04 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Stadion Berhantu.

Kerap kali sebuah stadion sepakbola dianggap "angker" karena rekor tak terkalahkan sang klub ataupun fanatisme penggemar berat klub tersebut yang mampu membuat tim-tim tamu gentar. Namun rupanya tak sedikit pula stadion yang mendapat label angker secara harfiah.

Pasalnya, banyak masyarakat sekitar yang menyebut sejumlah venue ini dihuni oleh arwah-arwah bergentayangan. Sebabnya pun beragam, dari peristiwa kelam yang terjadi di stadion tersebut hingga tokoh-tokoh yang lekat dengan sejarah tempat ini.

Baca Juga

Masyarakat yang gemar bercakap tentang hal-hal mistis rupanya bukan di Indonesia saja. Bahkan Inggris dengan Liga Primernya, menyimpan kisah-kisah urban berbau horor. Berikut INDOSPORT coba menghimpun sederet stadion sepakbola yang disebut berhantu, dari beberapa lokasi di dunia.  


1. Ghazi Stadium, Afganistan

Stadion Ghazi saat dibuka kembali pada 2011.

Stadion yang terletak di Kota Kabul ini lebih sering dimanfaatkan sebagai lokasi eksekusi mati di hadapan publik ketimbang menghelat pertandingan sepakbola pada masa Taliban berkuasa.

"Dulu ada seseorang yang mencuri sesuatu dari desanya. Mereka memotong tangannya, di sini. Seorang pria dan wanita melakukan zinah. Mereka ditangkap, dibawa ke sini, masing-masing dicambuk 100 kali dan dipaksa menikah. Saya juga melihat orang dipenggal dan ditembak. Wrga Afganistan tak akan melupakan memori buruk ini," tutur seorang jurnalis setempat, dikutip dari Sportskeeda.

Mengutip lebih lanjut, potongan kaki atau tangan dari para pesakitan yang dihukum, kerap digantung di sekitar stadion sebagai peringatan untuk masyarakat. Tak heran apabila masyarakat sekitar percaya stadion ini dihantui oleh para terhukum.

Stadion Ghazi.

"Sekarang tak ada orang yang datang ke sini malam-malam. Bahkan kami tak masuk ke dalamnya. Semua orang percaya tempat ini berhantu, para jiwa dari orang-orang yang telah mati tak beristirahat hingga saat ini," tutur Nabeel Qari, seorang penjaga keamanan Stadion Ghazi, kepada Reuters.

Pada 2011 silam, stadion ini direnovasi sebagai upaya untuk menghapus masa-masa kelamnya. Namun tetap saja, tak ada yang cukup bernyali untuk masuk ke dalam stadion sendirian hingga kini.


2. Stadium of Light, Inggris

Stadium of Light.

Pada April 2005 silam, dua staf stadion milik Sunderland ini mengklaim ada sesosok bentuk berwarna hitam di sebuah koridor. Namun banyak yang menyanggah itu hanya seseorang yang berjalan.

Tak lama kemudian, striker Stephen Elliot mengaku melihat hantu. Ini memunculkan dugaan kuat bahwa stadion berkapasitas 48 ribu penonton ini memang berhantu. Bahkan mitos yang beredar menyebutkan hantu yang bergentayangan di stadion tersebut adalah tokoh bernama Spottee.

Tak hanya itu, suasana mistis langsung terasa usai laga antara tuan rumah Sunderland melawan Everton, Selasa (13/09/16). Penampakan yang diduga seperti hantu terlihat dengan jelas dari rekaman video kamera di lapangan stadion.

Seorang petugas yang tengah membersihkan lapangan tiba-tiba menghilang seketika dari pandangan. Anehnya, orang lain yang masih berada di sekitar lapangan justru terlihat masih beraktivitas.

Rekaman video penampakan tersebut terlihat saat sesi analisis pasca pertandingan yang digelar media Inggris, Sky Sports.


3. Highbury Stadium, Inggris

Stadion Highbury.

Stadion berjuluk The Clock End ini merupakan markas Arsenal hingga tahun 2006. Mitos yang beredar menyebut bahwa arwah manajer Arsenal era 1920-an, Herbert Chapman, menghantui tempat ini.

Chapman meninggal dunia karena pneumonia saat berusia 55 tahun, di tengah-tengah masa kesuksesan Arsenal. Meski ia kerap menderita demam dan tak enak badan, ia nekat menghadiri tiga laga dalam satu minggu pada Januari 1934. Ini menyebabkan kesehatannya makin menurun.

Namun sejak Arsenal tak menempati stadion ini, banyak laporan mengatakan Anda masih bisa mendengar arwah Chapman mondar-mandir di hall stadion malam-malam.


4. Estadio do Dragao, Portugal

Penampakan di Estadio do Dragao.

Sebuah foto yang diduga memuat penampakan muncul dalam laga FC Porto kontra tim tamu Paris Saint-Germain di Liga Champions 2012. Dalam foto tersebut, tampak James Rodriguez tengah selebrasi ke arah penonton usai cetak gol tunggal.

Namun bila diperhatikan, ada sesosok yang bikin merinding tampak di bangku penonton. Sesosok tersebut menyerupai bayangan seorang pria yang mengenakan pakaian dari era pertengahan 1900-an.

Foto ini membuat geger media Portugal dan menyebutnya sebagai "Hantu Dragao", menimbulkan spekulasi bahwa stadion ini berhantu. Namun tak lama setelahnya, muncul foto dari fotografer lain yang menunjukkan bahwa mungkin penampakan tersebut bukanlah hantu, hanya ada seorang pria tua yang duduk di tempat yang sama. 


5. St. Mary's Stadium, Inggris

St. Mary's Stadium, markas Southampton.

Klub Southampton pindah ke stadion ini sejak 2001. Namun The Saints mengalami kesialan beruntun sejak kepindahan tersebut. Mereka mengawali musim dengan buruk, hanya mampu mengumpulkan 10 poin dari 14 laga. Sang pelatih, Stuart Gray, lantas kehilangan pekerjaannya setelah baru mengabdi selama enam bulan.

Kabarnya, rentetan kemalangan tersebut tak lepas dari angkernya stadion yang dibangun di atas tanah pekuburan. Maka para arwah yang makamnya terpaksa dipindahkan ini, menghantui stadion sebagai ajang balas dendam. Saking kuatnya rumor ini, mereka bahkan memanggil jasa dukun pagan untuk mengusir jiwa-jiwa yang tak tenang ini.


6. Home Park, Inggris

Home Park, markas Plymouth Argyle.

Arwah dari eks pesepakbola yang mendiami Home Park dituding para fans sebagai biang buruknya penampilan klub Plymouth Argyle.

Dilansir Mirror, arwah Dominick Blizzard suka melakukan ulah iseng di sekitar fasilitas stadion, seperti menyalakan dan mematikan lampu dan bergentayangan di bilik shower saat stadion sedang ditutup untuk publik.

ArsenalFC PortoHighburyAfganistanBola InternasionalPlymouth Argyle

Berita Terkini