x

5 Scorpion Kick yang Lebih Keren Dari Gol Peraih Puskas Award 2017

Selasa, 24 Oktober 2017 15:25 WIB
Penulis: Abdurrahman Ranala | Editor: Galih Prasetyo
Olivier Giroud menerima Puskas Award 2017.

Ajang penghargaan The Best FIFA Football Awards telah selesai. Dari beberapa kategori penghargaan ada satu kategori yang diberikan kepada pencetak gol terindah dalam setahun. Kategori penghargaan itu diberi nama Puskas Ward. 

Puskas Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh induk sepakbola dunia atau FIFA untuk pesepakbola seluruh dunia untuk apresiasi atas gol-gol berkelas. Nama Puskas Award diambil dari nama Ferenc Puskas, legenda pencetak gol terbesar sepanjang masa yang berasal dari Hungaria.

Tahun 2017 ini Puskas Ward diberikan kepada pemain Arsenal berkebangsaan Perancis Olivier Giroud. Gol kalajengking yang ia ciptakan dalam laga Arsenal kontra Crystal Palace dipilih sebagai yang terbaik oleh para voters.

Baca Juga

Di dunia sepakbola masih banyak gol kalajengking lain yang bahkan lebih indah dari gol Giroud yang memenangi FIFA Puskas Award 2017. 

Berikut ini INDOSPORT telah merangkum 5 gol "scorpion kick" terbaik di dunia.


1. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic dan David Beckham saat masih memperkuat PSG.

Ibrahimovic terkenal sebagai salah satu striker terbaik di dunia. Membela beberapa klub besar dan menjuarai kompetisi bergengsi sudah sering ia rasakan. 

Dan dalam urusan mencetak gol Ibrakadabra menjadi salah satu yang tersubur. Dari sekian banyak gol yang ia ciptakan ke gawang lawan, beberapa diantaranya tercipta dengan cara dan proses yang spektakuler. 

Salah satu yang terbaik adalah gol Scorpion Kick-nya ke gawang SC Bastia pada 2013 silam saat masih berseragam PSG. Pada pekan ke-10 Ligue 1 musim 2013-2014, PSG menjamu SC Bastia. Ibra yang bermain sebagai starting line-up  menunjukkan kelasnya sebagai striker. Menerima umpan dari Hervin Ongenda, Ibra yang berdiri di depan gawang dan diapit dua pemain Bastia, melakukan tendangan spektakuler dengan gaya scorpion. 

Dengan tumit bagian belakangnya Ibra menjaringkan bola ke gawang tanpa bisa dihentikan kiper tim lawan. 


2. Henrikh Mkhitaryan

Henrikh Mkhitaryan, gelandang serang Man United.

Pada laga Boxing Day yang berlangsung (26/12/16) lalu mempertemukan tuan rumah Manchester United melawan tamunya Sunderland. Dalam pertandingan yang dimenangkan MU dengan skor 3-1 tersebut, tercipta sebuah gol spektakuler. Gol tersebut dicetak pemain asal Armenia, Henrikh Mkhitaryan. 

Berawal dari umpan pendek Antonio valencia kepada Zlatan Ibrahimovic. Bola lalu dikirim ke tengah kotak penalti, yang lalu disambut dengan tendangan kalajengking oleh Mkhitaryan. Bola yang meluncur deras tak mampu dihadang kiper Sunderland. 

Uniknya, Ibra juga pernah menciptakan gol serupa. Saat masih membela PSG Ibra juga pernah menciptakan gol tendangan kalajengking ke gawang Bastia. Dan dalam pertandingan melawan Sunderland, Ibra memberikan assist yang membuahkan gol kalajengking Mkhitaryan. Apakah ini sebuah kebetulan? Atau "tuah" Ibra menular ke rekan satu timnnya itu?


3. Matuzalem

Logo Shakhtar Donetsk

Meskipun menjadi pemain yang paling tidak dikenal dalam daftar ini, gol dari Matuzalem tetaplah lebih indah dari gol Puskas Award 2017 milik Olivier Giroud. Gol yang diciptakan Matuzalem ke gawang Sevilla ini merupakan gol yang istimewa. Mengapa? karena proses terciptanya gol ini diawali dengan skema permainan tim yang apik. Kurang lebih ada empat pemain yang terlibat dalam proses penciptaan gol ini. 

Serangan balik cepat yang dilancarkan Shakhtar ke pertahanan Sevilla dimulai dengan operan satu dua dari dua pemain. Dilanjutkan dengan umpan panjang ke bagian kanan pertahanan Sevilla. Dilanjutkan dengan umpan silang ke kotak penalti dan diakhiri dengan tendangan kalajengking oleh Matuzalem. Bola meluncur ke gawang tanpa sempat dihalau oleh penjaga gawang Sevilla.


4. Edinson Cavani

Selebrasi Edinson Cavani usai mencetak gol untuk PSG.

Striker bertinggi badan 188 cm ini juga pernah membuat gol dari tendangan kalajengking. Gol tersebut diciptakan Cavani saat dirinya masih bermain untuk klub Italia Napoli. 

Gol ini sedikit berbeda dengan 4 gol lain dalam daftar ini. Gol kalajengking Cavani diciptakan dengan cara menjatuhkan diri atau diving. Menerima umpan silang dari Marek Hamsik, Cavani menyongsong bola sambil menjatuhkan diri. Dan dengan kaki belakangnya menceploslan bola ke pojok gawang.

Memang gol tersebut sangat istimewa, dan lebih istimewa lagi karena saat itu Napoli berhasil memenangkan pertandingan kontra Juventus.


5. Rafael van der Vaart

van Der Vaart saat membela Ajax.

Satu lagi gol kalajengking indah yang pernah tercipta dalam sebuah pertandingan sepak bola. Gol ini diciptakan Rafael van der Vaart ke gawang Feyenoord saat dirinya masih membela Ajax Amsterdam. 

Dalam pertandingan di Liga Belanda itu, van der vaart dengan bantuan rekan-rekan satu timnya menciptakan gol yang indah. Umpan lambung dari sisi kanan lapangan ke sisi kiri lapangan diteruskan dengan tendangan voli ke arah tengah kotak penalti. Dua umpan tersebut diakhiri dengan tendangan kalajengking van der Vaart menggunakan kaki kirinya. 

Itulah 5 gol terbaik tendangan kalajengking yang sudah dihimpun INDOSPORT.  

FIFAZlatan IbrahimovicRafael van der VaartEdinson CavaniHenrikh MkhitaryanPuskas AwardBola Internasional

Berita Terkini