x

3 Kemenangan Terbesar Persija Jakarta atas Persib Bandung di 3 Era

Jumat, 3 November 2017 13:53 WIB
Penulis: Abdurrahman Ranala | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Persija Jakarta vs Persib Bandung.

Pertandingan klasik antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung hari ini akan dilaksanakan di Stadion Manahan Solo. Laga akan dihelat pada pukul 15.00 Waktu Indonesia Barat.

Baca Juga

Kedua tim terakhir bertemu pada putaran pertama Gojek Traveloka Liga 1 pada bulan Juli 2017 lalu. Di pertandingan itu kedua tim bermain imbang 1-1. Gol Persib dicetak Achmad Jufriyanto dan gol balasan Persija dicetak Ramdani Lestaluhu.

Sebelum laga sore nanti di Manahan, kedua tim sudah sering bertemu dalam berbagai kesempatan di Liga Indonesia. Dari rekor pertemuan sebanyak 37 kali sejak musim 1994/95, Persija sudah mencatatkan 15 kali kemenangan. Sedangkan Persib baru memenangkan 6 pertandingan atas Persija dan 16 kali berakhir dengan imbang. 

Dari 15 kali kemenangan yang diraih Persija atas Persib beberapa di antaranya berhasil dimenangkan dengan skor telak. Berikut ini adalah kemenangan terbesar Persija di 3 era Liga Indonesia yang telah dirangkum INDOSPORT.


1. Era Indonesia Super League (ISL), Persija 3-0 Persib, 30 Oktober 2010

Bambang Pamungkas dan Greg Nwokolo

Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Persija yang saat itu dilatih Rahmad Darmawan tampil dengan kekuatan terbaiknya. Trio penyerang Persija Aliyudin, Bambang Pamungkas dan Greg Nwokolo atau trio ABG diturunkan dalam pertandingan itu.

Bambang Pamungkas

Yang membuat pertandingan ini menjadi salah satu pertandingan paling diingat oleh Jakmania adalah trio ABG Persija masing-masing mencetak gol. Greg membuka keunggulan Persija 1-0 setelah dibabak pertama hanya bermain imbang tanpa gol. 

Setelah Greg Nwokolo membuka keran gol, selanjutny Aliyudin menggandakan keunggulan Persija. Dan sebagai gol penutup adalah gol dari kapten Bambang Pamungkas. Persija pun menang 3-0 atas Persib dihadapan ribuan Jakmania. 

Kemenangan ini menjadi kemenangan terbesar Persija atas Persib saat Liga Indonesia memasuki era ISL. 


2. Era Divisi Utama, Persija 3-0 Persib, 24 Juni 2001

Persib Bandung vs Persija Jakarta.

Skuat Persija yang saat itu dihuni perpaduan pemain-pemain nasional dan pemain asing menjamu Persib di Stadion Lebak Bulus. Di pertemuan sebelumnya dikandang Persib, Persija berhasil menang dengan skor 1-0. 

Berbekal hasil itu Persija bertekad memenangi pertandingan yang digelar dikandang. Anak asuhan Sofyan Hadi tak ingin dipermalukan dihadapan Jakmania yang memenuhi Stadion Lebak Bulus. 

Nuralim, Kapten Persija saat juara tahun 2001

Hasilnya, Persija yang dipimpin kaptern Nuralim mampu mengalahkan Persib dengan skor telak 3-0. Ketiga gol Persija dicetak Budi Sudarsono menit ke-52, Budiman menit ke-54, dan Ebanda Timothy menit ke-77. Kemenangan ini merupakan kemenangan terbesar Persija atas Persib di era Ligina Divisi Utama. 

Selain itu yang membuat kemenangan ini menjadi spesial adalah di tahun yang sama, Persija mampu meraih gelar juara Liga Indonesia.


3. Era Perserikatan, Persija 3-0 Persib, 24 Januari 1978

Logo Persija Jakarta.

Persija era perserikatan memang menjadi macan yang menakutkan bagi lawan-lawannya termasuk Persib Bandung. Persija kala itu memang dihuni legenda-legenda sepakbola Indonesia seperti Iswadi Idris, Anjas Asmara, dan Sutan Harhara.

Sutan Harhara.

Persija yang sebelumnya juara perserikatan tahun 1973 dan 1975 bertekad kembali ingin meraih gelar juara. Dan pada pada 24 Januari tahun 1978 Persija menghadapi Persib Bandung.

Dalam pertandingan tersebut Persija berhasil mengalahkan Persib dengan skor 3-0. ketiga gol Persija dicetak oleh Anjas Asmara menit ke-1 dan ke-47, dan satu gol lagi dibuat Robby Binur di menit ke-60.

Ini merupakan kemenangan terbesar pertama Persija di Liga Indonesia era Perserikatan.

Persib BandungPersija JakartaLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini