x

Sebelum Persib, 3 Bintang Dunia Ini Golnya Tak Dianggap Wasit

Minggu, 5 November 2017 20:39 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
Gol dari Ezechiel N'Douassel ke gawang Persija Jakarta tak disahkan wasit.

Keputusan kontroversial dari Shaun Robert Evans yang tidak mengesahkan gol dari Ezechiel N'Douassel saat laga Persija Jakarta melawan Persib Bandung terus berlanjut. Wasit asal Australia ini disebut menjadi biang keladi hasil laga yang berakhir pada menit ke-84 tersebut.

Selain tidak mensahkan gol penyerang Persib tersebut, Evans juga menganggap Persib tidak mau melanjutkan pertandingan, karena para pemain menepi di bench. Bahkan dengan keputusan tersebut, Evans membuat Persib kini menanti ancaman degradasi karena dianggap melakukan walk-out (WO).

Pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo tertunduk lesu.

Ancaman aksi WO ini sendiri sudah termaktub dalam regulasi yang dirilis oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi dalam pasal 13 ayat B dan C. Pasal tersebut menyatakan bahwa tim yang melakukan WO dianggap mundur dari Liga 1.

Sebenarnya drama yang terjadi di Stadion Manahan, Kota Solo, Jumat (03/11/17) tersebut juga kerap terjadi di pertandingan sepakbola internasional. Bahkan Cristiano Ronaldo sempat merasakan golnya tidak disahkan kala bermain di Liga Champions.

Baca Juga

Bahkan setelah FIFA meluncurkan kebijakan soal video assistant referees (VAR's), drama ini masih tetap terjadi. Selain Ronaldo, sejumlah pemain dunia juga sempat merasakan betapa pahitnya gol mereka tidak dianggap oleh wasit.

Siapa sjakah mereka? berikut hasil rangkuman INDOSPORT:


1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo saat membela Timnas Portugal.

Cristiano Ronaldo juga sempat menjadi korban wasit kala membantu Portugal menang 3-0 atas Azerbaijan di Kualifikasi Piala Dunia 2006. Kejadian ini terjadi pada menit ke-25, saat Ronaldo melakukan sebuah aksi impresif.

Mendapat umpan matang, Ronaldo melakukan satu sentuhan sebelum melakukan tendangan gunting ke gawang Azerbaijan. Bola tersebut memantul ke gawang terlebih dahulu sebelum melewati garis gawang.

Namun, bola pantulan tersebut dianggap belum melewati garis gawang dan tidak dianggap gol oleh wasit yang memimpin laga. Padahal dalam tayangan ulang, upaya Ronaldo ini terlihat sudah melewati garis gawang.

Beruntung, akhirnya Portugal bisa menang dalam laga ini. Ronaldo sendiri mencetak 2 gol lainnya untuk membantu kemenangan negaranya.


2. Sulley Muntari

Sulley Muntari saat membela AC Milan.

Sulley Muntari sempat juga merasakan hal yang sama dengan Ezechiel N'Douassel kala masih membela AC Milan. Bahkan Muntari merasakannya kala melakoni laga yang sarat gengsi melawan Juventus di pentas Serie A Italia.

Kejadian ini berlangsung pada tahun 2012, saat kedua tim berlaga di Stadion San Siro, Milan. Saat itu, Muntari mencetak gol kedua Milan dalam laga tersebut.

Namun, Paolo Tagliavento, wasit yang memimpin laga tidak mensahkan gol pemain asal Ghana tersebut. Tagliavento menganggap gol yang dicetak Muntari tidak sah karena belum melewati garis gawang.

Padahal, dari tayangan ulang jelas terlihat bahwa bola sudah melewati gawang yang dijaga Gianluigi Buffon. Namun, asisten wasit tidak juga memberikan sinyal bahwa terjadi gol dalam kejadian tersebut.

Ironisnya, Milan yang sudah unggul 1-0 melalui gol Antonio Nocerino justru harus kebobolan di menit akhir. Alessandro Matri mampu membuat gol pembalas kedudukan untuk Juventus dan memaksakan hasil seri pada laga tersebut.


3. Frank Lampard

Ekspresi Frank Lampard saat golnya tak disahkan wasit di Piala Dunia 2010.

Frank Lampard juga merasakan betul bagaimana pahitnya mencetak gol yang tidak disahkan. Gol yang tidak disahkan ini juga disebut Lampard mengubah jalannya sejarah dalam sepakbola.

Gol ini terjadi pada pertandingan 16 besar Piala Dunia 2010 antara Jerman melawan Inggris. Saat itu, Inggris tengah dalam kedudukan tertinggal melawan Jerman di babak pertama.

Eks pemain Chelsea ini mencetak gol di menit ke-38 melalui sebuah sepakan keras. Tendangan dari luar kotak penaltinya membentur gawang yang dijaga Manuel Neuer sebelum melewati garis.

Namun, Jorge Larrionda, wasit yang memimpin laga tersebut tak mengesahkan gol dari Lampard. Bahkan Mauricio Espinossa, linesman yang memimpin laga tersebut juga membenarkan keputusan Larrionda.

Apes bagi Inggris yang akhirnya harus jatuh mental pada laga tersebut. Mereka pun menyerah 4-1 dari Jerman dan tersingkir dari Piala Dunia 2010.

Cristiano RonaldoFrank LampardPersib BandungSulley MuntariLiga IndonesiaLiga 1Ezechiel N'Douassel

Berita Terkini