x

Rekor 100 Tahun dan 2 Fakta Buruk Lain Italia Jika Bertemu Swedia

Selasa, 7 November 2017 19:59 WIB
Editor: Galih Prasetyo
Timnas Italia.

Babak play-off Piala Dunia 2018 sudah ditentukan dan salah satu laga besar yang akan tersaji adalah Swedia menghadapi Italia pada Sabtu (11/11/17) dini hari nanti.

Swedia yang berada di posisi kedua Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018, berhasil menyingkirkan tim sekelas Belanda dengan keunggulan poin yang dimiliki. Sementara Italia, berhasil mengakhiri babak I sebagai runner-up Grup G dibawah Spanyol. 

Baca Juga

Lolos sebagai tim tuan rumah, Rusia sudah bergabung bersama Perancis, Portugal, Jerman, Serbia, Polandia, Inggris, Spanyol, Belgia dan Islandia untuk negara-negara Eropa yang sudah pasti bermain di PD 2018. Dari laga play-off ini, akan ada empat tim tambahan dari benua Eropa, dengan lima spot tersisa yang akan ditentukan pada tanggal 10-15 November. Ada tiga tim dari benua Afrika yang belum dipastikan dan dua sisanya akan diambil dari laga play-off antara Honduras, Australia, Selandia Baru dan Peru.

Swedia dan Italia yang dipertemukan melalui undian pada pertengahan bulan lalu, menjadi satu-satunya laga besar dalam laga play-off Piala Dunia 2018. Italia memiliki sejumlah fakta buruk kala menghadapi Swedia di laga internasional manapun, baik itu sebagai tim tuan rumah maupun tim tamu.

Penulis: Matheus Elmerio


1. Rekor 100 Tahun

Gelandang tim nasional Swedia, Albin Ekda

Azzurri yang menjadi salah satu kekuatan sepak bola Eropa, baru mencatat satu kemenangan di tanah Swedia. Itu pun terjadi sudah lebih dari 100 tahun yang lalu.

Italia mampu menaklukkan Swedia dengan status tim tamu dengan skor tipis 0-1 pada tanggal 1 Juli 1912. Satu-satunya kemenangan itu didapat di kompetisi Olimpiade Sepak Bola 1912 yang dimainkan di Stockholm.

Italia berhasil mencetak gol tunggal mereka pada menit ke-15 lewat sepakan keras Franco Bontadini. Selain kemenangan ini, Italia belum pernah menang menghadapi Swedia sebagai tim tamu. 


2. Bukan Tempat Yang Bersahabat Untuk Italia

Pemain Swedia merayakan gol.

Hanya sekali menang di Swedia membuktikan bahwa negara dengan sebutan Viking itu memang tidak bersahabat dengan Italia. Buktinya satu-satunya kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia, terjadi pada Piala Dunia edisi 1958 saat Swedia menjadi tuan rumah.

Bergabung bersama Irlandia Utara dan Portugal di Grup 8 Kualifikasi Piala Dunia 1958, Italia harus puas dengan berada di posisi kedua klasemen akhir. Mereka hanya selisih satu poin dari Irlandia Utara yang lolos ke putaran final Piala Dunia 1958.


3. Kemenangan Tipis di 10 Tahun Terakhir

Timnas Italia.

Nampaknya Swedia memang menjadi masalah besar bagi Italia, khususnya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Malah, terakhir kali Italia menang dengan selisih dua gol kontra Swedia, terjadi pada tahun 1973 silam. Sejak kemenangan 2-0 itu, Italia selalu kesulitan mencetak banyak gol ke gawang Swedia.

Sejak tahun 2000, Italia dan Swedia memiliki lima pertemuan di berbagai kompetisi. Dari lima pertemuan tersebut, Italia mampu mencatat 4 kemenangan dan sekali imbang. Namun dari 3 dari 4 kemenangan tersebut hanya berakhir dengan skor 1-0 untuk Italia.

ItaliaSwediaPiala Dunia 2018Kualifikasi Piala Dunia 2018

Berita Terkini