☰
x

3 Pemain Bintang Dunia Absen di Laga Pamungkas Liga 1

Kamis, 9 November 2017 15:42 WIB
Editor: Lanjar Wiratri

Ajang Gojek Traveloka Liga 1 kini tinggal menyisakan satu pertandingan lagi yang akan menjadi penutup musim ini. Gelar juara sudah mendekati kubu Bhayangkara FC usai memastikan kemenangan 3-1 atas Madura United yang mengukuhkan mereka di puncak klasemen.

Secara hitung-hitungan, Bhayangkara FC saat ini seharusnya menyandang status sebagai jawara Gojek Traveloka Liga 1 musim ini. Pasca mengalahkan Madura United dengan skor 3-1 pada laga malam tadi, The Guardian bercokol di posisi pertama dengan raihan 68 poin, dari 33 laga yang telah dilakoni.

Baca Juga

The Guardian unggul tiga poin dari Bali United yang berada di peringkat kedua, dengan raihan 65 poin. Walau di laga terakhir Bhayangkara menelan kekalahan dan Bali United menang, The Guardian dianggap keluar sebagai jawara lantaran unggul secara head to head dengan Serdadu Tridatu.

Michael Essien (Persib Bandung) mendapat kawalan ketat dari pemain Arema FC.

Sebelumnya, Bhayangkara FC memang dipastikan meraih kemenangan secara walk out (wo) atas Mitra Kukar yang terbukti bersalah karena memainkan Mohammed Sissoko yang dihukum Komisi Disiplin (Komdis PSSI).

Di luar drama Bhayangkara FC yang selangkah lagi ditasbihkan sebagai juara Liga 1 musim ini, tak ada salahnya menantikan laga-laga pamungkas klub di akhir kompetisi. Namun sayangnya, beberapa klub justru tidak beruntung karena harus kehilangan sang pemain bintang dunia.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga marquee player klub papan atas yang absen di laga pamungkas Liga 1.


1. Mohamed Sissoko

Mohamed Sissoko kerap mematahkan serangan Persija Jakarta di lini tengah.

Salah satu kasus yang membawa polemik di akhir musim Liga 1 ialah soal sanksi yang dijatuhkan untuk marquee player, Mitra Kukar, Mohamed Sissoko. Eks penggawa Liverpool itu diketahui mendapatkan kartu merah saat Naga Mekes, julukan Mitra Kukar, menghadapi Borneo FC di pekan ke-31 Liga 1, Senin (23/10/2017), silam.

Gelandang asal Mali itu dihadiahi kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras pada pemain Borneo. Sissoko diketahui menendang pemain Borneo FC, Firdaus Ramadhan, saat timnya bertandang ke markas Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kalimantan Timur.

Hukuman Sissoko inilah yang menjadi dasar protes Bhayangkara FC saat mereka ditahan imbang Naga Mekes, 0-0. Sissoko seharusnya tak boleh bermain melawan The Guardian, julukan Bhayangkara FC, namun Mitra Kukar dianggap melanggar aturan dan tetap memainkannya.

Protes Bhayangkara diterima Komisi Disiplin (Komdis) PSSI yang akhirnya memutuskan kemenangan pasukan Simon McMenemy atas Mitra Kukar 3-0. Sissoko pun dipastikan tak akan bermain di laga terakhir Mitra Kukar di Liga 1 melawan Persiba Balikpapan, Sabtu (11/11/2017).

Sissoko juga kemungkinan besar tak akan kembali lagi ke Indonesia untuk memperkuat Mitra Kukar karena tak ada pembicaraan perpanjangan kontrak. Masa bakti gelandang yang juga pernah bermain untuk Juventus itu akan berakhir akhir musim ini.


2. Michael Essien

Aksi Michael Essien saat mencoba menjadi supir bus.

Essien juga tak akan bisa memperkuat Persib Bandung di laga terakhir Liga 1 musim ini melawan Perseru Serui, pada Minggu (12/11/17). Eks bintang Chelsea itu tak bias turun di pertandingan terakhir Maung Bandung karena akumulasi kartu yang diterimanya di pertandingan menghadapi Borneo FC Rabu (8/11/2017), kemarin.

Tak hanya Essien, Persib juga akan menjalani laga terakhir mereka tanpa sang penyerang andalan, Ezechiel N Douassel yang di penghujung babak pertama saat Persib kontra Borneo. Tanpa kehadiran para pemain bintangnya, Tim Pangeran Biru pun akan bertarung di pertandingan akhir Liga 1 dengan amunisi yang tersisa.

"Kami hanya memaksimalkan pemain yang ada, pemain yang bisa main, Ezechiel tidak cukup sembuh barangkali menjelang pertandingan lawan Serui," ujar pelatih Persib, Emral Abus.

"Kami harus optimistis dengan pemain yang ada, apalagi kami bermain di kandang sendiri," tambahnya.

Di penghujung musim, Persib yang hanya mampu finis di peringkat 12 klasemen memang dirundung banyak cobaan. Nasib mereka yang terancam terdegradasi setelah walk out di laga melawan Persija, ditambah lagi deretan pemain yang absen karena cedera.

Sebelumnya Persib telah kehilangan Sergio van Dijk dan Tantan. Lalu dalam seminggu terakhir, Maung Bandung harus kehilangan tiga pemain sekaligus, yakni Kim Jeffery Kurniawan, Hariono dan Ndouassel yang cedera.


3. Peter Odemwingie

Marquee player Madura United, Peter Odemwingie.

Odemwingie yang baru kembali memperkuat Madura United (MU) usai cedera juga dipastikan tak akan memperkuat timnya di laga terakhir Liga 1. MU akan bentrok di pertandingan terakhir musim ini melawan PSM Makassar pada Minggu (12/10/17).

Mantan penyerang Wes Bromwich Albion itu menerima kartu merah setelah melakukan tekel keras pada pemain Bhayangkara FC, Indra Kahfi. Marquee player MU itu melakukan tekel balasan pada Indra Kahfi setelah sebelumnya ia juga dijegal dengan keras.

Aksi saling tekel itu nyatanya merugikan Odemwingie yang justru langsung dihadiahi kartu merah oleh wasit asal Iran yang memimpin laga, Seyed Vahid. Sementara Indra Kahfi yang melakukan tekel keras pertama kali pada Odemwingie justru hanya mendapat kartu kuning.

Mitra KukarMichael EssienMohamed SissokoMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1Peter Odemwingie

Berita Terkini