x

Inilah Gol yang Menggagalkan Buffon Tampil di Piala Dunia 2018

Selasa, 14 November 2017 11:26 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Joko Sedayu
Gianluigi Buffon meluapkan emosinya pasca kegagalan Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2018.

Swedia sukses memastikan diri untuk lolos ke Piala Dunia 2018, usai meraih hasil imbang 0-0 kontra Italia di leg kedua play-off Piala Dunia pada Selasa (14/11/17), di Stadion San Siro.

Sebelumnya, pada leg pertama Italia sudah dulu takluk dari The Yellow Viking melalui gol yang dicetak oleh Jakob Johansson pada menit ke-61.

Hanya unggul defisit satu gol, Swedia masih jauh dari kata aman. Tak disangka, saat tandang ke Italia, mereka berhasil menjaga keperawanan gawangnya, sehingga membuat mereka lolos ke Rusia tahun depan karena unggul agregat gol.

Selain menyingkirkan Italia, gol Johansson juga sukses mengubur hasrat Gianluigi Buffon untuk tampil terakhir kalinya di ajang empat tahunan tersebut, sebelum memutuskan gantung sepatu akhir musim ini. Usai laga, Buffon nampak kecewa dan sempat menahan air mata atas kegagalan ini.

Baca Juga

"Saya tidak menyesal untuk diri sendri tapi (saya menyesal) untuk seluruh sepakbola Italia. Kami gagal untuk menyelesaikannya," ujar Buffon, mengutip dari BBC.

"Pasti ada masa depan untuk sepakbola Italia karena kami memiliki kebanggaan, kemampuan, tekad, dan setelah terjatuh, kami selalu menemukan cara untuk bangkit kembali," tambahnya.

Gagalnya Italia berpartisipasi di ajang sepakbola terakbar itu, merupakan pertama kalinya sejak 1958 atau dalam 60 tahun terakhir.

Selain itu, Gli Azzuri menjadi satu-satunya juara dunia yang absen di Rusia tahun depan. Juara dunia empat kali itu gagal mengikuti jejak Brasil, Jerman, Uruguay, Argentina, Inggris, Perancis, dan Spanyol.

ItaliaPiala DuniaGianluigi BuffonPiala Dunia 2018Kualifikasi Piala Dunia 2018Bola InternasionalJakob Johansson

Berita Terkini