x

Aksi Fenomenal Bobotoh Sepanjang Liga 1 2017

Rabu, 15 November 2017 19:10 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Galih Prasetyo
Dukungan total Viking Persib Club.

Bobotoh merupakan salah satu fanbase terbesar di persepakbolaan Indonesia. Bagaimana tidak, para Bobotoh hamper tak pernah absen mengawal Persib Bandung di Liga 1 2017.

Maka tak heran jika pendukung Persib Bandung tersebut memberikan aksi-aksi menarik selama gelaran Liga 1 2017. paslanya, mereka selalu memberikan kreativitas-kreativitas yang tak terduga.

Baca Juga

Tak jarang para pemain Persib dibuat bangga berkat aksi-aksi yang mereka lakukan, baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan.  Bahkan, klub pun bangga memilki suporter seperti Bobotoh.

Kali ini INDOSPORT akan merangkum beberapa aksi fenomenal yang dilakukan Bobotoh di sepanjang gelaran Liga 1 2017. 


1. Koreografi Dukungan 'Save Rohingya'

Bobotoh Save Rohingya.

Beberapa waktu lalu, Bobotoh memberikan aksi dukungan kepada rakyat Rohingya melalui koreografi yang diperlihatkan di pertandingan Liga 1. Aksi itu dilakukan saat menemani Persib melakoni laga kontra Semen Padang, Sabtu (9/9/17).

Aksi tersebut memang sengaja dilakukan atas dasar kemanusiaan. Mereka ingin memberikan dukungan kepada rakyat Rohingya yang mengalami krisis.

Bahkan, aksi ini sempat menyita perhatian Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. Dirinya menyatakan salut kepada para bobotoh yang memberikan solidaritas kepada Rohingya.

Namun hal itu malah berdampak buruk bagi kubu Persib. Pasalnya, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI memberikan denda sebesar Rp 50 juta. Dalam kasus ini pun Persib mengajukan banding atas keputusan tersebut.


2. Koin untuk PSSI

Viking Serahkan Koin Untuk PSSI ke Persib.

Aksi pengumpulan koin ini merupakan lanjutan dari kasus koreografi 'Save Rohingya' pada September lalu. Para Bobotoh pun mengumpulkan koin untuk membayar denda yang diberikan Komdis sebesar Rp 50 juta.

Hal ini pun mendapat antusias banyak dari Viking. Bahkan, koin yang dikumpulkan, jumlahnya lebih dari denda yang diberikan PSSI.

Total dana yang terkumpul saat itu menembus Rp 153 juta. Jumlah tersebut tak hanya dari koin semata, namun juga berasal dari Rumah Zakat.

Artinya, koin tersebut masih tersisa kurang lebih Rp 100 juta. Pihak Persib pun memutuskan untuk memberikan uang yang terissa untuk warga Rohingya.


3. Demo di Depan Kantor Persib

Viking lakukan demo.

Bobotoh juga sempat melakukan aksi unjuk rasa di halaman kantor PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) di Jalan Sulanjana 17 Oktober lalu. Hal itu dilakukan terkait buruknya penampilan Persib di Liga 1 2017.

Viking juga memberikan tuntutan kepada semua pihak klub untuk menjaga nama baik dan nama besar Persib di persepakbolaan Tanah Air. Tuntutan tersebut dilakukan merujuk pada sejumlah sikap manajemen klub yang kerap menyalahkan aturan.

Salah satu buktinya adalah, hadirnya para petinggi klub di bench pemain. Hal ini dianggap tak wajar. Bahkan salah satu perwakilan Boboth sempat mengatakan kalau para petinggi seharusnya duduk di tempat yang selayaknya.

Para Bobotoh juga menuntut tentang ketidakjelasan sosok pelatih tim berjuluk Maung Bandung tersebut. Hal ini tentu membuat Viking menjadi bahan sindiran dari berbagai pihak.


4. Kebiasaan Viking Clap Seusai Laga

Suporter Persib Bandung.

Aksi tak kalah menarik dari para Bobotoh adalah melakukan Viking Clap setelah pertandingan selesai. Hal itu dilakukan dengan cara menepuk tangan di atas kepala, sambil berteriak.

Viking clap memang sudah dilakukan Bobotoh saat Persib mengikuti turnamen Piala Presiden. Hingga kini, para Viking pun menjaga kebiasaannya saat menemani tim kesayangannya bertanding.

 Viking Clap sendiri ini pun terinspirasi dari mantan klub Essien, Panathinaikos FC. Bahkan, yang terbaru, Timnas Islandia juga sempat melakukan hal yang sama di Piala Eropa 2016 lalu.

Persib BandungVikingBobotohViking Persib Club (VPC)Liga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini