x

Brasil vs Spanyol, Ini Deretan Grup Neraka yang Bisa Terjadi di Piala Dunia 2018

Jumat, 17 November 2017 17:17 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Joko Sedayu
Ada kemungkinan beberapa tim besar akan berada dalam satu grup di Piala Dunia 2018, yang sering disebut dengan istilah grup neraka.

Babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 telah rampung digelar. Peru menjadi negara terakhir yang memastikan diri lolos ke putaran final yang akan berlangsung ke Rusia tahun depan. FIFA pun langsung merilis pembagian negara-negara unggulan dan non unggulan, yang terdiri dari 32 negara dan dibagi menjadi 4 Pot.

Beberapa nama unggulan seperti Argentina, Brasil, Jerman, Prancis, dan Spanyol akan kembali turun berlaga untuk memperebutkan trofi paling bergengsi di level antarnegara tersebut. Sejumlah tim layaknya Islandia dan Panama, juga mendapat kesempatan untuk mencicipi turnamen Piala Dunia untuk pertama kali dalam sejarah.

Baca Juga

Seperti diketahui, Pot 1 diisi oleh tuan rumah Rusia dan 7 negara yang berperingkat tinggi di ranking FIFA. Tercatat ada Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia, dan Prancis.

Sementara Pot 2, diisi 8 negara yang berada di bawah kontestan Pot 1. Ya, sebut saja Spanyol, Swiss, Inggris, Kolombia, Meksiko, Uruguay, Kroasia, dan Peru.

Adapun Pot 3 yang akan diisi oleh beberapa tim kuda hitam, termasuk Swedia yang membuat Belanda dan Italia tersingkir. Selain Swedia, di Pot 3 juga ada Denmark, Islandia, Kosta Rika, Tunisia, Mesir, Senegal, dan Iran.

Terakhir ada Pot 4. Pada Pot ini dianggap sebagai tim paling lemah, namun mereka tetap tak boleh dipandang sebelah mata karena diisi oleh tim seperti Serbia, Nigeria, Australia, Jepang, Maroko, Jepang, Panama, Korea Selatan, dan Arab Saudi.

Jerman selaku juara bertahan bisa bertemu dengan Spanyol, Inggris, atau Uruguay.

Melihat susunan tim pada pembagian Pot tersebut, maka terbuka peluang besar akan terjadinya grup neraka pada Piala Dunia 2018. Dalam peraturan FIFA, dalam satu grup tidak boleh terdapat tim yang sama dari satu konfederasi, terkecuali UEFA.

Menanggapi hal tersebut, INDOSPORT coba memprediksi deretan grup yang akan mendapat predikat sebagai grup neraka pada Piala Dunia 2018 mendatang di Rusia.


1. Grup I: Brasil, Spanyol, Senegal, Serbia

Timnas Brasil.

Grup pertama yang diprediksi INDOSPORT akan bisa menciptakan predikat grup neraka untuk pengundian penyisihan grup Piala Dunia 2018 ini ialah berisikan tim negara Brasil, Spanyol, Senegal dan juga Serbia.

Kehebatan dan keperkasaan para pemain dari Timnas Brasil tentunya tidak perlu diragukan lagi. Terbukti dari catatan perolehan gelar juara Piala Dunia sejak 1958 silam, yang mana hingga kini sudah merengkum lima gelar.

Hal itu menjadi pembuktian bahwa dari masa ke masa, tim berjuluk Canarinho itu selalu dihuni oleh pemain bintang. Seperti saat ini, Brasil diperkuat pemain andalan dari berbagai tim elite, seperti Neymar, Philippe Coutinho, Gabriel Jesus, dan lainnya.

Sementara untuk kekuatan dari tim Spanyol juga tidak perlu dipertanyakan. Dihuni para pemain andalan dunia, seperti David De Gea, David Silva, Alvaro Morata, Andres Iniesta, dan lainnya membuat mereka menjadi tim yang ditakuti banyak lawannya.

Terlihat pada saat melakoni babak kualifikasi di Zona Eropa, mereka merajai klasemen akhir Grup G dengan merebut sembilan kemenangan, satu hasil imbang, dan tidak mengalami kekalahan satu pun.

Sama seperti Spanyol, Senegal juga mampu menebar ancaman sejak babak kualifikasi dengan tidak mengalami kekalahan sekali pun. Mereka berhasil mengamankan satu tiket untuk tampil di Rusia usai menjadi pemuncak klasemen akhir Grup D Zona Afrika.

Meskipun baru pernah sekali tampil di kompetisi elite dunia itu, pada 2002 lalu, mereka bisa menjadi tim perkasa lainnya di Rusia nanti.

Ada pun Serbia yang juga dihuni pemain andal, seperti Nemanja Matic, Aleksandar Kolarov, dan lainnya, yang membuat tim Serbia menjadi lebih kuat dan ditakuti.


2. Grup II: Argentina, Inggris, Islandia, Korea Selatan

Timnas Argentina.

Keperkasaan Timnas Argentina tentunya sudah diketahui secara umum. Memang, pada babak kualifikasi kemarin, mereka sempat terancam tidak bisa tampil di Piala Dunia 2018. Meskipun catatannya kurang baik, La Albiceleste pastinya akan tetap memperlihatkan penampilan agresif di Rusia nanti.

Ada pun penampilan yang tak terduga lainnya, yang bisa ditampilkan para pemain andal mereka, seperti Lionel Messi, Paulo Dybala, Angel Di Maria, dan sebagainya, yang membuat Argentina menjadi tim yang selalu ditakuti.

Sementara untuk Inggris, kehebatannya sudah diperlihatkan sejak babak kualifikasi. Mereka mampu menjadi tim perkasa di Grup F Zona Eropa dengan tidak mengalami kekalahan satu pun. Dari 10 laga, delapan laga berhasil diakhiri dengan kemenangan.

Performa dan kerja sama apik dari para pemain bintang, seperti Marcus Rashford, Jesse Lingard, Ashley Young, dan lainnya, mampu menambah kekuatan bagi tim berjuluk The Three Lions.

Tim dari Islandia juga bisa dikatakan menjadi tim perkasa lainnya. Meskipun Piala Dunia 2018 menjadi kali pertama bagi mereka untuk unjuk gigi, catatan apik yang ditorehkan di babak kualifikasi menjadi pembuktian kebolehan para pemain Islandia.
Ada pun kerja sama dan skill apik lainnya dari para pemain Korea Selatan, yang juga membuat tim asal Negeri Ginseng itu bisa memperlihatkan performa yang luar biasa.


3. Grup III: Prancis, Kolombia, Denmark, Maroko

Timnas Prancis.

Persaingan tim Prancis, Kolombia, Denmark, dan Maroko ini juga bisa memunculkan status sebagai grup neraka. Sebab, keempat tim ini tidak perlu dipertanyakan lagi mengenai kehebatan yang dimiliki para pemain.

Kerja sama Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Anthony Martial, dan pemain lainnya menjadi faktor utama kehebatan tim Prancis. Ada pun tim perkasa Denmark, salah satu tim yang wajib diwaspadai oleh lawan-lawannya.

Kerja sama apik dari para pemain bintang dan juga pemain mudanya menjadi penambah kehebatan dari Denmark. Sementara tim Kolombia, meskipun catatannya di Piala Dunia tidak sebagus tim lainnya, kekuatan mereka juga wajib diwaspadai karena berisikan pemain bintang.

Terakhir, Maroko mampu menapaki jejak untuk tampil di Piala Dunia 2018 dengan baik. Di babak kualifikasi saja, mereka mampu meraih tiga kemenangan dan tiga hasil seri, dengan tidak merasakan kekalahan satu pun.

Bahkan, dari enam laga itu, Maroko mampu menjaga keperawanan gawang yang tidak dibobol satu gol pun oleh tiap tim lawan.


4. Grup IV: Jerman, Uruguay, Swedia, Nigeria

Timnas Jerman.

Catatan empat titel juara yang berhasil diperoleh menjadi nilai tambah bagi Skuat Jerman. Apalagi, mereka berhasil memperoleh trofi Piala Dunia 2014 kemarin, sehingga kerap kali tim asuhan Joachim Low ini diplot sebagai juara bertahan.

Keinginan kuat untuk kembali mengangkat trofi dan performa apik yang ditampilkan oleh para pemain Jerman membuat tim ini bisa menjadi lebih perkasa dan menakutkan.

Ada pun kehebatan dari Uruguay, Swedia, dan Nigeria yang bisa memunculkan status grup neraka nantinya. Seperti catatan apik mereka yang mampu menahan imbang 0-0 Argentina saat babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 kemarin, yang mana mereka mampu memperlihatkan kehebatannya.

Selain itu, ada pula Swedia yang secara mengejutkan mampu menendang Italia dari Piala Dunia 2018 di babak play-off dengan menang agregat 1-0. Italia, yang selalu tampil di Piala Dunia sejak terakhir kali gagal pada 1958 lalu berhasil dikandaskan oleh Swedia menjadi pembuktian tersendiri terkait keperkasaan tim Janne Andersson itu.

Terakhir, Nigeria juga menjadi penambah ‘keangkeran’ tersendiri. Sebab, para pemain yang berasal dari benua Afrika bisa memberikan kejutan bagi pihak lawan, belum lagi dengan kemampuan fisik yang dikatakan kuat.

Piala DuniaPiala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini