x

3 Tim Terbawah di Peringkat FIFA yang Lolos Piala Dunia 2018

Minggu, 19 November 2017 09:08 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Galih Prasetyo
Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Piala Dunia 2018 menjadi sebuah ajang yang cukup dinantikan oleh banyak pecinta sepakbola dari penjuru negeri. Meski masih menyisakan beberapa bulan lagi, namun banyak publik yang tak sabar menyaksikan turnamen empat tahunan tersebut.

Turnamen yang akan diselenggarakan di Rusia ini memang menghadirkan sebuah kejutan. Mengingat, beberapa nama besar, seperti Italia dan Belanda, akan absen pada Piala Dunia 2018 mendatang.

Baca Juga

Tak hanya itu, kejutan lainnya juga hadir dari wajah-wajah baru yang menghiasi gelara Piala Dunia 2018. Negara tersebut ialah Peru, Maroko, Panama dan Mesir.

Namun dari ketiga tim tersebut, posisinya di ranking FIFA tidak begitu memprihantikan. Tercatat, mereka berada di 50 besar peringkat FIFA tahun ini. Lalu, tim mana yang posisinya lebih rendah dari Negara tersebut?

Kali ini INDOSPORT akan membahas tiga tim terbawah di peringkat FIFA, yang mampu lolos ke penyisihan grup Piala Dunia 2018. 


1. Korea Selatan (Peringkat 62)

Korea Selatan.

Korea Selatan merupakan tim yang cukup berbahaya di benua Asia. Bersama Jepang, Tim Negeri Gingseng tersebut, memang cukup mendominasi Piala Asia. Tercatat, Korea Selatan telah bermain di final Piala Asia sebanyak enam kali.

Perjalanan terbaiknya adalah ketika mereka berhasil menembus semifinal di Piala dunia 2002 silam. Korea Selatan, selaku tim tuan rumah, sukses mengejutkan pecinta sepakbola dengan menyingkirkan Italia dan Spanyol dari ajang tersebut.

Namun di Piala Dunia selanjutnya, Korea Selatan tak lagi memberikan kejutan. Meski tak pernah absen sejak Piala Dunia 2002 lalu, namun penampilan Korea Selatan tidak terlalu menakutkan.

Hal itu terbukti jika melihat dari posisinya di peringkat FIFA. Pada bulan ini, posisi Korea Selatan turun hingga 11 peringkat dari sebelumnya. Sejak 16 Oktober lalu, posisinya di peringkat 62.


2. Arab Saudi (Peringkat 63)

Suporter Timnas Arab Saudi

Arab Saudi menjadi Negara yang mengikuti jejak Korea Selatan, khususnya di peringkat FIFA. Saat ini, Arab Saudi berada satu tingkat di bawah Korea Selatan, yakni posisi 63. Sebelumnya, tim tersebut sempat berada di peringkat 53 pada awal bulan Oktober lalu.

Arab Saudi juga merupakan salah satu raksasa dari benua Asia. Namun performanya saat bersaing di Piala Dunia tak terlalu menonjol. Pencapaian terbaiknya pun hanya berada di 16 besar Piala Dunia 1994.

Arab sendiri berhasil lolos ke Piala Dunia setelah berada di peringkat kedua Grub B Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia. Mereka hanya terpaut satu angka dari pemuncak klasemen, Jepang.

Hebatnya, Arab Saudi merupakan tim yang bias menyemai torehan gol Jepang Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia dengan membukukan 17 gol. Catatan ini pun menjadi yang terbanyak pada kualifikasi zona Asia.


3. Rusia (Peringkat 65)

Jersey baru Timnas Rusia untuk Piala Dunia 2018.

Posisi terburuk di peringkat FIFA ternyata dimiliki oleh tim tuan rumah Piala Dunia 2018. Secara mengejutkan, Rusia berada di peringkat 65 peringkat FIFA. Ini pun menjadi peringkat terburuk Rusia di FIFA, setelah sejak Oktober 2017 lalu.

Ini pun menjadi pekerjaan rumah bagi pelatih Stanislav Cherchesov dalam bersaing di Piala Dunia 2018 nanti. Karena bukan perkara mudah untuk memperbaiki posisi di peringkat FIFA, jika mereka gagal total di Piala Dunia nanti.

Pada Piala Dunia 2014 lalu, Rusia gagal menembus babak 16 besar, setelah hanya finis di peringkat 3 Grup H. Hal ini pun menjadi pukulan yang telak bagi Rusia. Pasalnya, mereka tertinggal dua poin dari Algeria yang berada di peringkat dua.

RusiaPiala DuniaKorea SelatanArab SaudiBola Internasional

Berita Terkini