x

5 Pemain ASEAN yang Akan Mendarat di Malaysia Super League, Ada Pemain Indonesia!

Jumat, 24 November 2017 15:15 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
Ilustrasi Transfer.

Kompetisi tertinggi Malaysia, yakni Malaysia Super League kali ini tengah menjadi buah bibir di kalangan persepakbolaan Asia Tenggara. Pasalnya mereka siap membuat gebrakan dengan transfer gila pemain.

Pasalnya belum lama ini mereka baru saja menetapkan regulasi baru untuk mengisi kuota pemain asing yang akan bermain di Liga Malaysia. Mereka memakai regulasi 3+1+1.

Baca Juga

Regulasi tersebut adalah tiga pemain asing dari negara non Asia (termasuk Australia), satu pemain Asia, dan satu pemain dari ASEAN. Bahkan regulasi ini juga diidamkan oleh Manajer Arema FC, Ruddy Widodo.

Jika diingat kembali Malaysia Super League adalah salah satu liga sepakbola dengan bayaran tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Banyak pengusaha yang ingin menginvestasikan uangnya ke liga yang sedang berkembang ini.

Bendera Malaysia.

Selain itu, banyak pemain Indonesia yang siap didatangkan klub-klub Malaysia karena performa menawan mereka selama mengarungi kompetisi Liga 1 2017. Selain itu demi memenuhi regulasi kuota pemain ASEAN.

Seperti dilansir Fox Sports Asia, INDOSPORT coba menjabarkan pemain mana saja yang akan menggebrak bursa transfer kali ini.


1. Terens Puhiri

Terens Puhiri.

Pemain yang pada beberapa waktu lalu memberikan sejumlah gol ciamik, di mana dirinya berlari dengan kecepatan super ngebut dari lini tengah pertahanan sendiri, hingga akhirnya berhasil menyarangkan gol.

Menurut kabar yang beredar Terens saat ini tengah melakukan pembicaraan serius dengan klub asal Malaysia, yakni Kelantan FA. Pembicaraan tersebut mengenai gaji dan negosiasi nilai transfer.

Bahkan Presiden Borneo FC, Nabil Husein membenarkan hal tersebut. Jika transfer ini berjalan lancar, Terens Puhiri kemungkinan akan menjadi transfer mahal Pesut Etam dan mendapatkan gaji yang fantastis.


2. Safuwan Baharudin

Safuwan Baharudin.

Klub Persatuan Bolasepak Polis Di-Raja Malaysia atau biasa disebut PDRM FA ini baru saja melepas pemain potensial mereka, yakni Safuwan Baharudin ke klub Pahang FC.

Pemain berusia 26 tahun itu mengambil langkah yang sangat bagus demi kelanjutan kariernya. Apalagi pemain-pemain asal Singapura, termasuk Baharudin, saat ini sedang dalam performa yang menanjak di Liga Malaysia.

Baharudin sendiri pada musim lalu telah mengemas 11 gol dalam 21 pertandingan yang telah dijalaninya bersama PDRM FA. Performa gemilangnya itu siap ditularkan ke klub barunya saat ini.

Bahkan Baharudin juga menyampaikan rasa terima kasih klub sebelumnya karena telah membuatnya berkembang hingga menjadi pemain hebat sekarang.

Diperkirakan transfer yang dilakukan Pahang FA untuk mendapatkan jasa Baharudin sebesar 45 ribu Dolar Singapura.


3. Evan Dimas Darmono

Evan Dimas Darmono saat melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Myanmar.

Evan Dimas saat ini tengah digadang-gadang akan berlabuh ke klub asal Malaysia, yakni Selangor FA. Menurut kabar yang beredar perpindahan tersebut tinggal menunggu dokumen akhir dari kedua klub.

Bahkan klub tersebut siap membayar Evan Dimas sebesar 83 ribu ringgit per bulan (sekitar Rp269,7 juta). Hal itu tentu saja sangat sesuai dengan kualitas sang pemain.

Pemain tengah ini juga bermain sangat mobile di lini tengah Bhayangkara maupun Timnas Indonesia. Tidak hanya itu, Evan juga sesekali menjadi finisher yang cerdik jika di depan kotak penalti lawan.

Jika Evan Dimas resmi ke Selangor FA, dirinya akan mengikuti jejak beberapa pemain seniornya, seperti Elie Aiboy, Bambang Pamungkas, dan Andik Vermansah.


4. Hariss Harun

Hariss Harun.

Pemain Home United Hariss Harun dikabarkan akan berlabuh ke Johor Darul Ta'zim. Namun transfer tersebut hanya sebatas pemain pinjaman saja.

Akan tetapi, Hariss diprediksi akan menjadi bagian utama dalam rencana Johor Darul Ta'zim untuk musim depan. Selain hal itu, direkrutnya Harun adalah untuk memenuhi kuota pemain ASEAN yang menjadi regulasi baru.

Kekuatan, pengalaman, kemampuan, dan ketenangannya akan bola udara akan sangat dibutuhkan bagi Johor Darul Ta'zim. Apalagi dirinya juga sempat berseragam di klub yang sama pada tahun 2014 lalu.

Dirinya juga telah memenangkan AFC Cup (2015), Malaysia Super League (2014-2016), Malaysia FA Cup (2016), dan Malaysian Charity Shield (2015 dan 2016) bersama Johor Darul Ta'zim.


5. Andik Vermansah

Andik Vermansah (Timnas Indonesia).

Masa depan Andik Vermansah hingga kini masih menjadi perdebatan. Pasalnya, setelah kontraknya habis bersama Selangor FA, dirinya belum memutuskan akan berlabuh di mana untuk musim depan.

Bahkan Bali United, Madura United, Persebaya, hingga klub asal Thailand dirumorkan akan menjadi persinggahan karier pemain 26 tahun itu.

Namun yang paling gencar saat ini di Malaysia adalah TBC Football Club. Klub tersebut sangat ingin mendaratkan pemain asal Surabaya ini. Hal tersebut demi memenuhi kuota pemain ASEAN.

Namun jika benar Andik akan berlabuh ke sana, klub peminat lainnya mesti gigit jari karena gagal mendapatkan jasanya.

Evan DimasAndik VermansahLiga Super MalaysiaBola InternasionalTerens Puhiri

Berita Terkini