x

Mengintip Stadion Milik Kandidat Klub Baru Liga 1

Minggu, 26 November 2017 15:20 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Rizky Pratama Putra

Stadion merupakan salah satu identitas sebuah klub profesional. Karena, di tempat itulah sebuah klub bisa bermain dengan dukungan penuh dari pendukung setianya.

Selain itu, bermain di kandang akan menambah mental para pemain untuk mencuri kemenangan. Hal ini juga berlaku ketika sebuah tim menghadapi klub besar. Dengan semangat yang tinggi, bukan tak mungkin mereka bisa menumbangkan nama besar jika bermain di ‘rumah’ sendiri.

Baca Juga

Hal ini tentunya juga berlaku untuk sepakbola Tanah Air. Meski fasilitasnya terbilang minim, namun para pendukung tak pernah berhenti untuk datang dan menemani klub kesayangannya bertanding.

Musim depan, Liga 1 akan kedatangan stadion baru yang akan digunakan di setiap pertandingan. Stadion-stadion tersebut datang dari tim yang mendapatkan tiket promosi di musim mendatang.

Suasana Persebaya vs PSMP di Stadion GBLA, Bandung.

Kali ini, ada empat calon stadion yang kemungkinan besar akan digunakan dalam gelaran Liga 1 2018. Tempat tersebut datang dari empat klub yang berhasil masuk ke babak semifinal Liga 2, yakni Persebaya Surabaya, PSMS Medan, PSIS Semarang dan Martapura FC.

INDOSPORT pun akan membahas profil stadio-stadion yang dimiliki empat klub tersebut, yang kemungkinan besar akan menjadi tempat gelaran Liga 1 musim depan.


1. Stadion Jatidiri

Stadion Jatidiri difoto dari kejauhan.

Stadion Jatidiri merupakan kebanggan bagi rakyat Semarang. Stadion ini terletak di bagian selatan Konta Semarang, tepatnya di Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur. Saat ini, kapasitasnya masih mencapai 21 ribu kursi.

Sama seperti Stadion Teladan, markas PSIS Semarang ini tengah dalam tahap renovasi. Tak tanggung-tanggung, stadion ini akan bertaraf internasional. Bahkan, Stadion Jatidiri akan meningkatkan kapasitasnya hingga 60 ribu kursi.

Stadion Jatidiri Semarang.

Dengan dana miliaran ini, Jatidiri akan menjelma sebagai salah satu stadion megah di Indonesia. Namun, belum ada kepastian lanjut mengenai rampungnya renovasi stadion tersebut.

Jika memang stadion ini akan bertaraf internasional, maka tak menjadi masalah untuk menggelar pertandingan Liga 1 musim depan. Mengingat, banyaknya stadion klub di Indonesia yang masih harus diperbaiki dari segi fasilitasnya. 


2. Stadion Demang Lehman

Stadion Demang Lehman.

Sebelumnya, stadion ini memiliki nama Indrasari. Bisa dikatakan, stadion ini menjadi yang terbaik di Kalimantan Selatan. Bahkan, markas Martapura ini dianggap lebih baik dari Stadion 17 Mei, yang menjadi tempat latihan Barito Putera.

Stadion Demang Lehman memiliki kapasitas yang mampu menampung hingga 15 ribu penonton. Hebatnya, stadion ini memiliki rumput dengan standar yang ditetapkan otoritas tertinggi sepakbola, FIFA.

Stadion yang baru dibuka pada Januari 2013 lalu, memiliki tribun terbuka dan tertutup. Fasilitas lainnya yang memukau adalah adanya lampu penerangan berkekuatan 1.000 lux untuk pertandingan malam hari.

Namun stadion ini belum dipastikan akan digunakan dalam gelaran Liga 1 musim depan. Pasalanya, Martapura masih harus bersaing untuk memperebutkan juara tiga kontra PSIS Semarang. 


3. Stadion Teladan

Stadion Teladan

Stadion Teladan merupakan tempat kebanggaan yang dimiliki PSMS Medan. Kapasitasnya pun tercatat bisa menampung kurang lebih 20 ribu penonton di setiap pertandingannya.

Meski dalam tahap renovasi, namun kapasitasnya kemungkinan besar akan sama dari sebelumnya. Mengingat pada tahun ini Stadion Teladan hanya merenovasi bagian rumputnya saja.

Stadion Teladan Medan.

Kondisi Stadion Teladan saat ini memang dianggap tak layak pakau untuk pertandingan sepakbola profesional. Pasalnya, permukaan tanah sudah mulai hancur lantaran sedang dalam proses renovasi.

 Hal itu dilakukan untuk mempersiapkan berkompetisi di Liga 1 musim depan. Karena, kondisi rumput yang stabil akan menjadikan pertandingan berjalan dengan baik.

Stadion ini pun terbilang menjadi tempat tertua dibandingkan empat calon lainnya. Lapangan yang pernah didatangi tim Serie A Smapdoria ini, sudah berdiri sejak 1953 silam. Stadion Teladan sendiri memang didirikan untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional III. 


4. Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo.

Gelora Bung Tomo menggantikan peran Stadion Gelora 10 November untuk menjadi homebase Persebaya Surabaya. Klub berjuluk Bajul Ijo tersebut baru saja menjadikan Gelora Bung Tomo sebagai markasnya pada tahun 2011 lalu.

Stadion yang baru dibuka pada Agustus 2010 lalu, merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Kapasitasnya pun bisa menampung hingga 55 ribu penonton pendukung setia Persebaya, Bonek.

Bahkan, Gelora Bung Tomo juga merenovasi bangku cadangan menjadi mewah. Dengan begitu, stadion ini tentunya akan menambah daftar stadion terbesar di Liga 1 musim mendatang.

Persebaya SurabayaPSMS MedanPSIS SemarangMartapura FCLiga IndonesiaStadion Gelora Bung TomoStadion TeladanLiga 1Liga 2

Berita Terkini