x

Deretan Mantan Pemain Milan yang Kini Melatih Rossoneri

Selasa, 28 November 2017 14:49 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
Gennaro Gattuso di FC Sion.

AC Milan secara resmi menunjuk Genaro Gattuso sebagai nahkoda baru musim ini. Hal ini terjadi ketika I Rossoneri memberhenntikan Vincenzo Montella dari kursi jabatannya.

Gattuso sendiri sudah tak asing di kubu AC Milan. Terhitung, sudah 14 tahun berseragam Rossoneri. Pria yang kini berusia 39 tahun tersebut, telah bermain sebanyak 387 pertandingan dan mengoleksi 10 gol.

Baca Juga

Sebelum terpilih sebagai juru taktik Rossoneri, Gattuso sempat melatih AC Milan Primavera. Artinya, ia sudah tak begitu canggung dengan suasana sesi pelatihan Milan.

Dengan ditunjuknya Gattuso ini, Milan menambah daftar mantan pemainnya yang kini menahkodai I Rossoneri. Kali ini, INDOSPORT akan merangkum beberapa pemain Milan, sekaligus menjadi pelatih di tim tersebut.


1. Genaro Gattuso

Gennaro Gattuso resmi jadi pelatih AC Milan.

Gattuso menjadi nama terakhir sebagai mantan pemain Milan yang duduk di kursi kepelatihan klub. Dengan keputusan yang dipilih manajemen Milan, membuat pecinta sepakbola cukup terkejut.

Mengingat, Gattuso tak memiliki rekam jejak yang baik sebagai seorang pelatih. Karena, publik Milan meminta klub kebanggaannya tersebut dipimpin oleh pelatih yang berpengalaman.

Pasalnya, performa Milan di musim 2017/18 ini masih kurang baik. Meski sudah jor-joran di bursa transfer musim panas lalu, I Rossoneri harus puas berada di peringkat tujuh dengan perolehan 20 poin. 


2. Clarence Seedorf

Clarence Seedorf.

Sama seperti Gattuso, njama Seedorf tentunya sudah tak begitu asing di dunia sepakbola. Pasalnya, pemain asal Belanda ini sangat berperan penting di lini tengah I Rossoneri.

Setelah menghabiskan lebih dari satu decade di AC Milan, Seedorf memutuskan pensiun dan melanjutkan karirnya di dunia sepakbola. AC Milan menjadi klub pertama yang ia nahkodai.

Pada tahun 2014, dirinya dipilih untuk duduk di kursi kepelatihan. Namun, Seedorf tetap tidak bisa mendongktak performa Milan. Alhasil, dalam waktu beberapa bulan, dirinya didepak.


3. Filippo Inzaghi

Filippo Inzaghi.

Nama besar Filippo Inzaghi sebagai penyerang AC Milan nyatanya belum bisa mengembalikan kejayaan I Rossoneri di era sepakbola modern ini. Namun Inzaghi dianggap lebih baik daripada Seedorf.

Pasalnya, ia mampu bertahan satu musim bersama I Rossoneri. Dirinya berhasil mengantongi 13 kemenagan, 13 hasil seri dan 12 kekalahan dalam satu musim. Dengan hasil itu, Inzaghi membawa Milan finis di peringkat 10 klasemen Akhir Liga Italia musim 2014/15 lalu.

 Melihat kondisi ini, manajemen Milan pun tak mau ambil resiko lebih lanjut. Mereka memberhentika Inzaghi pada tahun 2015, dan memilih Sinisa Mihajlovic untuk menukangi I Rossoneri.


4. Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti.

Pelatih kawakan Carlo ANcelotti merupakan pemain AC Milan era 80-an. Dirinya menghabiskan lima musim bersama I Rossoneri, sebelum akhirnya memutuskan pensiun di San Siro.

Sebagai seorang pelatih, catatannya pun terbilang sangat baik. Dirinya pernah membawa AC Milan meraih Scudetto pada musim 2003/04 lalu. Hebatnya, Don Carlo berhasil membawa dua trofi si kuping besar ke San Siro pada musim 2002/03 dan 2006/07.

Dengan catatan ini, ia merupakan satu-satunya mantan pemain Milan yang sukses ketika menukangi I Rossoneri. Kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi, mengingat dirinya menjadi incara klub top Eropa.

Namun, kali ini Ancelotti masih belum menjabat sebagai pelatih mana pun. Hal itu terjadi ketika dirinya didepak dari kursi kepelatihan Bayern Munchen beberapa waktu lalu. 

AC MilanCarlo AncelottiFilippo InzaghiClarence SeedorfGenaro GattusoLiga Italia

Berita Terkini