x

Terancam Sanksi FIFA, Australia Bisa Senasib Dengan 3 Negara Ini

Kamis, 30 November 2017 18:56 WIB
Penulis: Matheus Elmerio Giovanni | Editor: Lanjar Wiratri
Timnas Australia.

Asosiasi Sepakbola Australia (FFA) gagal mendapatkan pemungutan sura untuk melakukan rerformasi yang diminta FIFA. Otoritas tertinggi tersebut pun mengambil alih pemerintahan sepakbola di negara Kanguru itu.

FFA sendiri memang belum memenuhi syarat untuk mengeluarkan sebuah resolusi untuk memperluas kongresnya. Hal itu terjadi ketika Ketua FFA Steven Lowy melanggar tindakan hukum yang ditetapkan FIFA.

Baca Juga

Melihat kondisi ini pun FIFA meminta agar Lowy mengundurkan diri dari jabatannya. Pilihan yang paling mungkin adalah membentuk Komite Normalisasi untuk menghapus Lowy dari struktur FFA.

Meski disangkal oleh Steven Lowy, federasi sepakbola Australia bisa mendapat sanksi dari FIFA karena masalah ini. Jika kena sanksi, Australia tidak bisa mengikuti ajang resmi dari FIFA, termasuk Piala Dunia 2018.

Berikut INDOSPORT rangkum federasi-federasi yang mendapatkan sanksi dari FIFA.


1. Indonesia

Logo PSSI

Saat itu, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki konflik yang hampir sama dengan apa yang dialami oleh Australia. Pada Mei 2015, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membekukan PSSI karena dianggap tidak berjalan dengan sesuai harapan.

Hal tersebut pun membuat FIFA meyakini bahwa adanya intervensi dari badan pemerintahan Indonesia. Oleh karena itu, FIFA memberikan sanksi untuk Indonesia dan hasilnya Timnas tidak bisa mengikuti berbagai ajang penting.

Kompetisi-kompetisi yang dilewatkan oleh Indonesia saat itu, antara lain adalah Piala AFC 2015, Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Turnamen Futsal AFC 2016.


2. Iran

Timnas Iran sukses lolos ke Piala Dunia 2018.

Negara ini pernah diskors karena pemerintah mereka kala itu memecat presiden Federasi Sepakbola Iran, Mohammed Dadakan. Pemecatan itu dikarenakan kegagalan timnas Iran pada Piala Dunia 2006 di Jerman. 

Hal itu membuat FIFA bertindak dengan memberikan sanksi pada akhir November 2006. Namun sanksi ini tidak begitu lama karena federasi sepakbola Iran mampu diselesaikan dengan cepat. FIFA mencabut sanksinya dari Iran pada pertengahan Desember. 

Karena terlalu singkatnya hukuman dari FIFA, Iran masih bisa mengikuti ajang-ajang di tahun berikutnya. Kini, Iran berhasil lolos ke Piala Dunia 2018 usai memuncaki klasemen Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia.


3. Kuwait

Caption

FIFA pernah melayangkan sanksi kepada Federasi Sepakbola Kuwait (KFA) dengan hukuman dilarang mengikuti semua pertandingan internasional. Parahnya, sanksi ini bukan hanya untuk timnas saja tetapi juga untuk klub-klub dari liga mereka. 

Kuwait mendapatkan sanksi tersebut pada Oktober 2015 silam. Saat itu mereka juga terancam akan langsung dikeluarkan dari kualifikasi Piala Dunia 2018.

Hal ini dikarenakan adanya campur tangan antara dua pihak dalam proses pemilihan ketua umum dan dewan pengurus. Tidak ingin menjalani hukuman terlalu larut, FIFA akhirnya mencabut sanksi untuk Kuwait, setelah mereka melakukan pemilhan ulang ketua dan kepengurusan yang baru.

AustraliaIranFIFATimnas IndonesiaIndonesia - FIFAA League Australia

Berita Terkini