x

Tak Hanya Ryuji Utomo, 4 Pemain Indonesia Ini Pernah Merumput di Liga Thailand

Selasa, 5 Desember 2017 16:54 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Logo Thai League.

Kepindahan Ryuji Utomo ke salah satu klub Liga Thailand PTT Rayong menjadi berita hangat beberapa hari belakangan ini. Pemain Timnas U-23 tahun itu memutuskan untuk meninggalkan Persija Jakarta dan bergabung dengan Klub Thailand. 

Baca Juga

Meski hanya akan bermain di kasta kedua Liga Thailand, Ryuji Utomo tak mempermasalahkan itu. Karena ia memiliki alasan sendiri untuk bermain di luar negeri. "Alasan Ryuji main di luar negeri adalah untuk menambah pengalaman internasional dan untuk membiayai keluarganya. Khusus nya ayah nya yang sedang sakit," ujar agen Ryuji Utomo, Gabriel Budi. 

Ruji Utomo sebenarnya bukanlah pemain pertama yang merumput di Liga Negeri Gajah Putih tersebut. Sebelum Ryuji, ada beberapa nama pemain yang lebih dulu merumput di Liga Thailand. 

Ryuji Utomo resmi bergabung dengan klub Thailand.

Banyak faktor yang menjadi pertimbangan pemain memutuskan untuk bermain di luar negeri. Salah satunya adalah faktor gaji, klub yang ada diluar Indonesia memang beberapa menawarkan gaji yang lebih tinggi. Selain gaji, fasilitas pun menjadi faktor pertimbangan bagi seorang pemain untuk merumput di luar negeri. Beberapa faktor itulah yang menjadi daya tarik bagi pemain Indonesia untuk merumput di luar negeri seperti Liga Thailand. 

Berikut ini INDOSPORT telah merangkum beberapa pemain Indonesia yang pernah merumput di Liga Thailand. 


1. Sergio van Dijk

Sergio van Dijk kostum Suphanburi FC.

Sebelum membela Persib Bandung sejak 2016 lalu Striker berkepala plontos itu pernah merumput di Liga Thailand pada 2014-2015 lalu. Van Dijk bergabung dengan klub Suphanburi FC. 

Logo Suphanburi FC.

Saat bermain di klub yang bermarkas di Stadion Suphanburi Municipality itu, Van Dijk tampil dalam 40 pertandingan dan mencetak 14 gol. Meski tampil cukup baik di Suphanburi yang juga merupakan klub dari kiper Sinthaweechai "Kosin" Hathairatanakool itu, Van Dijk memutuskan untuk hengkang. 

Diduga, nilai perpanjangan kontrak yang tak menemui titik temu menjadi alasan striker keturunan Belanda itu meninggalkan Suphanburi.


2. Irfan Bachdim

Aksi Irfan Bachdim (kanan) melewati hadangan pemain Bhanyangkara FC.

Sebelum bermain bersama Bali United di Liga 1 musim 2017. Irfan Bachdim sempat berkelana di luar negeri selama beberapa tahun. Selain memperkuat dua klub Jepang Ventforet Kofu dan Consadole Sapporo, Irfan juga sempat berkiprah di Liga Thailand. 

Logo Chonburi FC.

Chonburi FC adalah klub yang dibela Irfan Bachdim di Liga Thailand. Irfan Bachdim bermain untuk Chonburi FC pada tahun 2013 lalu. Saat di Chonburi FC, striker berusia 29 tahun itu tak mampu mencatat torehan mengesankan. 

Irfan hanya bermain delapan kali dan hanya mencatat satu gol. Akhirnya ia meninggalkan Liga Thailand dan mencoba peruntungan di Liga Jepang sebelum kembali ke Indonesia. 


3. Greg Nwokolo

Penyerang Madura United, Greg Nwokolo.

Penyerang Madura United berusia 31 tahun itu sempat mencicipi atmosfer Liga Thailand pada tahun 2015 lalu. Mantan penyerang Persija dan Persebaya itu membela panji BEC Terro Sasana. 

Logo BEC Terro Sasana

Greg bermain sebanyak 38 pertandingan untuk klub yang bermarkas di Kota Bangkok itu. Greg juga cukup produktif dengan mencetak 22 gol bagi BEC Terro Sasana. 

Meski tampil cukup apik, Greg memutuskan untuk hijrah dari BEC Terro Sasana. Hingga akhirnya ia berlabuh ke Madura United di Liga 1 2017.


4. Victor Igbonefo

Victor Igbonefo (Nakhon Ratchasima FC)

Selain malang melintang bersama beberapa klub besar di Liga Indonesia, Victor Igbonefo juga tercatat membela beberapa klub di Liga Thailand. Usai tiga musim membela Arema di kompetisi tertinggi Liga Indonesia, pada 2015 lalu Igbonefo pindah ke Negeri Gajah Putih. 

Logo Nakhon Ratchasima

Super Power Samut Prakan atau Osotspa FC menjadi pelabuhannya, Igbonefo sempat bermain dalam 8 pertandingan di sana sebelum pindah ke Siam Navy FC di musim berikutnya. Di Siam Navy, Igbonefo bermain sebanyak 29 pertandingan dan mencetak 2 gol di musim 2016. 

Di musim 2017 ini, pemain kelahiran Nigeria itu membela klub asal kota yang menjadi tuan rumah SEA Games 2007, Nakhon Ratchasima. Bersama Nakhon Ratchasima, Victor Igbonefo mencatat menit bermain sebanyak 2.970 menit dalam 33 pertandingan dan mencetak 2 gol.

Irfan BachdimVictor IgbonefoGreg NwokoloSergio van DijkRyuji Utomo PrabowoSuphanburi FCLiga IndonesiaNakhon Ratchasima FCLiga Primer ThailandPTT Rayong

Berita Terkini