x

3 Alasan Persija Bisa Kalah Saing di AFC dan Tak Akan Setangguh Musim 2017

Senin, 11 Desember 2017 21:53 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi para pemain Persija Jakarta atas gol kedua yang dicetak Fitra Ridwan. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Persija Jakarta seolah kembali ke habitatnya sebagai klub besar yang bersaing di papan atas Liga 1 musim 2017. Hal itu merupakan pencapaian yang cukup bagus mengingat pada Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 lalu, Macan Kemayoran finish di posisi 14 klasemen sementara.

Tak hanya itu, Persija juga mendapat kesempatan untuk mentas di kejuaraan Asia, tepatnya di AFC Cup 2018. Tim Ibukota akan bersaing bersama sejumlah klub dari Asia Tenggara seperti Tampines/Geylang (Singapura) Johor Darul Ta'zim/Selangor FA (Malaysia), dan Song Lam Nghe An FC (Vietnam). 

Skuat Persija Jakarta musim 2017.

Dengan demikian, musim depan Persija setidaknya akan memiliki jadwal kompetisi yang padat, ditambah lagi jika Piala Indonesia kembali digelar. Maka, total akan ada tiga ajang penting yang harus dilalui oleh Bambang Pamungkas cs.

Namun, keadaan khususnya kondisi tim rupanya belum berimbang dengan jadwal berat di atas. Persija saat ini harus kehilangan setidaknya hampir tiga pemain penting di pos vital yang membantu Macan Kemayoran finish di peringkat empat Liga 1 2017.

Baca Juga

Parahnya, hingga saat ini, Persija juga belum benar-benar mendatangkan pemain dengan kualitas yang setara dengan kehilangan pemain andalan seperti William Pacheco, Rohit Chand, hingga Bruno Lopes.

Melihat keadaan itu, setidaknya ada tiga alasan kenapa Persija akan kesulitan bersaing di Piala AFC 2018 ataupun mempertahankan konsistensi mereka di papan atas Liga 1. Berikut INDOSPORT mencoba mengulasnya untuk pembaca setia.


1. Belum Ada Pelapis Sepadan W. Pacheco

Willian Pacheco.

Lini belakang nampaknya menjadi pekerjaan besar bagi pelatih Stefano Cugurra Teco. Hal itu terjadi usai Persija kehilangan bek tangguh selama dua musim terakhir yakni William Pacheco. Pemain asal Brasil itu memilih hengkang dan menyebrang ke liga tetangga di Malaysia dengan membela Selangor FA.

Selama Liga 1 musim 2017, Pacheco menjadi tembok kokoh saat disandingkan dengan Maman Abdurahman ataupun pemain lainnya. Terbukti Persija menjadi tim paling sedikit kebobolan, yakni hanya kemasukan 24 gol.

Ki-ka: Willian Pacheco, Reinaldo Elias da Costa dan Bruno Lopes melakukan selebrasi gol kedua Persija yang dicetak oleh Bruno Lopes 

Selama Liga 1, Pacheco memegang peranan penting dengan memainkan 30 laga dengan  torehan lima gol serta satu assist. Bukan tidak mungkin, di Piala AFC 2018, Pacheco bisa saja bertemu dengan Persija Jakarta lantaran Selangor FA masuk daftar tunggu di grup H AFC bersama  Johor Darul Ta'zim.

Selepas kepergian Pacheco, Persija belum juga terlihat melakukan pembelian yang sepadan untuk bek tengah. Hal ini tentu cukup mengkhawatirkan lantaran musim depan Macan Kemayoran bisa bermain di tiga ajang yakni Liga 1, Piala AFC maupun Piala Indonesia yang kabarnya akan diputar kembali.

Baca Juga

Sejauh ini, baru ada rumor bahwa Persija akan mendatangkan bek asal Brasil, Diego Angelo yang bermain untuk klub Liga Turki, Antalyaspor. Jika hal itu teralisasi, maka akan menjadi keputusan yang cukup baik mengingat saat ini Diego adalah pilar penting di lini belakang Antalyaspor. 

Sejauh ini, bek 31 tahun itu sudah bermain sebanyak 14 pertandingan di kasta teratas Liga Turki musim 2017/18. 


2. Belum Ada Playmaker Handal

Gelandang Persija Jakarta, Rohit Chand.

Pos yang satu ini juga harus menjadi perhatian tim pelatih. Pasalnya sejak dua musim belakangan, Persija tidak memiliki kreator di lini tengah untuk mengawali serangan. Memang, sudah ada satu nama lokal yang cukp baik dan sudah direkrut yakni Arthur Bonai. Tetapi, tidak mungkin pemain asal Papua itu menjadi andalan sepanjang tahun.

Pada Liga 1 2017, Arthur tercatat tampil di 21 laga dengan torehan lima gol. Sebuah catatan yang cukup bagus untuk ukuran pemain lokal yang berman di tim kecil seperti Perseru Serui. Namun, tetap saja Stefano Teco butuh penyuplai bola yang handal dan matang untuk bisa bersaing di Liga 1, Piala AFC dan Liga Indonesia yang kabarnya akan digelar kembali.

Rohit Chand hampir pasti dilepas Persija Jakarta.

Fakta bahwa Persija sudah tidak memperpanjang kontrak Rohit Chand menjadi alasan lain bahwa Persija harus mendaratkan nama berkelas. Dan jawaban itu mungkin saja tinggal menunggu waktu.

Gede Widiade selaku Direktur Utama Persija mengatakan sudah ada satu pemain lain yang kemungkinan datang dalam waktu dekat. Ia adalah Isaka Cernak yang berasal dari Australia namun memiliki keturunan Uganda.

Isaka Cernak kabarnya diinginkan Persija Jakarta.

Pada musim lalu, Isaka bermain untuk Sisaket FC di Liga Thailand. Sayangnya, pemain berposisi gelandang serang itu gagal menyelamatkan timnya dari jurang degradasi.


3. Belum Ada Predator Kotak Penalti

Ekspresi kecewa Bruno Lopes setelah gagal memanfaatkan peluang menjadi gol. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Persija sepertinya akan kehilangan pencetak gol utama di Liga 1 musim 2017, Bruno Lopes. Pasalnya hingga saat ini, nasib sang pemain tidak juga mendapat kepastian apakah akan dipertahankan atau tidak. Hal ini tentu menjadi kerugaian lantaran Bruno sudah mengenal kompetisi Tanah Air dan membantu Macan Kemayoran finish di posisi empat klasemen sementara dan lolos ke Piala AFC.

Bruno tampil baik selama 24 laga dengan sumbangan sepuluh gol serta empat assist meski sebenarnya ia bukanlah tipe striker murni layaknya Bambang Pamungkas. 

Bruno Lopes (nomor 50) kemungkinan besar dilepas Persija Jakarta.

Sementara itu, Reinaldo Costa yang didatangkan di putaran kedua juga sepertinya belum dapat kepercayaan sepenuhnya. Mantan pemain PSM Makassar itu kabarnya masih harus menjalani trial/seleksi di ajang pra musim (kemungkinan Piala Presiden) padahal ia tampil menjanjikan dengan torehan tiga gol dari lima pertandingan sebelum akhirnya dilanda cedera.

Baca Juga

Hingga saat ini, Persija belum juga menunjukkan geliat untuk mencari pemain di posisi penyerang. Sempat beredar rumor kalau ada pemain asal Brasil yang akan mencoba peruntungan di tim Ibukota, namun kabar itu secara perlahan tenggelam dengan sendirinya.

Persija JakartaPiala AFCSelangor FARohit ChandLiga IndonesiaWilliam PachecoLiga 1Bruno Silva

Berita Terkini