x

Mkhitaryan dan 4 Bintang Liga Inggris yang Datang dari Negara Liliput

Senin, 11 Desember 2017 14:41 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Henrikh Mkhitaryan, gelandang serang Man United.

Liga Primer Inggris telah bertransformasi menjadi salah satu liga besar dan liga terpopuler di dunia yang disaksikan oleh miliaran pasang mata pencinta sepakbola dari seluruh dunia.

Salah satu faktor yang membuat Liga Primer Inggris populer adalah karena deretan pemain top dari seluruh penjuru dunia yang ikut berkompetisi di tanah Britania Raya. Berdasarkan data dari UEFA, liga elite tersebut memiliki 69,2 persen pemain asing.

Baca Juga

Liga yang sedang didominasi kekuatan Manchester City tersebut kini lebih banyak diisi oleh pemain asing sejak periode 2000-an. Mulai dari negara besar seperti Spanyol dan Italia, hingga negara liliput yang seringkali terlupakan keberadaanya meski pemain mereka memperkuat tim besar.

Berikut INDOSPORT mengurutkan lima pemain asing di Liga Primer Inggris yang berasal dari negara kecil.


1. Henrikh Mkhitaryan (Armenia)

Mkhitaryan Dihadang 3 Pemain Stoke City.

Pemain Manchester United berusia 28 tahun ini sempat memperkuat Borussia Dortmund selama 3 tahun sebelum akhirnya dibeli oleh Manchester United di tahun 2016.

Bersama Dortmund, ia pernah memimpin perolehan assist terbanyak di Bundesliga. Sementara itu bersama United musim ini, ia juga bermain sangat impresif dengan catatan 5 assist di 3 pertandingan pertama Setan Merah musim 2017/18.

Di balik kehebatannya di lapangan hijau, tidak banyak yang tahu kalau Mkhitaryan ternyata berasal dari Armenia. Menariknya negara asal pemain kelahiran 21 Januari 1989 itu sendiri memiliki luas wilayah sebesar 29,7 ribu kilometer persegi dengan 3 juta penduduk. Negara yang berada di Asia Barat ini menduduki posisi 90 di dalam ranking FIFA.


2. Victor Wanyama (Kenya)

Penggawa Tottenham Hotspur, Victor Wanyama.

Pemain berusia 26 tahun ini menjadi salah satu pemain Tottenham Hotspur yang memiliki kecepatan berlari yang cepat.

Sebelum bergabung dengan Spurs di tahun 2016, Wanyama sempat memperkuat Helsinborg dan Celtic dimana ia menjadi pencetak gol pertama di Liga Champions di tahun 2012.

Pemain Kenya memang tidak diragukan lagi kualitasnya, namun begitu mereka belum bisa membawa negaranya menjadi yang terkuat di dunia, mengingat Kenya masih menduduki posisi 111 di ranking FIFA.


3. Ragnar Klavan (Estonia)

Ragnar Klavan.

Klavan kini bermain bersama Liverpool dan menjadi kapten untuk tim nasional negaranya yang berada di pos ke-84 ranking FIFA.

Pemain berusia 32 tahun ini pernah bermain bersama Alkmaar di Belanda dan Augsburg di Jerman sebelum akhirnya dipercaya oleh The Reds untuk menjaga lini belakang mereka.

Estonia sendiri memiliki luas wilayah sekitar 45 ribu kilometer persegi dengan 1,3 juta penduduk.


4. Cuco Martina (Curacao)

Cuco Martina saat berseragam Southampton.

Cuco Martina berhasil membawa Newcastle United kembali berkompetisi di Liga Primer Inggris. Tidak hanya itu, ia juga membawa Curacao menjuarai Piala Karibia untuk yang pertama kalinya. Dengan performa apiknya itu ia pun dikontrak oleh Everton.

Cuco sendiri berasal dari negara di Kepulauan Karibia yang berada di bawah pemerintahan kerajaan Belanda. Dengan luas 444 kilometer persegi, Curacao hanya memiliki 160 ribu penduduk.

Di tahun 2014 Curacao menempati ranking 183 dalam daftar FIFA, namun mereka mampu melesat hingga ke posisi 68 pada Juli 2017.


5. Nahki Wells (Bermuda)

Pemain Burnley.

Bermuda, tentu sangat familiar di telinga kita dengan rumor mengenai segitiga Bermuda yang dikabarkan mampu membuat kapal dan pesawat menghilang.

Ya, pemain Burnley ini berasal dari negara boneka milik kerajaan Inggris yang hanya memiliki luas sekitar 53 kilometer persegi dengan 65 ribu penduduk.

Striker berusia 27 tahun ini sudah 3 tahun berturut-turut mencetak lebih dari 10 gol di Liga Primer Inggris untuk Burnley serta turut serta membawa Burnley naik kasta ke Liga Primer Inggris.

Manchester UnitedLiverpoolEvertonTottenham HotspurBurnleyLiga Primer InggrisHenrikh MkhitaryanCuco MartinaLiga InggrisRagnar Klavan

Berita Terkini