x

Arsenal 3-3 Liverpool: Arsenal Cetak 3 Gol dalam Waktu Kurang dari 5 Menit!

Sabtu, 23 Desember 2017 04:48 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
Ozil selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool.

Babak Pertama

Hasrat dan ambisi besar yang ada di dalam pikiran para pemain Arsenal dan Liverpool, membuat laga ini langsung terasa tensinya sejak menit pertama. Tempo permainan berjalan cukup cepat sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. 

Sama-sama mengandalkan tiga gelandang serang, Arsenal cenderung bermain di tengah sementara Liverpool memilih untuk melebar. The Reds mengandalkan kecepatan Mohamed Salah dan Sadio Mane untuk melancarkan serangan dari sektor sayap.

Selebrasi Philippe Coutinho usai mencetak gol

Belum genap 10 menit berjalan, Liverpool sudah melakukan pergantian pemain. Kapten tim Jordan Henderson mengalami masalah di kakinya. Pelatih Jurgen Klopp pun memasukkan James Milner untuk menggantikan posisi Henderson. 

Masuknya Milner membuat serangan Liverpool semakin tinggi. Baru satu menit Milner masuk, The Reds mulai mencoba melakukan tembakan. Philippe Coutinho yang melakukan percobaan tendangan dari luar kotak penalti. Tendangannya masih melenceng dari gawang Petr Cech.

Hingga 20 menit pertandingan, bola cenderung banyak bergulir di area tengah. Belum ada tembkan yang dilakukan oleh striker dari kedua kubu. Baik Firmino di kubu Liverpool maupun Lacazette di Arsenal belum ada yang melakukan percobaan mencetak gol. Umpan-umpan silang yang dilakukan skuat Liverpool pun banyak mentah sehingga mudah diantisipasi Cech.

Memasuki menit 22, barulah ada sundulan mengarah ke gawang yang dilakukan Firmino. Bola sundulan Firmino ini berhasil ditepis dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Dua menit kemudian, Firmino kembali melakukan sundulan di depan gawang Arsenal, melanjutkan umpan silang Coutinho. Namun kali ini arahnya melenceng dari gawang.

Dan rupanya, Liverpool bisa mencetak gol melalui sundulan pada menit 26. Tapi bukan dilakukan oleh Firmino. Melainkan kompatriotnya asal Brasil, Coutinho. Dalam sebuah serangan balik cepat, Salah mampu mengirim umpan yang kemudian disambut sundulan melambung yang membuat Cech tak bisa menepisnya.

Para penggawa The Gunners pun kontan meningkatkan gedoran mereka. Namun, kali ini pertahanan Liverpool tampil lain dari biasanya. Mereka sama sekali tidak memberi ruang kepada penyerang Arsenal untuk bebas bergerak dan mempunyai ruang tembak. Tendangan para pemain Arsenal sudah membentur barisan benteng tangguh milik The Reds.

Namun justru Liverpool yang nyaris menggandakan gol mereka di menit 32. Sayang tendangan melengkung Firmino hanya melintas tipis di atas mistar gawang Cech.Liverpool kembali mendapatkan dua peluang menjelang babak pertama berakhir. Tendangan voli Sadio Mane menyambut bola muntah hasil tembakan Salah. Bola kembali hanya melintas tipis di atas mistar.

Satu menit kemudian, Salah kembali mendapat peluang. Namun, lagi-lagi serangan The Reds ini belum mampu menambah gol mereka ke gawang Arsenal. 

Babak pertama berakhir, Liverpool masih unggul 1-0 atas Arsenal.

Babak Kedua

Arsene Wenger langsung melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Nacho Monreal ditarik dan digantikan Mustafi. Tentu saja Wenger berharap, Mustafi mampu memperbaiki lini pertahanan The Gunners yang cukup berantakan menghadapi gempuran skuat Liverpool di babak pertama.

Apa lacur, Mustafi justru ikut "berperan" dalam terciptanya gol kedua Liverpool. Seperti halnya gol pertama, gol kedua The Reds juga diawali dengan sebuah serangan balik. Salah yang melakukan umpan balik dengan Coutinho akhirnya bisa merangsek ke area penalti Arsenal.Dengan sebuah tendangan placing terukur Salah sempat mengenai badan Mustafi dan meluncur ke arah tiang jauh dari gawang yang dikawal Cech. 

Menariknya, gol kedua Liverpool seolah mematik api kebangkitan Arsenal. Bagaimana tidak, dalam tempo kurang dari 5 menit Arsenal mampu membalikkan keadaan dari tertinggal 0-2 menjadi unggul 3-2. 

Diawali dengan tandukan Alexis Sanchez memanfaatkan kelengahan Joe Gomez. Di susul 3 menit kemudian melalui tendangan jarak jauh Granit Xhaka. Mesut Ozil yang nyaris tak terlihat perannya di babak pertama justru mampu membuat The Gunners berbalik unggul 3-2. 

Menurut komentator di layar beIN Sport, total waktu yang dibutuhkan Arsenal untuk membalikkan keadaan adalah 4 menit 49 detik. Pertahanan The Reds yang cukup solid di babak pertama mendadak rapuh hanya dalam tempo kurang dari 5 menit.

Setelah sempat tertekan karena Arsenal mampu balik unggul dalam tempo cepat, Liverpool mulai mampu mengembalikan situasi. Pada menit 71, berawal dari kesalahan kontrol bola yang dilakukan Xhaka, Salah mampu melakukan penetrasi hingga akhirnya bola jatuh di kaki Firmino.

Tendangan keras kaki kiri Firmino sebenarnya mampu ditepis Cech, tapi bolanya memantul ke dalam gawang. Liverpool menyeimbangkan situasi dan mulai kembali menata permainan mereka yang sempat drop.

Terbukti, meski Arsenal masih mampu memberikan tekanan, Liverpool juga bisa kembali memberi sejumlah ancaman bagi pertahanan Arsenal. Dengan mengandalkan Salah, The Reds sesekali melakukan tekanan dari sisi kiri pertahanan Arsenal. Kalau tidak, Coutinho yang bergerak dari tengah guna melancarkan umpan-umpan terukurnya.

Tambahan waktu 4 menit tak bisa dimanfaatkan oleh kedua kubu. Keduanya mengakhir pertandingan dengan hasil imbang 3-3.

Liverpool pun masih belum bisa mengulang prestasi 20 tahun lalu saat mengalahkan Arsenal di kandang lawan dalam dua musim secara beruntun. Hasil ini pun tak mengubah posisi kedua tim di klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Susunan Pemain Kedua Tim

Arsenal: Cech, Bellerin, Koscielny, Monreal, Maitland-Niles, Xhaka, Wilshere, Iwobi, Ozil, Alexis, Lacazette

Liverpool: Mignolet, Gomez, Klavan, Lovren, Robertson, Henderson, Can, Coutinho, Mane, Salah, Firmino

LiverpoolArsenalMesut OzilMohamed SalahPhilippe CoutinhoAlexis SanchezPetr CechLiga Primer InggrisSadio ManeGranit XhakaLiga Inggris

Berita Terkini