x

Liverpool 5-0 Swansea: Modal Penting Jaga Peringkat

Rabu, 27 Desember 2017 02:34 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
Aksi Coutinho usai menjebol gawang Swansea City.

Babak Pertama

Menjamu Swansea City, pelatih Jurgen Klopp memilih untuk mengistirahatkan Sadio Mane. Posisi Mane kini diisi oleh Alex Oxlade-Chamberlain. Sementara, barisan lini depan lainnya masih tetap sama. Ada Philippe Coutinho, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino.

Komposisi ini tetap memberikan ancaman bagi pertahanan Swansea. Buktinya, kerja sama antara Firmino, Salah, dan Coutinho langsung membuat Liverpool unggul dengan cepat. Gol pada menit ke-6 ini dicetak Coutinho dari luar kotak penalti. Tendangan melengkungnya melanjutkan umpan Salah tak mampu ditepis Fabianski. The Reds memimpin 1-0.

Aksi Firmino saat menjebol gawang Swansea.

Tertampar oleh gol cepat tuan rumah, kubu tim tamu coba bangkit. Menit 8, Swansea sempat memiliki peluang. Namun sundulan Jordan Ayew masih bisa ditangkap dengan baik oleh Mignolet.

Liverpool sendiri belum puas dengan satu gol yang sudah dicetak. Tekanan demi tekanan terus dilakukan dengan mengandalkan empat pemain berkarakter menyerang di lini depan. 

Baca Juga

Sementara Swansea pun berusaha menyamakan kedudukan. Namun, ketika mampu menguasai bola, pola serangan Swansea selalu terarah ke sisi kanan pertahanan The Reds, sehingga bisa dibaca dengan baik dan dimentahkan oleh Matip dkk.

Memasuki menit 26, Liverpool kembali mendapat peluang. Salah yang lolos dari kawan pemain Swansea mampu menerobos dengan bola hingga masuk ke kotak penalti lawan. Sayang, gerakan Salah ini tak diakhiri dengan sebuah umpan matang. Bola kiriman pemain Mesir ini keburu mentok di kaki pemain Swansea.

Kombinasi antara Salah-Coutinho-Firmino kembali membuka peluang bagi The Reds untuk mencetak gol keduanya. Antara menit 37-40, setidaknya ada tiga peluang yang didapat Liverpool. Namun belum ada yang mampu dikonversi menjadi gol.

Peluang emas kembali didapat Liverpool pada masa injury time. Firmino yang lepas dari pengawalan mampu menerobos hingga kotak penalti Swansea. Sayang, tendangan kaki kanannya yang sebenarnya sangat keras hanya melintas di pinggir gawang.

Meski mampu mendominasi pertandingan, tak banyak peluang dan tembakan yang mampu dicetak para penggawa Liverpool. Total ada 8 upaya tembakan yang dilakukan LIverpool, tapi yang mengarah tepa ke gawang hanya ada dua. Namun, setidaknya mereka sudah meraih target, mencetak gol di babak pertama dan unggul atas tamu, Swansea City.

Babak Kedua

Liverpool kembali memanfaatkan kelengahan di awal babak dengan sempurna. Setelah Coutinho di awal babak pertama, kini giliran kompatriotnya di lini depan, Roberto Firmino yang mencetak gol. Coutinho berperan memberikan umpan matang melalui tendangan bebas yang diselesaikan dengan tendangan first time oleh Firmino pada menit 52.

Sejak gol kedua ini, intensitas serangan The Reds bertambah besar. Sejumlah peluang tercipta dalam rentang waktu 10 menit. Baik oleh Salah, Coutinho, maupun Firmino. Namun belum ada yang mampu dikonversi menjadi gol. Setidaknya hingga menit 65.

Di menit 65, sebuah situasi situasi bola rebound direspons dengan sangat baik oleh Trent Alexander-Arnold. Bek kanan The Reds ini segera melakukan akselerasi ketika melihat bola liar di area kotak penalti Swansea. Setelah sedikit mengontrol, bek 19 tahun ini melakukan tendangan cukup keras yang membuat Fabianski mati langkah.

Tak mau berhenti mencetak gol, Liverpool kembali memperbesar keunggulan mereka satu menit berselang. Berawal dari sebuah blunder, bola berhasil dikuasai Mohamad Salah. Penyerang asal Mesir ini melakukan penetrasi ke kotak penalti Swansea dan kemudian mengirim umpan kepada Firmino yang berdiri bebas di depan gawang. Liverpool 4, Swansea 0.

Kemenangan besar ini membuat Juergen Klopp menarik dua andalannya yang berperan dalam mencetak gol ke-4 The Reds. Salah digantikan Adam Lallana, sementara Firmino ditukar dengan Dominic Solanke. Keduanya diistirahatkan agar bisa tampil fit dalam laga berikutnya melawan Leicester City pada Sabtu (30/12/17).

Meski sudah tak diperkuat Salah dan Firmino, intensitas serangan Liverpool tak banyak berkurang, meski tidak setajam sebelumnya. Terbukti, Oxlade-Chamberlain mampu menambah keunggulan The Reds menjadi 5-0. Memanfaatkan situasi skrimit, eks penyerang Arsenal ini melakukan sebuah tendangan ke arah yang tak mampu dihalau Fabianski.

Solanke tak mau kalah. Pada menit 87, Solanke sempat mendapat peluang yang cukup bagus. Sayang, tendangannya hanya tipis melewati tiang jauh gawang Fabianski.

Dengan kemenangan 5-0 ini, The Reds kembali menduduki peringkat 4 klasemen sementara. Pada beberapa jam sebelumnya, posisi Liverpool sempat digeser Tottenham Hotspur yang juga menang besar 5-2 atas Southampton. Liverpool unggul satu poin dari Tottenham yang harus kembali turun ke peringkat 5 klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Susunan Pemain Kedua Tim

Liverpool

Mignolet; Alexander-Arnold, Matip, Klavan, Robertson (Milner 75); Can, Wijnaldum; Oxlade-Chamberlain, Salah (Lallana 69), Coutinho, Firmino (Solanke 68)

Swansea City

Fabianski, Naughton, Fernandez, Mawson, Olsson, Carroll, Mesa (Clucas 66), Fer (Sanches 78), Routledge, Ayew, McBurnie (Abraham 62)

LiverpoolSwansea CityPhilippe CoutinhoBoxing DayLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini