ā˜°
x

Jelang Liga 1, 5 Klub Ini Dapatkan Pemain Asing Berlabel Kapten Timnas

Minggu, 31 Desember 2017 15:22 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Abdurrahman Ranala

Jelang kompetisi Liga Indonesia bergulir, sejumlah klub langsung tancap gas demi mendapatkan susunan tim pelatih maupun pemain yang pas untuk siap mengarungi musim depan.

Walaupun regulasi tentang pemain asing masih belum jelas. Namun beberapa klub telah mengamankan sejumlah pemain asing yang dibutuhkan klub untuk mengarungi panjangnya musim kompetisi.

Logo Liga 1.

Akan tetapi pada kompetisi Liga 1 Indonesia kali ini ternyata kehadiran pemain asing yang tidak diduga-duga. Pasalnya mereka bukan pemain asing biasa, tetapi mereka itu juga menyandang sebagai kapten Tim Nasional (Timnas) negara masing-masing.

Baca Juga

Tentu saja kepemimpinan mereka di lapangan dalam melakoni sejumlah partai internasional bisa disalurkan ke pemain-pemain Indonesia. Sehingga para pemain bisa sedikit bijak dalam mengambil keputusan penting kala bertanding.

Di tanah air sendiri, ada nama Boaz Solossa dari Persipura Jayapura yang menyandang kapten Timnas Indonesia. Dirinya menyandang jabatan tersebut sejak tahun 2014 lalu.

Boaz Solossa dijaga ketat pemain PS TNI.

Oleh karena itu, INDOSPORT coba merangkum beberapa pemain dari Liga 1 yang juga menyandang kapten timnasnya masing-masing.


1. Azamat Baimatov (Borneo FC)

Kapten Timnas Kirgizstan, Azamat Baimatov, resmi ke Borneo FC.

Pemain anyar Borneo FC bernama Azamat Baimatov direkrut oleh klub pada bursa transfer jelang musim depan. Dirinya merupakan pemain dengan posisi bek asal Kirgizstan.

Baca Juga

Selain itu dirinya merupakan kapten Timnas Kirgizstan yang telah mengemas 28 kali penampilan dan juga lima kali mencatatkan gol. Dirinya telah membela Timnas KirgizstanĀ sejak 2010 lalu.

Pemain 29 tahun ini akan didapuk klub yang berjuluk Pesut Etam itu untuk menjadi palang pintu pertahanan tim. Dengan pengalamannya yang telah bermain di berbagai liga, tentu Borneo FC bisa berharap padanya.


2. Faysal Shayesteh (Seleksi di Persija Jakarta)

Pemain asing asal Afghanistan Faysal Shayesteh tengah melakukan seleksi bersama Persija Jakarta.

Faysal Shayesteh saat ini tengah melakukan seleksi di klub Persija Jakarta. Pemain berusia 26 tahun ini berharap bisa segera bergabung dengan klub yang berjuluk Macan Kemayoran itu.

Faysal Shayesteh merupakan pemain yang berposisi gelandang sekaligus bisa bermain sebagai penyerang. Tidak hanya itu, ternyata dirinya merupakan seorang kapten Timnas Afghanistan.

Faysal Shayesteh (Afghanistan)

Pemain dengan tinggi 179 cm itu telah melakoni debutnya bersama Timnas Afghanistan sejak 2014 lalu. Faysal juga telah mengemas 30 kali penampilan dan mencetak tujuh gol.

Tak hanya itu, Faysal juga pernah menimba ilmu di Liga Belandan bersama FC Twente dan SC Heerenveen. Sehingga, jika dirinya direkrut Persija, tentu saja pengalamannya di luar negeri bisa ditularkan ke rekan-rekannya.

Baca Juga

3. Nuriddin Davronov (Madura United)

Nuriddin Davronov, bersama Madura United

Madura United kali ini memboyong pemain asing yang dengan posisi sebagai playmaker bernama Nuriddin Davronov. Dirinya direkrut oleh Madura United untuk musim depan supaya bisa mengatur tempo permainan di lini tengah.

Baca Juga

Akan tetapi pria yang berusia 26 tahun itu ternyata juga merupakan seorang kapten Timnas Tajikistan. Nuriddin sendiri telah berlangganan membela Timnas Tajikistan sejak masih muda seperti Timnas Tajikistan U-17, U-23, dan senior.

Nuriddin telah menjalani debut bersama Timnas Tajikistan sejak tahun 2008 silam. Dirinya berhasil membukukan delapan gol dari 47 kali penampilannya di ajang resmi.

Nuriddin Davronov, pemain anyar Madura United.

4. Ezechiel N'Douassel (Persib Bandung)

Striker Persib Bandung, Ezechiel N'Douassel.

Selanjutnya ada pemain asing Persib Bandung yang bernama Ezechiel N'Douassel. Dirinya direkrut klub yang berjuluk Maung Bandung itu pada paruh kedua musim Liga 1 2017 lalu.

Pemain berusia 29 tahun itu juga merupakan kapten Timnas Republik Chad. Negara tersebut berada di Afrika Tengah dan berbatasan dengan Negara Libya, Republik Afrika Tengah, Niger, Sudan, Nigeria, dan Kamerun.

Striker Persib Bandung, Ezechiel NDouassel.

Dirinya telah membela Timnas Republik Chad sejak tahun 2005 lalu dan telah mengemas tujuh gol dari 35 kali penampilannya di semua ajang. Jelang musim depan, N'Douassel siap menunjukan tajinya bersama pelatih Mario Gomez.

Tidak hanya itu, selama membela Persib Bandung pada paruh kedua musim, Ezechiel N'Douassel mengemas empat gol dari 14 laga yang telah dijalaninya. Kali ini pemain bernomor punggung 70 itu akan menjalani musim keduanya di Liga Indonesia.

Baca Juga

5. Ahmet Atayev (Arema FC)

Ahmet Atayev.

Terakhir ada nama Ahmet Atayev yang merupakan pemain dari Arema FC. Tahun 2018 akan menjadi musim keduanya bermain sepakbola di Indonesia. Ahmet Atayev sendiri merupakan pemain asing dari Turkmenistan.

Pemain 27 tahun ini pun merupakan kapten Timnas Turkmenistan. Atayev sendiri telah membela negaranya sejak tahun 2012 lalu dengan membukukan 18 kali penampilan di semua ajang.

Ahmet Atayev saat berlatih dengan Arema FC.

Atayev kembali dipercaya oleh pelatih Joko Susilo untuk memperkokoh lini tengah Arema FC musim depan. Pemain dengan tinggi 185 cm ini sebelumnya memperkuat klub yang berjuluk Singo Edan pada paruh kedua musim Liga 1 2017.

Baca Juga

Terlepas dari hal tersebut, menarik untuk dilihat bagaimana aksi-aksi mereka di kompetisi sepakbola tertinggi tanah air. Akankah mereka gagal menujukan tajinya atau malah bisa membuat timnya berjaya? Nantikan saja.

Persib BandungPersija JakartaBorneo FCMadura United FCLiga IndonesiaArema FCFaysal ShayestehEzechiel N'Douassel

Berita Terkini