x

3 Fakta Menarik Nainggolan dari Australia yang Siap Meramaikan Liga 1

Jumat, 5 Januari 2018 19:20 WIB
Editor: Isman Fadil
Samuel Sibatuara.

Samuel Nainggolan Sibatuara merupakan seorang pesepakbola Australia keturunan Indonesia yang diisukan akan memperkuat salah satu klub Liga 1 di kompetisi tahun 2018.

Sejauh ini, klub asal Semarang yang baru saja kembali promosi ke Liga 1, PSIS Semarang menjadi klub terdepan dalam gosip Samuel ke Indonesia.

Baca Juga

Berdasar penelusuran INDOSPORT akun Instagram Samuel, @its_samuelsibatuara, mem-follow akun PSIS Semarang. Tak hanya itu, Samuel juga meberikan sinyal keras akan bergabung dengan PSIS Semarang lewat unggahan foto di Instagram-nya.

"Menantikan bulan Januari, nantikan info lebih lanjut @evan.burns.aus ," tulis Samuel disertai hashtag #PSIS.

Tak hanya sekali saja Sammy dihubungkan dengan Indonesia, beberapa waktu lalu dirinya juga pernah mendapat panggilan dari PSSI untuk memperkuat Timnas U-23.

"Saya pernah dihubungi oleh tim nasional U-23 sekitar 4 bulan lalu. Namun setelah itu tidak ada kejelasan," ujar Sammy dilansir dari Kompas (07/07/17).

Berangkat dari rumor tersebut, berikut ini INDOSPORT berusaha merangkum sejumlah fakta menarik terkait karier Samuel  Sibatuara Nainggolan di dunia sepakbola.


1. Bakatnya Sudah Tercium oleh Klub Papan Atas Australia

Samuel Sibatuara (kiri).

Kemampuan pemuda yang kini berusia 21 tahun sudah tercium oleh pencari bakat klub papan atas A-League Austrlaia, Brisbane Roar. Pemain yang akrab disapa Sammy ini pun masuk ke skuat Youth Brisbane Roar di musim 2013/14.

Prestasi terbaik Sammy bersama Young Roar terjadi pada musim 2014/15. Ia berhasil membawa Brisbane Roar Youth menjadi runner-up setelah kalah selisih gol dengan peringkat pertama Melbourne City Youth. Pada kompetisi tersebut, Sammy berhasil mencetak lima gol dari 19 pertandingan di kompetisi Foxtel National Youth League (FNYL).

Musim lalu ia tampil untuk klub Brisbane City FC. Brisbane City sendri tampil di National Premier Leagues Queensland, atau kasta kedua sepakbola di Australia.


2. Bisa Memperkuat 3 Negara

Samuel Sibatuara.

Samuel Nainggolan Sibatuara memiliki darah Indonesia dari ayahnya. Selain Indonesia, Sammy juga memiliki darah Italia yang berasal dari ibunya namun lahir di Australia.

Sejauh ini, Sammy hanya memiliki paspor Australia. Dia menjelaskan siapa pun negara yang terlebih dulu menawarkan kesempatan untuk bermain di tim nasional, maka dia tak akan menolak.

"Siapa pun negara terlebih dulu berminat kepada saya, saya akan memilihnya," ujar Sammy


3. Ingin Bermain di Liga Indonesia

Nainggolan Sibatuara tengah membawa bola.

Tak hanya ingin memperkuat timnas, Sammy juga mengutarakan keinginannya bermain di Liga Indonesia. Menurutnya, Liga Indonesia merupakan salah satu liga paling sengit di Asia yang bisa membantu perkembangan karier sepakbolanya.

"Saya sangat ingin bermain di Asia, khususnya Indonesia. Saya menyukai sepakbola di Indonesia. Saya menonton banyak pertandingan dan memiliki banyak teman yang bermain di sana,"

"Bakal menjadi ujian yang bagus bermain di liga yang sengit untuk membantu perkembangan sepak bola saya. Juga membantu kemampuan bahasa Indonesia saya," ujar Sammy.

Sementara itu agen Samuel, Evan Burns, membenarkan bahwa kliennya sedang melakukan negosiasi dengan beberapa klub saat ini. Salah satunya datang dari Indonesia.

"Saya belum bisa mengkonfirmasi Samuel akan bermain di Indonesia. Saat ini masih dalam tahap negosiasi dengan sejumlah klub," ucap Evan kepada INDOSPORT lewat pesan singkat.

"Ya benar, sedang negosiasi dengan sejumlah klub. Ada yang di Indonesia dan juga ada klub-klub dari negara lain," jawab Evan ketika ditanyai apakah ada klub Liga 1 yang sedang negosiasi dengan Samuel.

Evan juga menegaskan bahwa Samuel merupakan pesepakbola muda yang bertalenta dan sedang menganalisa tawaran-tawaran yang datang karena cukup banyak klub yang meminatinya.

"Banyak klub menginginkannya karena dia punya talenta. Jika main di Liga 1, itu kesempatan besar untuknya. Tapi masih terlalu cepat jika mengambil keputusan sekarang," jelas sang agen.   

Liga IndonesiaLiga 1Samuel Nainggolan Sibatuara

Berita Terkini