x

Mengintip Calon Markas Baru AC Milan Jika Tak Lagi di San Siro

Rabu, 10 Januari 2018 17:21 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Agus Dwi Witono

Wali Kota Milan, Giuseppe Sala sempat mengklaim bahwa Rossoneri telah mempertimbangkan untuk memiliki stadion sendiri dalam waktu dekat ini. Maka dari itu, Sala berencana membangunkan stadion baru untuk tim besutan Genaro Gattuso tersebut.

Klaim tersebut muncul karena Wali Kota setempat ingin merenovasi stadion kebanggaan Milan, San Siro. Pemerintah setempat pun meminta agar I Rossoneri tersebut mencari stadion baru.

Baca Juga

Seperti yang diketahui, San Siro merupakan rumah bagi rival abadi di Serie A, Milan dan Inter. Rossoneri memang lebih dulu menggunakan stadion tersebut sejak 1926. Sedangkan Inter mulai memainkan pertandingan di stadion tersebut sejak 1947.

Namun, pihak Milan membantah laporan tersebut melalui sebuah pernyataan di laman resminya. Dalam pernyataan tersebut, mereka sama sekali tidak memikirkan untuk angkat kaki dari stadion kebanggaannya itu.

Jika memang Rossoneri diharuskan pindah dari San Siro, maka pemerintah Kota Milan akan menggantinya dengan stadion yang tak kalah bagus. INDOSPORT akan mengajak pembaca untuk mengintip calon stadion Milan, dari segi lokasi hingga fasilitas.


1. Berlokasi di Portello

Portello, Milan.

AC Milan memang sudah cukup lama merencanakan untuk memiliki stadion sendiri. Hal itu terbukti ketika pihak klub telah melakukan pemetaan terkait lokasi yang akan dijadikan markas kebanggaan Milan yang baru.

Dikutip dari ESPN, Milan pun akan membangun stadion baru di bekas kawasan perdagangan di Portello. Letaknya tidak jauh dari markas Milan saat ini, San Siro. Pasalnya, calon stadion baru ini masih berada di wilayah Kota Milan.

Putri eks Presiden AC Milan Silvio Berlusconi, Barbara, saat itu dikabarkan menjadi pimpinan proyek dalam pembangunan stadion baru tersebut. Namun, hingga kini proses pembangunan stadion tersebut sama sekali belum terlaksana.


2. Memiliki Kapasitas 48.000

Ilustrasi markas baru Milan.

Jika dibandingkan dengan stadion legendaris San Siro, calon markas baru Milan ini memang memiliki kapasitas yang terbilang kecil. Terhitung, kapasitas stadion baru ini hanya mampu menampung 48.000 penonton.

Sedangkan, San Siro memiliki kapasitas lebih dari 80.000 penonton. Artinya, calon stadion ini terbilang cukup kecil bagi klub yang memiliki nama besar seperti AC Milan.

Namun, kapasitas tersebut pun tidak menurunkan kualitas calon stadion baru Rossoneri. Pasalnya, manajemen klub Milan tidak hanya memikirkan tentang kawasan sepakbola, melainkan tempat hiburan bagi wisatawan.


3. Ada Hotel dan Perguruan Tingi yang Ikut Dibangun

Calon markas baru Milan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, stadion baru ini akan menjadi tempat hiburan bagi masyarakat Milan. Diperkirakan proyek tersebut akan berupa pembangunan kawasan. Termasuk membangun hotel, perguruan tinggi olahraga, dan restoran.

Milan mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan stadion yang ramah bagi para pengunjung. Artinya, stadion tersebut dapat dengan mudah dijangkau oleh transportasi umum.

Ketinggian stadion tersebut diperkirakan tidak akan melebihi 30 meter. Hal itu berbeda dengan San Siro yang memiliki tinggi bangunan 60 meter. Tak hanya itu, stadion tersebut sengaja dibuat 10 meter ke bawah untuk mengurangi dampak visual kota.

AC MilanStadion San SiroLiga Italia

Berita Terkini